Artikel

Cara Menghilangkan Karat Pada Lapisan Krom

31 Maret 2021

Umumnya, keran kamar mandi atau dapur telah dilapisi dengan krom yang bukan hanya mempercantik tampilan tetapi juga melindungi logam dari karat. Namun, lapisan krom juga rentan tergores atau terkikis. Kerusakan tersebut dapat mengakibatkan timbulnya karat karena logam di bawah lapisan krom bersentuhan langsung dengan kelembapan dan oksigen.

Jika kamu menemukan karat pada keran wastafel atau keran dapur, segera hilangkan karena karat dapat menyebar secara cepat dan membuat logam menggelembung. Dengan bahan-bahan sederhana yang sangat mudah ditemukan di pasaran, kamu bisa menghilangkan karat dari lapisan pelindung krom dengan cara berikut ini.

  1. Gunakan cairan asam
    Cara pertama untuk menghilangkan karat pada lapisan krom adalah menggunakan cairan asam yang bersifat lemah seperti cuka, jeruk nipis atau lemon. Sebelum menggunakan cairan asam ini, bersihkan area berkarat dari debu dan kotoran terlebih dahulu dengan menggunakan sabun pencuci piring yang telah dilarutkan dengan air.

    Setelah lapisan krom bersih dan kering, oleskan cairan asam lemah dan tunggu sekitar 10 menit. Langkah terakhir, lap bagian yang berkarat yang telah dibasahi cuka atau jeruk nipis dengan menggunakan spons atau sikat lembut hingga terangkat.
     
  2. Manfaatkan aluminium foil
    Selain cairan asam, cara lain yang efektif untuk menghilangkan karat pada lapisan krom adalah memanfaatkan aluminium foil. Caranya, gunting lembaran aluminium foil sekitar 8 cm, lalu celupkan ke dalam air. Setelah itu, gosok karat pada lapisan krom dengan auminium foil secara lembut hingga larut dan terangkat.

    Jika karat membandel, gunakan kertas aluminium foil yang telah direndam ke dalam minuman bersoda. Perlu diketahui, minuman bersoda memiliki kandungan asam karbonat yang dapat menciptakan reaksi kimia dengan oksida besi pada karat sehingga dapat memusnahkannya dari krom dengan mudah.
     
  • Bersihkan dengan minyak khusus
    Selain cairan asam dan aluminium foil, kamu juga bisa menggunakan minyak khusus seperti WD40, CLR atau CRC untuk menghilangkan karat pada lapisan krom. Cara menggunakannya sangat mudah, bersihkan krom terlebih dulu dengan cairan pencuci piring untuk menghilangkan debu dan kotoran, kemudian lap bagian yang berkarat hingga kering.

    Setelah itu, oleskan minyak pada lapisan krom yang berkarat dan gosok secara lembut menggunakan sikat. Selain efektif menghilangkan karat, cairan minyak juga dapat membuat krom kembali mengilap.

    Itulah cara membersihkan karat pada lapisan krom. Namun setelah dibersihkan, lapisan krom juga memerlukan perawatan khusus dan perlindungan agar kembali mengilap dan karat tidak muncul lagi. Cobalah langkah berikut ini.
  • Manfaatkan minyak bayi
    Minyak bayi mengandung mineral yang dapat menghaluskan permukaan logam dan memunculkan kilau. Apa lagi, minyak bayi juga mudah ditemukan di pasaran. Teteskan minyak bayi pada kain microfiber kering dan bersih, lalu gosok logam dalam gerakan melingkar hingga mengilap.
     
  • Kilapkan dengan wax
    Lapisan krom bisa kembali mengilap dengan menggunakan lilin mobil, turtle wax atau carnauba wax. Kamu cukup mengoleskannya, menggosoknya dan membiarkannya hingga kering, kemudian oleskan wax dan gosok kembali.
     
  • Lindungi dengan cat silver
    Melindungi lapisan krom juga bisa dengan menggunakan cat khusus krom berwarna perak. Oleskan secara merata pada bagian cekung akibat karat, lalu gunakan ampelas untuk menghaluskannya. Penting! Berhati-hatilah saat mengampelas krom supaya tidak merusak bagian yang tidak dilapisi cat dan merusak logam yang ada di dalamnya.

Temukan artikel berisi informasi dan tips-tips menarik lainnya di blog Germany Brilliant. Semoga bermanfaat.

 

 

 

Penulis : DN


Kembali ke Daftar Artikel