Cara Lengkap dan Mudah Membersihkan Kamar Mandi

01 Agustus 2020

Kamar mandi adalah tempat untuk membersihkan diri dan membuang debu dan kotoran. Meski identik dengan citra jorok dan menjijikkan, kamar mandi harus tetap menjadi ruangan yang bersih agar kita bisa nyaman berlama-lama di sana.

Membersihkan kamar mandi adalah pekerjaan yang paling memberatkan karena harus berhadapan dengan debu, kerak dan kotoran membandel. Jika bingung harus memulai dari mana, kamu bisa mengikuti cara membersihkan kamar mandi yang akan dibagikan di bawah ini.

  • Keluarkan semua barang
    Langkah pertama, barang apapun yang ada di dalam kamar mandi harus dikeluarkan. Misalnya pakaian dan handuk kotor di dalam keranjang baju kotor, alat-alat mandi seperti shampo, sabun mandi, sikat gigi dan pasta gigi. Ini penting dilakukan agar barang-barang tersebut tidak menghalangi saat sedang membersihkan kamar mandi.

     
  • Hilangkan sarang laba-laba
    Coba perhatikan, pada langit-langit kamar mandi biasanya terdapat sarang laba-laba dan debu. Bersihkanlah dengan menggunakan sapu pembersih langit-langit. Cara efektif adalah dengan membersihkannya mulai dari tiap sudut langit-langit hingga bagian tengah. Pastikan bahwa tidak ada kotoran yang masih melayang.

     
  • Bersihkan shower, bathtub atau bak mandi
    Shower, bathtub dan bak mandi adalah tiga komponen yang digunakan untuk mengalirkan dan menampung air. kebersihannya perlu dijaga. Untuk shower, bersihkan dengan menggunakan sikat gigi dan sabun pembersih. Sikat shower dan kerannya hingga sela-sela tersempit.

    Khusus untuk bathtub dan bak mandi, cara membersihkannya sama. Mulailah dengan mengeluarkan seluruh air hingga bathtub dan bak mandi kosong. Tuangkan sabun pembersih dan diamkan beberapa saat. Gosok dengan sikat hingga ke sudut-sudutnya lalu bilas dengan air bersih dan lap dengan kain microfiber kering.

     
  • Gosok kloset
    Sumber utama bau tak sedap dalam kamar mandi berasal dari kloset. Karena itu, kloset harus dibersihkan hingga tidak menyisakan bau. Caranya dengan menuangkan pembersih khusus ke dalam kloset. Diamkan beberapa saat dan gosok kloset hingga ke sudut-sudut terdalamnya dengan sikat kloset.

    Tekan tombol flush atau siram dengan air untuk membuang sabun beserta kotorannya. Jangan lupa untuk membersihkan dudukan dan sandaran closet. Untuk kloset jongkok, setelah bagian dalam dibersihkan jangan lupa sikat alas kaki dan sekitarnya dengan sabun pembersih lantai hingga bersih lalu bilas dengan air.

     
  • Bersihkan wastafel
    Wastafel identik dengan kotoran dan kerak membandel. Bersihkan dengan menggunakan spons. Caranya, tuangkan sedikit sabun pembersih lalu gosok pada wastafel dan keran air. Apabila ada noda terselip, gunakan sikat gigi untuk menyikatnya. Setelah itu, bersihkan dengan membuka keran dan gunakan tangan untuk membilasnya.

     
  • Bersihkan rak atau kabinet
    Rak atau kabinet penyimpanan rawan dari debu dan kotoran. Untuk membersihkannya, gunakan kain microfiber dan beri air sedikit sebagai untuk mengusir debu tersebut. Setelah itu, lap kembali menggunakan kain microfiber yang kering.

     
  • Usir kotoran dari cermin
    Cermin merupakan perkakas esensial dalam kamar mandi yang digunakan untuk berdandan, bercukur atau sekedar bercermin. Gunakan kain microfiber basah yang sudah dibersihkan untuk mengelap kotoran yang menempel di cermin, kemudian semprotkan sabun khusus kaca dan bersihkan menggunakan wiper.

    Cara ini juga bisa diterapkan apabila kamu memiliki sekat pemisah shower dan toilet bermaterial kaca. Lakukan hal yang sama hingga kaca benar-benar bersih dan jernih.

     
  • Sikat dinding keramik kamar mandi
    Dinding kamar mandi juga perlu dibersihkan. Caranya dengan menyemprotkan sabun pembersih khusus dinding kamar mandi dan diamkan beberapa saat. Setelah itu, gosok dengan sikat hingga bersih. Bilas menggunakan air shower atau air bak.

     
  • Sikat lantai kamar mandi
    Terakhir, sikat lantai kamar mandi dari kerak yang membandel. Tuangkan sabun pembersih di atas lantai, diamkan, kemudian sikat hingga bersih. Apabila ada noda atau kerak yang membandel, tuangkan sabun pembersih lagi dan sikat kembali. Khusus untuk sela-sela, gunakan sikat gigi agar hasilnya lebih maksimal. Bilas dengan air bersih dan tunggu hingga kering.

     

Sebagai sentuhan terakhir dari cara membersihkan kamar mandi ini, masukkan kembali barang-barang kamar mandi dan tata dengan rapi.

Prosesnya memang sangat panjang, tapi bila dilakukan dengan rutin dan seksama maka hasilnya akan memuaskan, yaitu kamar mandi yang bersih dan higienis.

Jangan lupa, temukan beragam produk sanitasi di Germany Brilliant mulai dari shower, wastafel, kloset yang bisa mempercantik tampilan kamar mandimu dan pastinya mudah dibersihkan.

Semoga bermanfaat.

 

 

 

Penulis:DN


Kembali ke Daftar Artikel