Artikel

JENIS-JENIS KLOSET DUDUK KAMAR MANDI, ADA APA SAJA?

19 Maret 2024

Di era modernisasi saat ini, masyarakat dihadapkan dengan berbagai pilihan untuk setiap hal. Salah satunya memilih perlengkapan sanitasi seperti kloset untuk kamar mandi.

Jika sedang merenovasi kamar mandi hunian Anda atau ingin mengganti kloset lama dengan model terbaru, maka penting untuk memahami terlebih dahulu berbagai jenis kloset yang tersedia di pasaran. Mengetahui dan memahami jenis-jenis kloset akan memudahkan Anda memilih mana yang cocok dan dibutuhkan bangunan tersebut. Selain itu, pahami juga karakteristik masing-masing jenis kloset sehingga dapat menentukan keputusan yang tepat.

Kloset duduk adalah salah satu jenis kloset yang paling umum dan banyak digunakan saat ini. Tidak hanya untuk kantor, rumah sakit, dan gedung bertingkat lainnya, kloset duduk juga banyak digunakan untuk bangunan rumah tinggal.

Seperti namanya, kloset duduk digunakan dengan posisi duduk di atas seat cover. Jenis kloset ini umumnya telah dirancang sedemikian rupa dengan ketinggian yang nyaman sehingga mudah digunakan oleh berbagai kalangan, termasuk anak-anak dan lansia. Bahkan, sekarang ini kloset duduk sudah tersedia dalam ukuran kecil yang digunakan untuk toilet training anak balita.

Keunggulan kloset duduk adalah mudah dibersihkan. Umumnya, jenis kloset ini dilengkapi dengan sistem flush sehingga proses pembersihan lebih cepat dan higienis. Kloset duduk juga memiliki beragam jenis desain yang bisa disesuaikan dengan gaya kamar mandi Anda. Berikut ini penjelasannya.

Jenis Kloset Duduk Berdasarkan Bentuk

1. One-piece closet

Jenis kloset memiliki desain yang modern dan elegan. Jika dilihat secara kasat mata, tangki air dan badan kloset ini berada dalam satu konstruksi yang sama. Keunggulan utama jenis kloset terletak pada minimnya celah atau sambungan di bagian luar kloset.

Meski terlihat simple dan modern, one-piece kloset umumnya berukuran lebih berat dibandingkan jenis kloset lainnya. Harganya pun cenderung lebih tinggi. Meski begitu, jenis kloset ini memiliki berbagai keunggulan, seperti mudah dalam pemasangan, lebih kuat dan kokoh, dan mudah dibersihkan. Jenis kloset ini lebih cocok digunakan untuk kamar mandi modern minimalis.


One Piece Closet GBC-IS006EVB GB Sanitaryware. (Dok/GB Sanitaryware)

2. Two-piece closet

Two-piece kloset mengacu pada jenis kloset yang terdiri dari dua bagian terpisah, yaitu tangki air dan badan kloset itu sendiri. Bagian tangki air berfungsi untuk menyimpan air yang akan digunakan untuk menyiram kloset. Dua bagian ini terpasang dengan bantuan pipa-pipa khusus. Hanya saja, bagian pipanya tersembunyi sehingga terlihat lebih rapi dan mudah dibersihkan.


Two Piece Closet GBCTW050A GB Sanitaryware. (Dok/GB Sanitaryware)

Jenis Kloset Duduk Berdasarkan Jenis

1. Wall-hung closet

Wall-hung closet atau kloset gantung menjadi jenis kloset duduk yang paling sering ditemukan di fasilitas umum, seperti kamar mandi hotel atau restoran. Jenis kloset ini memberikan kesan elegan dan mewah pada kamar mandi. Seperti namanya, kloset ini dipasang pada dinding kamar mandi dengan penyangga yang kokoh.

Tangki air kloset gantung ini tertanam di dalam dinding sehingga terlihat rapi dan bersih. Proses pembersihannya pun terbilang cukup mudah. Karena posisinya digantung, Anda bisa membersihkan area lantai sekitar kloset dengan mudah sehingga semua bagian kamar mandi bersih dan wangi.

2. Smart closet

Smart closet bisa menjadi pilihan untuk menciptakan kamar mandi eksklusif, modern, dan kekinian. Jika dibandingkan dengan kloset duduk biasa, smart closet memudahkan kita untuk meminimalisir penggunaan tangan di kamar karena kloset tanpa tangki ini menggunakan teknologi sistem mekanikal.  Misalnya saja menggunakan suhu pada bagian dudukan kloset, seat cover yang soft closing dan buka tutup otomatis, automatic flushing, serta memiliki pengering atau dryer, pengharum otomatis, lighting, dan mampu menahan beban hingga 400 kg dalam waktu 30 menit. Smart closet juga dilengkapi dengan remot untuk memudahkan proses pemakaian.


Smart Closet GBCIS007-B GB Sanitaryware. (Dok/GB Sanitaryware)

Jadi, Anda sudah tahu mau pilih jenis kloset duduk yang mana? Begitu banyak pilihan jenis kloset yang tersedia di pasaran. Tentu yang paling mengetahui jenis kloset yang sesuai dengan kebutuhan bangunan tersebut adalah diri sendiri.

Namun, sebelum membeli, cobalah pertimbangkan ukuran dan konsep kamar mandi, gaya hidup, dan anggaran yang dimiliki, ya! Semoga membantu!

 

 

 

Penulis : Nathasya Elvira


Kembali ke Daftar Artikel