Manfaat Cuci Tangan di Wastafel

02 Juli 2020

Cuci tangan menggunakan sabun dianggap bisa cegah penyebaran virus Corona. Kegiatan cuci tangan pun masuk dalam Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang digagas oleh Kementerian Kesehatan. Tidak hanya sabun yang harus dipersiapkan untuk melakukan aktivitas ini, aliran air bersih juga harus terpenuhi supaya kegiatan cuci tangan bisa memenuhi standar kesehatan dunia yang ditetapkan WHO.

Aliran air bersih akan mengalir melalui keran air dan tetesannya jatuh ke wastafel. Adaptasi Kebiasaan Baru pun membuat selalu ada sabun cuci tangan di wastafel dan selalu sedia hand sanitizer di tas. Setelah kamu mengetahui lebih lanjut tentang komponen dari wastafel, ada baiknya kamu kenali manfaat cuci tangan di wastafel.

  1. Sabun bisa diisi ulang
    Sabun untuk cuci tangan yang ditaruh di wastafel biasa berbentuk sabun cair. Jenis sabun cair ini ditempatkan pada dispenser sabun. Jika cepat habis, maka sabun pada wastafel bisa mudah diisi ulang dengan yang baru.
     
  2. Cuci tangan sambil berkaca
    Wastafel dari Germany Brilliant ada yang dijual terpisah maupun dalam bentuk kabinet wastafel yang sudah dilengkapi ambalan, cermin, dan keran air. Produk kabinet wastafel bisa membuat cuci tangan yang kamu lakukan sambil berkaca. Jika ada sisa-sisa makanan di sela gigi, kamu juga bisa membersihkannya sekaligus. Kondisi muka pun bisa tetap dikontrol setelah cuci tangan.
     
  3. Tidak basah kemanapun
    Wadah wastafel membuat percikan air tidak memancar kemana-mana. Pakaian pun tak akan basah terkena air saat kamu bisa mempraktekkan cuci tangan secara baik dan benar. Tak perlu ragu lagi untuk cuci tangan di wastafel karena hanya tanganmu yang basah.
     
  4. Tidak perlu bawa tisu basah dan tisu kering
    Saat keluar rumah, tas siaga selalu dibawa. Biasanya, tas ini berisi tisu basah, tisu kering, hand sanitizer, botol minum, alat makan, masker cadangan, tas belanja lipat, dan penunjang kebersihan diri lainnya. Patut kamu sadari bila berada di luar rumah, ada baiknya kamu mencari wastafel terdekat untuk cuci tangan. Biasanya wastafel tersebut sudah dilengkapi handuk atau dry hand untuk mengeringkan tangan. Maka, kamu tak perlu memasukkan tisu basah dan tisu kering ke dalam tas siaga yang kamu bawa.

Hal terpenting setelah kamu cuci tangan jangan lupa dibilas dengan air bersih ya. Kalau tanganmu masih ada sabunnya dan menyentuh wajah bisa dipastikan matamu akan terasa perih. Beruntunglah jika wastafel yang kamu temui sudah dilengkapi keran air dengan sensor otomatis. Manfaat cuci tangan di wastafel bisa kamu rasakan lebih praktis.

Nyatanya, cuci tangan di wastafel menjadi hal kecil yang bermanfaat besar. Ingat ya, kalau cuci tangan di wastafel dan cuci makanan di bak cuci piring!

Let's clean your hands!!

 

 

 

Penulis: DN


Kembali ke Daftar Artikel