Artikel

MENGENAL LEBIH DEKAT SEPUTAR PRODUK SANITASI

12 Juli 2023

Sanitaryware atau dikenal dengan istilah produk sanitasi merupakan serangkaian furniture dan perlengkapan rumah yang digunakan sebagai fasilitas kebersihan. Produk sanitasi erat kaitannya dengan sistem perairan dalam suatu bangunan, seperti pada dapur dan kamar mandi.

Produk sanitasi kini dijual bebas di pasaran dengan jenis, material, dan fungsi yang bervariasi. Kita bisa memilih produk tersebut berdasarkan kebutuhan di rumah. Yang perlu dipahami, produk sanitasi bukan hanya menunjang fasilitas kebersihan di rumah, tetapi juga bisa menambah nilai estetika untuk menunjang interior.

Lalu, apa saja produknya?

  1. Kloset
    Secara umum kloset dibagi menjadi dua model, yaitu kloset duduk dan kloset jongkok. Kloset jongkok memiliki bentuk yang seragam, sementara kloset duduk hadir dengan berbagai bentuk. Jika dibandingkan dengan kloset jongkok, kloset duduk lebih praktis karena dilengkapi dengan jet washer dan tombol flush sehingga lebih hemat dalam penggunaan air. Sementara pada kloset jongkok, kita memerlukan bak atau ember sebagai tempat penampungan air.
     
  2. Urinoir
    Kaum pria umumnya menggunakan urinoir untuk mengeluarkan air seni. Cukup berdiri di depan urinal dan buka celana, maka buang air kecil bisa langsung dilakukan. Umumnya, urinal digunakan di toilet mal, hotel, atau restoran. Namun, produk sanitasi ini juga bisa digunakan di kamar mandi rumah, lho!
     
  3. Wastafel
    Terdapat dua model utama wastafel, yakni wastafel meja dan wastafel gantung. Produk sanitasi ini biasanya digunakan untuk mencuci tangan, menggosok gigi, atau mencuci muka. Wastafel umumnya dilengkapi dengan keran air, serta beberapa juga termasuk cermin dan kabinet. Wastafel bisa diletakkan di dua tempat, yakni di dalam dan luar kamar mandi.
     
  4. Kitchen sink
    Mirip seperti wastafel, kitchen sink merupakan bak cuci khusus yang umumnya diletakkan di dapur. Kebanyakan kitchen sink terbuat dari material stainless steel karena kuat menahan panas dan anti karat.
     
  5. Keran air
    Keran air berfungsi untuk mengendalikan aliran pipa dari air. Produk sanitasi ini dibagi menjadi lima jenis, yaitu keran wastafel, keran sink, keran bathtub, keran tembok, dan stop keran. Selain menggunakan bidet, ada juga keran yang menggunakan sensor. Hanya dengan meletakkan telapak tangan di bawah lubang keran, maka air langsung keluar membasahi tangan.
     
  6. Shower
    Shower adalah produk sanitasi yang digunakan sebagai sarana untuk mandi. Ada berbagai jenis shower yang bisa dijadikan pilihan. Beberapa di antaranya adalah head shower, body shower, hand shower, dan waterfall shower. Pastikan shower yang dipilih sesuai dengan ukuran kamar mandi dan fitur yang diperlukan, ya!
     
  7. Floor drain
    Floor drain atau saringan pembuangan air adalah produk sanitasi yang membantu kamar mandi bebas dari bau, serangga, dan menyaring rambut rontok saat mandi. Produk ini umumnya berbentuk lingkaran atau persegi, dan diletakkan di lantai kamar mandi. Pilihlah floor drain berbahan dasar kuningan, stainless steel, atau ABS agar tidak mudah berkarat atau korosi.
     
  8. Bathtub
    Bathtub adalah perlengkapan sanitasi yang umumnya terdapat pada kamar mandi dengan ukuran cukup luas. Biasanya, bathtub menempel pada lantai kamar mandi, salah satu sudut dinding, atau diletakkan di bagian tengah kamar mandi. Produk ini juga dilengkapi dengan keran air dan shower untuk membantu aktivitas mandi kita.

 

 

 

Penulis: Nathasya Elvira


Kembali ke Daftar Artikel