Artikel

Bersihkan Kitchen Sink Sampai Mengkilap

01 Februari 2021

Menjadi tempat berkumpulnya noda dan kotoran setelah kegiatan memasak atau makan besar, kitchen sink pasti terlihat kotor dan jorok. Piring, gelas, sendok dan alat masak lainnya yang menumpuk berpotensi membuat kitchen sink yang awalnya kinclong menjadi kusam.

Jangan khawatir, noda dan kerak membandel akibat sisa makanan yang menempel pada wastafel cuci piring bisa dihilangkan. Tak perlu menggunakan bahan pembersih kimiawi, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan yang ada di rumah. Penasaran bagaimana caranya? Berikut adalah cara mudah untuk membuat kitchen sink kembali mengkilap.

  1. Bersihkan wastafel setiap kali digunakan
    Langkah awal dan paling mudah untuk membersihkan wastafel cuci piring dengan melakukan tindakan preventif, yaitu selalu bersihkan wastafel setiap kali digunakan. Setelah mencuci piring, gelas dan peralatan masak, jangan lupa untuk segera membersihkan kitchen sink.

    Gunakan sikat dapur dan spons lalu gosok dan bersihkan secara menyeluruh sehabis digunakan. Cara ini akan membantu mencegah penumpukan kotoran dan kerak dapur di wastafel.
     
  2. Manfaatkan sikat gigi bekas
    Sikat gigi yang sudah tak terpakai bisa digunakan untuk membersihkan kitchen sink, terutama celah-celah kecil yang tidak bisa dijangkau oleh sikat biasa. Sikat gigi dapat membersihkan kotoran, kerak, air berkapur, dan segala jenis noda lainnya yang mungkin bersembunyi di wastafel dan di sekitar keran.
     
  3. Gunakan lemon
    Kerak kapur kerap ditemukan pada permukaan peralatan rumah tangga yang bersentuhan dengan air, salah satunya kitchen sink. Biasanya, kerak kapur ini menjadi noda membandel jika menempel pada wastafel.

    Untuk membersihkannya dengan lebih cepat, kamu bisa menggunakan lemon. Caranya, potong lemon menjadi dua, gosokkan ke area yang terdapat banyak kerak kapur menumpuk, biarkan selama dua jam, lalu bilas dengan air mengalir dan keringkan.
     
  4. Kain microfiber untuk mengembalikan kilau stainless steel
    Umumnya kitchen sink terbuat dari material stainless steel. Penggunaan secara terus menerus tentu akan membuat wastafel jadi cepat pudar. Untuk mengembalikan kilau stainless steel, gunakan saja kain microfiber. Kosongkan air dalam wastafel, tuangkan cuka putih pada kain microfiber, kemudian gosok dan bersihkan wastafel secara menyeluruh. Lakukan secara berkala dan kitchen sink pun akan kembali mengkilap.
     
  5. Rendam dengan cairan pembersih
    Wastafel cuci piring yang sangat kotor pastinya membutuhkan tenaga ekstra untuk membersihkannya. Namun, kamu bisa menghemat tenaga dengan cara merendam wastafel terlebih dahulu. Tutup lubang pembuangan dan penuhi wastafel dengan air, tuang cairan pembersih secukupnya dan diamkan selama 2-3 menit.

    Kandungan formula dalam cairan pembersih mampu meleburkan noda dan kotoran yang menempel. Dengan cara ini, kamu tak perlu bersusah payah untuk menghilangkan kotoran di permukaan wastafel.

Itulah cara mudah membersihkan kitchen sink dan membuatnya mengkilap kembali. Jika kamu bingung memilih kitchen sink untuk dapur di rumah, Germany Brilliant memiliki produk kitchen sink yang multifungsi dan bukan hanya untuk sekedar mencuci piring saja. Materialnya juga berkualitas dan mudah dibersihkan agar kilaunya tetap terjaga.

Jangan sampai salah pilih kitchen sink. It must be GB!

 

 

 

Penulis: DN


Kembali ke Daftar Artikel