Artikel

Menghilangkan Bau Saluran Air di Kitchen Sink

13 April 2021

Pernahkah kamu mencium bau tak sedap yng berasal dari saluran air di wastafel dapur atau kitchen sink. Bau ini bisa disebabkan oleh intensitas penggunaan dapur yang tinggi karena digunakan setiap hari sehingga dapur jadi kotor dan menimbulkan bau tak sedap.

Biasanya, penyebab munculnya bau saluran air di dapur adalah menumpuknya sisa makanan yang membuat wastafel jadi mampet. Bakteri dan jamur pun mudah berkembang dan menimbulkan bau.

Efek samping dari sumbatan yang berasal dari sisa makanan ini juga sangat mengganggu. Benda-benda yang tersumbat itu akan bercampur dengan material lain, lalu membusuk dan melepaskan bau tak sedap. Bila dibiarkan, bau saluran air di wastafel dapur akan menjadi sumber penyakit.

Lantas, bagaimana solusinya? Coba ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Bersihkan secara rutin

Cara paling jitu untuk menjauhkan saluran pembuangan air dari timbunan kotoran yang mampet adalah dengan membersihkannya secara rutin, setidaknya seminggu sekali. Manfaatkan bahan-bahan dapur seperti baking soda dan cuka untuk mengikis lemak, remah-remah makanan dan bau di dalam pipa air yang kotor.

Apabila bau saluran air masih tidak hilang walau sudah dibersihkan, kamu bisa menggunakan campuran baking soda, essential oil, dan air panas sebagai penghilang bau saluran air. Larutkan satu sendok baking soda dengan beberapa tetes minyak esens, lalu taburkan ke area bak cuci piring. Kemudian, bilas dengan dua gelas air panas.

2. Buang sisa makanan ke tempat sampah

Ingat, wastafel bukanlah tempat sampah! Jangan asal melempar atau membuang sesuatu ke dalam lubang wastafel. Memperlakukan wastafel sesuai fungsinya juga akan menghindarkan potensi saluran tersumbat. Pertimbangkan juga untuk menggunakan penyaring yang dipasang di lubang wastafel guna meminimalisir sisa-sisa makanan yang berukuran kecil.

3. Jaga kelancaran pembuangan air

Terkadang, rasa malas membersihkan saluran air di wastafel yang mampet bisa menyebabkan masalah yang lebih besar, mulai dari air yang menggenangi wastafel hingga jadi banjir ke lantai atau pipa yang rusak. Upayakan untuk menjaga kelancaran pembuangan air dan jangan diamkan sampai benar-benar mampet.

4. Desinfektan saluran air secara berkala

Membuang sisa makanan padat ke tempat sampah sudah, memasang saringan di wastafel juga sudah. Tapi terkadang masih ada sisa makanan yang nyangkut. Solusinya, bersihkan saluran air dengan cara mendesinfektannya secara rutin sebagai proses pencegahan, paling tidak seminggu sekali.

Caranya, campurkan desinfektan dengan baking soda lalu taburkan ke area permukaan bak cuci piring. Bilas dengan air dan keringkan dengan kain lap atau handuk hangat. Jika ingin lebih bersih lagi, jaga area bak cuci piring agar tetap kering.

5. Taburkan baking soda secara rutin

Menaburkan baking soda di atas wastafel secara berkala dapat membuat dapur tetap segar. Bukan hanya bau tak sedap di wastafel, soda kue juga dapat menetralisir bau-bau lainnya di dapur seperti bau apek dari peralatan dapur bekas memasak. Cukup lakukan seminggu sekali sebagai tindakan preventif.

Itulah cara menghilangkan bau saluran air dari wastafel dapur. Langkah-langkah di atas merupakan cara alami yang tidak membuat pipa saluran air atau material dapur lainnya rusak karena bahan kimia. Pertimbangkan juga untuk memilih kitchen sink berkualitas baik yang bukan hanya mudah digunakan tetapi juga mudah dibersihkan seperti produk Germany Brilliant.

Setelah ini, semoga tak ada lagi bau tak sedap muncul di wastafel dapur. Jangan lupa untuk membaca artikel seputar tips lainnya di blog Germany Brilliant.

 

 

 

Penulis: DN


Kembali ke Daftar Artikel