Artikel

Masalah Kloset Duduk yang Tidak Boleh Disepelekan

05 Desember 2023

Kloset duduk termasuk perlengkapan sanitari esensial di kamar mandi. Alat ini berfungsi sebagai tempat pembuangan air kecil maupun air besar.

Hanya saja, kloset menjadi perlengkapan kamar mandi yang kian mengalami sejumlah masalah. Di antaranya adalah mampet, bocor, bau, hingga kloset meledak. Hal ini tentu saja akan menghambat aktivitas di kamar mandi, bukan?

Maka dari itu, masalah ini tidak boleh disepelekan dan harus segera ditangani untuk mencegah masalah yang lebih parah. Lalu, apa saja masalah yang bisa timbul di kloset dan tidak boleh disepelekan? Berikut penjelasannya.

  1. Air kloset terus mengalir
    Pernahkah Anda melihat air flush kloset terus menerus mengalir? Ya, ini merupakan salah satu masalah yang paling sering terjadi pada kloset duduk. Hal tersebut disebabkan karena tombol flush tidak kembali dengan sempurna pada posisinya.

    Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan posisi tombol flush setelah menekannya. Tunggu beberapa saat dan perhatikan apakah air sudah berhenti atau justru tetap mengalir.
     
  2. Kloset bergetar
    Kloset duduk yang tidak terpasang dengan kuat di lantai bisa menyebabkan masalah serius, yakni bergetar. Ini termasuk masalah kloset duduk yang tidak boleh diabaikan begitu saja. Sebab, setiap gerakan kloset akan merusak sealant yang digunakan untuk merekatkan kloset. Ujung-ujungnya justru akan menyebabkan kebocoran dan membutuhkan perbaikan yang lumayan besar.
     
  3. Seat cover kloset duduk retak
    Memasang seat cover pada kloset duduk sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah. Pasang seat cover sesuai tempatnya dan kencangnya mur atau perekat yang digunakan.

    Sebaliknya, melepas seat cover saat ingin membersihkannya terkadang membuat frustasi, apalagi jika sudah berkarat. Seringkali, baut yang digunakan sudah merekat sehingga sulit untuk dibuka. Pada akhirnya, kita tak jarang menahan dudukannya untuk melepaskan baut dan berujung pada keretakan.
     
  4. Air kloset tidak mengalir lancar
    Jika air kloset tidak mengalir lancar, kemungkinan lubang pembilasan tersumbat oleh endapan mineral. Untuk mengatasi masalah pada kloset duduk ini, Anda dapat menggunakan alat bantu yang dapat membersihkan lubang-lubang yang tersumbat. Atau, Anda bisa menghubungi customer service tempat di mana membeli kloset duduk tersebut.

 

 

 

Penulis : Nathasya Elvira


Kembali ke Daftar Artikel