Artikel

CARA PASANG FLOOR DRAIN KAMAR MANDI

16 Juli 2023

Floor drain termasuk salah satu perlengkapan sanitasi yang sangat penting, terutama untuk bangunan komersial yang memiliki banyak kamar mandi. Misalnya, apartemen, sekolah, ataupun hotel.

Perlengkapan sanitasi ini berfungsi sebagai saringan atau penghalang benda lain sebelum masuk ke saluran sanitasi sehingga mencegah terjadinya kemampetan. Apabila saluran air mampet dan tidak berfungsi, maka kamar mandi bisa menjadi sarang penyakit dan bau.

Namun, sama seperti perlengkapan sanitasi lainnya, floor drain juga rentan rusak atau tidak berfungsi baik. Biasanya, kerusakan floor drain disebabkan oleh penumpukan rambut rontok, patah akibat terhantam benda keras atau gigitan tikus, maupun karatan karena sering terkena bahan kimia. Floor drain yang berkarat biasanya tidak mampu menyaring kotoran dan air kamar mandi.

Sebelum kerusakannya semakin parah, segera ganti dengan floor drain yang baru. Pilihlah floor drain yang berkualitas agar bisa digunakan dalam jangka waktu lama. Sobat GB bisa menggantinya dengan floor drain dari GB Sanitaryware. Selain ukuran yang bervariasi, floor drain GB Sanitaryware juga memiliki banyak keunggulan. Beberapa di antaranya adalah menggunakan teknologi magnet untuk menutup dan membuka saluran secara otomatis, teknologi smart drain yang mampu meminimalisir masalah serangga dan bau, serta memiliki wadah floor drain yang bisa diisi dengan semen atau keramik yang sesuai dengan tema kamar mandi.

Memasang atau mengganti floor drain kamar mandi sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan. Bahkan, sobat GB bisa memasang sendiri tanpa bantuan teknisi. Bagaimana caranya?

Alat dan Bahan yang Diperlukan

  1. Floor drain yang baru
  2. Semen
  3. Ember dan adukan semen
  4. Pahat
  5. Palu
  6. Sarung tangan
     

Cara Melakukannya

  1. Gunakan sarung tangan, lalu bongkar dan lepaskan floor drain lama menggunakan pahat dan palu.
  2. Bersihkan bekas bobokannya dan pastikan tidak ada material yang tertinggal atau masuk ke dalam saluran pembuangan air.
  3. Siapkan semen dan aduk hingga rata menggunakan adukan semen. Kemudian, tuangkan semen tersebut pada bagian bibir lubang atau pinggiran saluran pembuangan secara merata.
  4. Ambil floor drain yang baru, dan masukkan bagian mangkuknya ke dalam lubang pembuangan. Lalu, tekan dan rekatkan hingga terpasang sempurna.
  5. Tutup bagian pinggir floor drain dengan semen dan tunggu sampai semen kering.
  6. Lapiskan semen pada wadah floor drain dan tambahkan potongan keramik sesuai ukuran wadah tersebut. Pilihlah keramik yang senada dengan wadah floor drain atau tema kamar mandi agar terlihat rapi dan estetik.
  7. Letakkan wadah di atas floor drain yang sudah kering pada posisi yang tepat dan siap digunakan.

 

Jadi, tunggu apa lagi? Segera ganti floor drain kamar mandimu dengan floor drain GB Sanitaryware! Kunjungi website GB Sanitaryware atau instagram @gbsanitary1 untuk informasi lebih lanjut.

 

 

 

Penulis: Nathasya Elvira


Kembali ke Daftar Artikel