Artikel

Wastafel Mampet, Atasi Dengan Cara Ini

13 September 2020

Wastafel adalah salah satu bagian dalam rumah yang fungsinya cukup vital. Biasanya digunakan untuk mencuci tangan, mencuci muka, gosok gigi atau membersihkan peralatan masak. Tak heran bila wastafel menjadi salah satu elemen di rumah yang cukup istimewa.

Sayangnya, jika digunakan secara intens seringkali drainase wastafel menjadi tersumbat. Hal ini sangat mengganggu jika ingin menggunakan wastafel. Jangan panik! Ada cara simple dan murah yang bisa digunakan untuk memperbaiki wastafel yang mampet. Penasaran? Simak ulasannya di bawah ini:

Air Mendidih

Cara paling mudah dan murah untuk menyelesaikan masalah wastafel tersumbat adalah dengan menggunakan air panas atau air mendidih. Rebus air di atas kompor dengan teko, lalu tuangkan air mendidih ke wastafel dan tunggu hasilnya. Kalau masih mampet, masukkan kembali air panas ke wastafel dan diamkan selama beberapa saat.

Air panas berfungsi untuk melumerkan kotoran-kotoran yang mengendap di dalam saluran wastafel. Jika tak mau repot merebus air, gunakan saja air panas dari dispenser yang siap digunakan kapan saja.

Garam dan Air Panas

Bila air panas tak bisa mengatasi masalah mampet, cobalah menggunakan garam. Bahan satu ini selain murah pastinya juga ada di setiap rumah. Air panas dan garam tentu akan menjadi kombinasi sempurna untuk mengatasi wastafel yang mampet.

Buang sisa air yang ada di wastafel kemudian masukkan sekitar setengah gelas garam dapur ke dalam wastafel dan diamkan selama beberapa menit. Siram dengan air panas untuk menghilangkan sumbatan yang ada. Ulangi lagi bila wastafel masih mampet.

Baking Soda dan Garam

Garam dan air panas belum mampu mengatasi saluran pembuangan wastafel yang macet? Tenang saja, masih ada solusi lain dengan memanfaatkan baking soda yang bisa dikombinasikan dengan garam untuk menghilangkan sumbatan drainase.

Campurkan sekitar satu sendok makan baking soda dengan setengah sendok makan garam, kemudian tuangkan ke wastafel yang tersumbat, tunggu sekitar 3-4 jam. Setelah itu, siram dengan air mendidih. Ulangi cara ini sampai sumbatan hilang semua.

Air Galon

Cara satu ini cukup efisien untuk mengatasi drainase wastafel yang mampet. Cukup tuangkan air galon ke dalam wastafel. Volume air yang besar akan memberi tekanan pada wastafel sehingga masalah tersumbat dapat teratasi.

Jika tidak punya galon, gunakan saja ember berukuran besar untuk menampung air dan tuang ke atas wastafel sampai meluber lalu tunggu air diserap dan dibuang lewat drainase. Sebagai catatan, dibutuhkan tenaga ekstra untuk menggunakan cara ini.

Plunger

Bila semua cara di atas tak berhasil, gunakan saja plunger atau alat penyedot WC. Lakukan dengan cara tutup lubang pembuangan sampai rapat dengan penyedot, dorong sampai hampir tak ada udara lagi, lalu tarik atau cabut alat penyedot. Kalau sudah terdengar atau melihat saluran bebas dari mampet, siram dengan air panas sampai bersih. Ulangi cara yang sama sampai saluran sudah lancar.

Mudah dan murah bukan. Wastafel memang harus diperiksa dan dibersihkan secara berkala agar tidak mampet. Karena itu pilihlah wastafel berkualitas yang mudah dibersihkan bila salurannya tersumbat. Salah satunya adalah produk-produk wastafel series dari Germany Brilliant yang terbuat dari bahan berkualitas dengan garansi resmi.

Semoga bermanfaat.

 

 

 

Penulis: DN


Kembali ke Daftar Artikel