Artikel

ADA BERAGAM JENIS FLOOR DRAIN, KAMU PILIH YANG MANA?

25 Maret 2024

Floor drain atau afur lantai merupakan saringan air yang umumnya digunakan pada lantai kamar mandi. Fungsi benda kecil ini adalah untuk menutup lubang saluran pembuangan air. Fungsi lain dari floor drain adalah untuk menyaring kotoran, mencegah bau tak sedap dan serangga naik ke permukaan kamar mandi.

Floor drain memiliki lubang atau rongga-rongga kecil yang berfungsi sebagai penyaring. Floor drain yang dijual di pasaran cukup memiliki beragam ukuran lubang penyaringnya. Sebaiknya, pilihlah floor drain dengan lubang penyaring banyak dan berukuran kecil agar proses penyaringan bekerja maksimal.

Selain itu, agar saringan berfungsi dengan maksimal, dibutuhkan perawatan secara berkala. Perawatan ini bertujuan untuk menghindari tersangkutnya kotoran, rambut, plastik, dan sejenisnya yang dibuang di kamar mandi. Simak selengkapnya untuk mengetahui tips memilih floor drain yang benar dan tepat di sini!

Setelah mengetahui tips memilih floor drain yang benar dan tepat, Anda pun perlu mengetahui floor drain yang bangunan Anda butuhkan. Berikut penjelasannya.

Jenis Floor Drain Berdasarkan Bentuk dan Ukuran

- Bentuk persegi

Floor drain berbentuk persegi adalah yang paling umum ditemui di kamar mandi. Umumnya, ukuran floor drain persegi adalah 10 cm x 10 cm dan 11,5 cm x 11,5 cm. Model floor drain ini bisa menjadi pemanis kamar mandi karena bentuknya serasi dengan lantai kamar mandi yang berbentuk persegi. Selain itu, lubang saringan floor drain tidak terlihat karena terdapat cover atau penutup pada bagian atasnya. Dengan begitu, kamar mandi akan terlihat lebih rapi, bersih, dan nyaman ketika digunakan.


Floor drain VR01-W GB Sanitaryware. (Dok/GB Sanitaryware)

Jangan lupa, pilih floor drain yang cover-nya bisa diisi dengan keramik atau granit yang senada dengan lantai kamar mandi untuk menambah nilai estetika.


Floor drain GBS115RG GB Sanitaryware. (Dok/GB Sanitaryware)

- Bentuk persegi panjang

Model ini direkomendasikan untuk digunakan pada area shower. Idealnya, ukuran floor drain persegi panjang adalah 20 cm x 11,8 cm dan 60 cm x 9,2 cm. Sama seperti bentuk persegi, lubang saringan model floor drain ini tidak terlihat karena terdapat cover atau penutup pada bagian atasnya.


Floor drain GBS200SS GB Sanitaryware. (Dok/GB Sanitaryware)


Floor drain GBS600SS GB Sanitaryware. (Dok/GB Sanitaryware)

- Bentuk lingkaran

Selain persegi panjang, shower berbentuk lingkaran juga direkomendasikan untuk digunakan pada area shower. Umumnya, floor drain jenis ini berdiameter 11 hingga 11,5 cm. Seperti jenis lainnya, lubang saringan floor drain ini tidak terlihat karena terdapat cover atau penutup pada bagian atasnya dan bisa diisi dengan keramik maupun granit yang senada dengan lantai kamar mandi.


Floor drain GBS08 GB Sanitaryware. (Dok/GB Sanitaryware)

Jenis Floor Drain Berdasarkan Bahan Dasar

Bahan dasar floor drain cukup bervariasi. Mulai dari kuningan, stainless steel, dan ABS. Namun, biasanya floor drain tidak hanya terdiri dari satu bahan dasar saja, melainkan campuran. Misalnya, kuningan dan ABS, atau stainless steel dan ABS. Tapi, ada juga floor drain yang hanya terbuat dari ABS agar lebih ringan.

Umumnya, material kuningan dan stainless steel digunakan di badan floor drain, sementara ABS digunakan pada pop up magnet dan cover bagian atas.


Bagian detail floor drain GB Sanitaryware. (Dok/GB Sanitaryware)

 

 

 

Penulis : Nathasya Elvira


Kembali ke Daftar Artikel