Artikel

Cara Memperbaiki Kitchen Sink Yang Tersumbat

12 Desember 2021

Kitchen sink atau bak cuci piring adalah salah satu peralatan rumah tangga yang paling sering digunakan, mulai dari mencuci piring atau alat masak yang kotor, hingga mencuci bahan masakan. Tak heran kalau kita harus memberi perawatan ekstra pada perkakas rumah tangga satu ini. Bak cuci piring harus dibersihkan secara berkala agar sisa makanan dan kotoran tidak menempel dan menyebabkan mampet atau tersumbat. 

Tapi bagaimana jika tempat cuci piring di rumah keburu mampet? Haruskah kita membongkar saluran air yang tersumbat? Jangan khawatir, Germany Brilliant akan memberikan solusinya. Yuk, simak pembahasannya.

1. Bongkar bagian saringan wastafel

Jika bagian yang tersumbat adalah wastafel, maka cara memperbaikinya cukup dengan membongkar bagian saringannya saja lalu bersihkan. Sebab, kemungkinan ada banyak sisa makanan di sana yang menyumbat aliran air sehingga menyebabkan mampet. Buang sisa-sisa makanan yang menyumbat saringan, kemudian bersihkan saringan dengan air mengalir hingga air bisa melewatinya.

2. Gunakan air panas

Khusus bak cuci piring berbahan aluminium, gunakan air panas yang mampu meluruhkan kotoran-kotoran yang terdapat di dalamnya.  Didihkan air sebanyak satu panci lalu tuangkan ke wastafel yang tersumbat. Lakukan berkali-kali hingga wastafel tidak mampet lagi.

3. Manfaatkan baking soda dan cuka

Bak cuci piring yang mampet bisa diperbaiki dengan memanfaatkan baking soda dan cuka untuk mengatasinya. Masukkan satu cangkir baking soda ke dalam lubang saluran pencuci piring yang tersumbat. Setelah itu, masukkan setengah cangkir cuka ke dalamnya. Tunggu beberapa saat, kemudian bersihkan dengan air mengalir untuk mengecek apakah masih tersumbat atau tidak. Kombinasi cuka dan baking soda mampu menimbulkan reaksi asam yang membuat kotoran dan sisa makanan melunak sehingga lebih mudah dibersihkan. 

3. Gunakan plunger

Plunger atau tongkat penyedot berfungsi untuk menarik kotoran di lubang pembuangan. Alat satu ini juga bisa digunakan untuk membersihkan bak cuci piring. Cara menggunakan plunger sangat mudah. Cukup ambil plunger dan letakkan di ujung saluran pembuangan air di tempat cuci piring. Lalu, tarik plunger kuat-kuat hingga 10-15 kali supaya sisa kotoran yang menempel benar-benar terlepas. Apabila sudah terlepas sempurna, kamu tinggal membersihkannya dengan desinfektan dan juga air mengalir.

Itulah cara memperbaiki bak cuci piring yang mampet atau tersumbat. Sebagai tambahan, sebelum memperbaiki, kamu bisa mencegah bak cuci piring tersumbat saat pertama kali memasang penyaring kotoran. Pilihlah kitchen sink yang memiliki ukuran lebih panjang dan besar serta berpori kecil dan rapat. Jangan lupa untuk sering-sering membersihkannya.

Salah satu kitchen sink yang fungsional dan mudah dibersihkan adalah kitchen sink dari Germany Brilliant. Terdapat dua pilihan: single sink dan double sink. Kamu bisa memilihnya sesuai dengan ukuran dapur, selera dan bajet. 

Jangan sampai salah pilih. It must be GB!


Kembali ke Daftar Artikel