Artikel

SERBA-SERBI FLOOR DRAIN KAMAR MANDI YANG PERLU DIKETAHUI PENGHUNI RUMAH BARU

13 Juli 2023

Setiap rumah pasti memiliki floor drain atau saringan pada pembuangan air. Benda ini berfungsi untuk menyaring kotoran, seperti sampah, plastik, dan rambut agar tidak masuk ke dalam lubang saluran pembuangan air. Penggunaan floor drain juga berfungsi untuk mencegah terjadinya genangan pada kamar mandi akibat tumpukan kotoran yang menyumbat saluran pembuangan.

Umumnya, floor drain dipasang pada lantai kamar mandi untuk menutup lubang saluran pembuangan air. Ada juga yang memasang floor drain di balkon rumah, ruang bawah tanah, ruang cuci baju, dan tempat wudhu di masjid.

Material dan Ukuran Floor Drain

Menurut Supervisor (SPV) GB Sanitaryware, Sheila, umumnya floor drain terbuat dari tiga material, yaitu stainless steel, kuningan, dan ABS. Namun, yang paling sering digunakan adalah floor drain dengan material stainless steel.

“Bahan itu terdiri dari stainless steel, kuningan, dan ABS,” kata Sheila.

Jika berbicara soal bentuk, umumnya floor drain berbentuk lingkaran dan persegi. Floor drain berbentuk lingkaran yang paling popular dan banyak digunakan. Kekurangannya, lubang saringan akan terlihat jorok apabila kotoran menumpuk setelah kamar mandi digunakan dan kurang serasi bila dipasangkan di lantai kamar mandi yang berbentuk persegi.

Sementara pada floor drain berbentuk persegi, model ini lebih serasi dengan lantai kamar mandi. Lubang saringan floor drain juga tidak terlihat karena terdapat tutup pada bagian atasnya sehingga kamar mandi tetap terlihat bersih.

Floor drain GB Sanitaryware sendiri terdiri dari 5 ukuran. Mulai dari diameter 10 cm untuk bentuk lingkaran, dan ukuran 10 x 10 cm, 10 x 15 cm, 20 x 20 cm, 10 x 60 cm untuk bentuk persegi.

Sheila menambahkan, ke depannya produk-produk tertentu dari GB Sanitaryware yang terbuat dari stainless steel bisa custom ukuran, salah satunya floor drain.

“Bahkan, ke depannya produk-produk tertentu bisa custom untuk ukurannya karena terbuat dari stainless,” tambah Sheila.

Tips Memilih Floor Drain

Untuk memudahkan sobat GB menemukan floor drain yang tepat untuk kamar mandi, berikut beberapa tips yang bisa dijadikan panduan dalam memilihnya.

  1. Perhatikan bentuknya
    Sebelum pasang floor drain, tentukan apakah sobat GB membutuhkan yang standar atau juga berfokus pada nilai estetika. Jika ini menambah nilai estetika kamar mandi, pilihlah floor drain yang berbentuk persegi. Selain senada dengan lantai kamar mandi, bagian tutupnya juga bisa diisi dengan material yang senada.
     
  2. Mudah dibuka dan ditutup
    Pilihlah floor drain yang mudah dibuka dan ditutup agar memudahkan kita untuk dibersihkan. Sebab, jika terlalu banyak kotoran menumpuk, maka bisa menimbulkan bau tak sedap.
     
  3. Perhatikan ukuran lubangnya
    Ada beragam desain ukuran lubang floor drain. Sebaiknya, pilihlah floor drain yang memiliki banyak lubang penyaring dan berukuran kecil agar kotoran dapat tersaring dengan baik.
     
  4. Pilih yang mempunyai teknologi magnet
    Sheila menyarankan, pilihlah floor drain kamar mandi yang menggunakan teknologi magnet. Hal ini akan membantu menahan bau tak sedap dan binatang kecil yang hendak naik ke permukaan kamar mandi. Katup magnet ini hanya terbuka saat ada aliran air dan kembali tertutup saat sudah kering.
     
  5. Pilih material yang berkualitas
    Jika mengutamakan aspek harga, pilihlah floor drain yang terbuat dari ABS atau plastik. Namun, jika menginginkan pemakaian jangka panjang, pilihlah yang berbahan stainless steel karena diyakini tahan lama dan anti karat.

 

 

 

Penulis: Nathasya Elvira


Kembali ke Daftar Artikel