7 Pengharum Kamar Mandi Alami Agar Semakin Wangi

20 Januari 2021

Bau tak sedap sering kali muncul dari dalam ruangan tertutup, apalagi jika ruangan tersebut menjadi sarang berkumpulnya kuman dan kotoran. Kamar mandi adalah ruangan yang kerap mengeluarkan aroma tak sedap. Meski sudah dibersihkan secara berkala, bau tak sedap sesekali masih muncul.

Solusinya, kita bisa menggunakan pengharum kamar mandi yang bisa ditempatkan di sudut-sudut tertentu. Namun, tidak semua orang menyukai pengharum dari bahan kimia dengan berbagai alasan. Misalnya bau yang menyengat dan menyisakan sampah plastik.

Untuk itu, Germany Brilliant ingin memberikan tips agar kamar mandi terhindar dari bau tak sedap dengan menggunakan pengharum ruangan dari bahan alami. Bahan-bahannya juga mudah ditemukan di pasaran, lho.

Penasaran? Yuk, simak cara membuat pengharum kamar mandi dari bahan alami berikut ini.

Tanaman Hias

Selain memberi kesan natural, tanaman hias dapat digunakan untuk mengharumkan ruangan. Kelebihan lain dari pengharum berbahan alami ini dapat menyegarkan udara dalam ruangan dan membuat area jadi semakin asri dan menyegarkan.

Tempatkan tanaman hias di sudut-sudut kamar mandi. Jika kamar mandi cukup luas, Anda bisa menggunakan tanaman hias berukuran besar. Jika kamar mandi terbatas, manfaatkan saja rak kamar mandi untuk menaruh tanaman hias dalam pot-pot berukuran kecil.

Minyak Esensial

Menjadi salah satu pengharum ruangan dari bahan alami yang sering digunakan oleh masyarakat, minyak esensial tersedia dalam berbagai macam pilihan dan mudah didapatkan.

Minyak esensial yang terbuat dari lavender, peppermint dan serai dapat menghilangkan aroma tak sedap di kamar mandi. Cara menggunakannya, teteskan minyak pada tisu toilet atau oleskan langsung pada bagian tertentu di kamar mandi yang berpotensi menimbulkan bau tak sedap.

Serbuk Kopi

Bukan hanya sedap diminum saja, serbuk kopi juga dapat menetralkan bau tak sedap yang ada di kamar mandi. Masukkan satu sendok bubuk kopi ke dalam wadah berbahan kain, kemudian gantung di kamar mandi seperti area belakang pintu atau ventilasi. Selain menyamarkan aroma tak sedap, wangi aroma kopi juga dapat memberikan relaksasi dan ketenangan.

Lemon

Potongan lemon yang ditempatkan di sudut-sudut kamar mandi dapat menghilangkan aroma tak sedap. Dengan baunya yang khas, lemon akan menetralkan bau dan membuat ruangan jadi lebih segar. Jangan lupa untuk mengganti potongan lemon secara berkala atau ketika lemon berubah menjadi kering.

Kayu Manis

Rempah satu ini efektif untuk membuat kamar mandi jadi lebih wangi. Caranya, cukup campurkan kayu manis dengan rempah-rempah harum lainnya seperti bunga lavender dalam wadah kecil. Kemudian simpan wadah tersebut di sudut kamar mandi.

Baking Soda

Bukan hanya pembersih, baking soda juga dapat mengharumkan kamar mandi. Oleskan baking soda ke beberapa bagian kamar mandi seperti keramik, dinding, kloset atau wastafel. Gosok perlahan, lalu bilas sampai bersih. Baking soda dapat membuat ruangan jadi lebih wangi dan segar.

Cuka

Sama seperti baking soda, cuka selain dapat membersihkan kamar mandi juga dapat menghilangkan bau tak sedap. Caranya, campurkan air cuka dengan garam kemudian gosokkan pada area yang kotor atau berbau tak sedap. Bilas dengan air sampai bersih. Selain itu, Anda juga dapat meneteskan cuka pada handuk lalu kibas-kibaskan di dalam kamar mandi agar ruangan menjadi wangi.

Itulah 7 pengharum alami yang dapat Anda gunakan untuk menghilangkan aroma tak sedap di kamar mandi. Jangan lupa untuk memilih perlengkapan sanitari dan aksesoris dari Germany Brilliant yang pastinya mudah dibersihkan dan bebas dari aroma tak sedap.

Semoga bermanfaat.

 

 

 

Penulis: DN


Kembali ke Daftar Artikel