Penting, Inilah 5 Prinsip Desain Kamar Mandi

24 April 2021

Kamar mandi adalah cerminan dari kepribadian pemiliknya. Desain kamar mandi tentu sesuai dengan selera dan keinginan pemilik rumah. Fungsinya pun bukan hanya sebagai tempat untuk membersihkan diri, tetapi juga menjadi tempat untuk relaksasi setelah menjalani rutinitas dan aktivitas padat sepanjang hari.

Banyak orang berpikir bahwa kamar mandi harus mewah dan luas. Padahal, kamu hanya membutuhkan kenyamanan dan kebersihan serta peralatan penting yang lengkap seperti shower dan kloset. Jadi, sebelum kamu membangun kamar mandi impianmu, perhatikan prinsip desain kamar mandi yang penting untuk diketahui.

  1. Manfaatkan sinar matahari
    Sering kali pencahayaan pada kamar mandi diabaikan. Padahal, pencahayaan alami dibutuhkan di kamar mandi, khususnya yang berukuran kecil. Cahaya kamar mandi akan membantu relaksasi saat membersihkan diri dan menjaga ruangan agar tidak berbau dan lembap.

    Umumnya, orang lebih memilih memasang jendela berukuran kecil yang mengakibatkan minimnya cahaya yang masuk. Ganti dengan jendela berukuran besar atau pasang saja skylight.
     
  2. Penerangan yang cukup
    Tidak semua kamar mandi dapat memanfaatkan pencahayaan alami dari matahari. Kamar mandi yang tidak memiliki ventilasi langsung ke luar atau ukuran rumah yang minimalis sehingga menempatkan kamar mandi berada di sudut paling pojok tentu membutuhkan penerangan yang cukup.

    Pemasangan lampu dibutuhkan agar kamar mandi memiliki penerangan optimal, khususnya untuk menerangi aktivitas di kamar mandi pada sore dan malam hari. Pilihlah lampu yang tahan uap dan cipratan air serta tempatkan pada area penting seperti di kloset dan wastafel.
     
  3. Peralatan kamar mandi yang tepat
    Tidak semua kamar mandi berukuran sama. Tiap rumah pasti memiliki kamar mandi dengan ukuran dan luas yang berbeda-beda. Jika luas kamar mandi terbatas, jangan paksa memasukkan banyak peralatan karena akan terlihat sumpek.

    Seleksi peralatan kamar mandi sesuai kebutuhan dan ukuran. Misalnya, memasang shower yang lebih hemat ruang dari pada menggunakan bak mandi atau kamu juga bisa menempatkan wastafel di luar kamar mandi. Sebagai pertimbangan, kamu bisa memilih shower dan wastafel dari Germany Brilliant dengan banyak model dan ukuran yang bisa disesuaikan dengan luas kamar mandi kamu.

    Ingat, terlalu banyak peralatan akan membuat kamar mandi terasa penuh dan sesak sehingga tak lagi nyaman sebagai tempat relaksasi.
     
  4. Sediakan tempat penyimpanan
    Kamar mandi tentu memerlukan tempat penyimpanan untuk menaruh perlengkapan kamar mandi yang cukup banyak. Gantungan handuk, rak pasta gigi, sabun, sampo serta pewangi kamar mandi mutlak diperlukan. Tanpa penyimpanan yang memadai, perlengkapan tersebut akan membuat kamar mandi jadi berantakan.

    Buat kamar mandi lebih rapi dan nyaman dengan penyimpanan yang cukup. Misalnya perlengkapan dan aksesoris sanitari dari Germany Brilliant yang lengkap seperti tempat sabun, gantungan handuk hingga rak kamar mandi.
     
  5. Utamakan fungsi kamar mandi
    Kamar mandi bukan hanya sedap dipandang mata saja, tetapi juga harus mengutamakan fungsinya. Dimulai dari hal terkecil seperti penempatan perabot yang tepat, berfungsi dengan baik dan saling mendukung sebagai satu kesatuan.

    Misalnya, penempatan wastafel dengan cermin, lemari meja rias sekaligus penyimpanan. Kamu juga bisa merancang susunan motif keramik untuk dinding kamar mandi yang dipadukan dengan built-in shower dari material alumunium. Selain dapat berfungsi dengan baik, kamar mandi juga harus mudah dibersihkan, serta dapat diakses oleh siapa saja dan mudah digunakan oleh anak-anak maupun orang tua.

Apapun gaya desain kamar mandi kamu, pastikan untuk memperhatikan semua prinsip desain di atas. Selamat mencoba!

 

 

 

Penulis: DN


Kembali ke Daftar Artikel