Bingung Memilih Material Lantai Dapur? Simak Panduan Ini

16 Januari 2021

Seperti diketahui, ruang dapur merupakan area yang paling rentan kotor di sebuah rumah. Cipratan air, minyak, sisa makanan, hingga aroma tak sedap bisa sangat mengganggu dan bahkan merusak setiap permukaan yang ada di dapur, terutama bagian lantai.

Karena itulah, memilih lantai dapur tidak boleh sembarangan dan harus disesuaikan dengan jenis aktivitas yang biasa kita lakukan di dapur. Salah satu tantangan dalam membuat dapur yang nyaman adalah memilih material lantai dapur sesuai kebutuhan dan aktivitas.

Jika masih bingung dalam memilih material lantai dapur yang pas, simak panduan berikut ini.

Keramik

Ubin keramik merupakan pilihan lantai dapur yang populer karena memiliki banyak kelebihan seperti ketahanan yang kuat serta banyak model pilihan. Dengan pemasangan yang benar, lantai dapur bermaterial keramik mampu menahan segala jenis cairan yang tumpah ke atas permukaan lantai.

Karakteristik keramik yang hampir sekeras batu juga tahan lama meskipun lalu lintas dapur cukup padat. Selain itu, pemasangan keramik standar tidaklah sulit dan bahkan bisa dilakukan dengan mudah.

Vinil

Vinil atau keramik vinil dapat dijumpai di pasaran dengan ukuran 12 x 12 inci dan 18 x 18 inci. Ukurannya yang kecil dan ringan justru memudahkan dalam pemasangannya karena bisa dipasang sendiri. Cukup mengupas kertas yang ada di bagian belakang lalu tempelkan pada permukaan lantai. Meski demikian, vinil memiliki kekurangan. Ketahanannya terhadap air lebih rentan karena vinil memiliki lebih banyak sambungan.

Vinil Lembaran

Material ini sama seperti keramik vinil, hanya berbeda ukurannya saja. Jika mencari material dengan ketahanan air, vinil lembaran adalah yang paling tahan air dibanding material lantai lainnya. Hal ini karena vinil lembaran sangat minim sambungan sehingga tahan terhadap tumpahan dan kelembapan.

Kekurangannya, vinil lembaran dapat memberikan sensasi rasa yang keras ketika dipijak. Karena itu pertimbangkan untuk menambahkan bantalan sebelum diaplikasikan pada permukaan lantai. Pemasangannya juga cukup rumit untuk dilakukan sendiri. Jadi, sebaiknya gunakan jasa profesional.

Kayu Pabrikan

Biasanya lantai kayu organik tidak pernah menjadi pilihan yang tepat apalagi bijak untuk dijadikan sebagai lantai dapur. Bahan organik seperti kayu sangat rentan rusak dan keropos apabila langsung bersentuhan dengan air.

Namun, hal tersebut bukanlah kendala untuk menggunakan lantai kayu pada dapur. Kini, telah ada lantai kayu pabrikan atau juga disebut engineered wood flooring yang lebih tahan terhadap air. Jika kamu ingin menghadirkan suasana kayu asli pada dapur, lantai kayu pabrikan adalah pilihan terbaik.

Itulah beberapa material dapur yang bisa menjadi pilihan untuk menunjang aktivitas Anda di dapur. Kegiatan memasak tentunya juga harus ditunjang dengan perlatan dapur mumpuni seperti kitchen set, kompor, oven, kulkas hingga bak cuci piring.

Germany Brilliant kini memiliki kitchen sink terbaru dengan berbagai pilihan dan model sesuai gaya dan selera Anda di dapur. Mengutamakan fashion dan function, kitchen sink dari GB juga menggunakan material berkualitas dan garansi resmi.

Tunggu apa lagi? Segera miliki kitchen sink dari GB!

 

 

 

Penulis: DN


Kembali ke Daftar Artikel