Artikel

JENIS-JENIS AKSESORIS KAMAR MANDI YANG WAJIB ADA DI KAMAR MANDI

21 Maret 2024

Kamar mandi termasuk salah satu ruangan di rumah yang perlu dirawat dengan baik. Selain menjaga kebersihannya, kamar mandi perlu diberikan beberapa aksesoris tambahan. Aksesoris kamar mandi bisa menciptakan suasana kamar mandi yang nyaman dan menyenangkan.

Tak hanya itu, aksesoris kamar mandi dapat menjadi dekorasi ruangan dan membuat perlengkapan mandi menjadi lebih teratur. Selain itu, aksesoris seperti gantungan handuk, dispenser sabun, dan gantungan tisu jadi lebih mudah dijangkau saat mandi tanpa harus repot mencarinya terlebih dahulu. Dengan begitu, aktivitas mandi Anda jadi lebih nyaman dan efisien.

Nah, aksesoris kamar mandi apa saja yang perlu Anda punya? Berikut rekomendasinya!

1. Penyangga kaki (foot rest)

Penyangga kaki merupakan aksesoris yang wajib ada di kamar mandi. Apalagi, jika Anda memiliki anggota keluarga berusia lansia. Aksesoris ini berfungsi untuk menaruh kaki sehingga memudahkan Anda dalam menggosok bagian bawah tubuh.

Pilihlah penyangga kaki yang berbahan dasar kuningan agar tidak mudah berkarat dan korosi. Bila berkarat, justru dapat melukai kaki Anda dan aktivitas di kamar mandi jadi terhambat.


Penyangga Kaki GBYF30018 GB Sanitaryware. (Dok/GB Sanitaryware)

2. Sikat kloset

Sikat kloset juga penting di kamar mandi. Selain menggunakan jet washer, aksesoris ini memudahkan Anda dalam membersihkan sela-sela kloset. Pilihlah bagian cover dan tangkai sikat yang terbuat dari stainless steel SUS 304 atau ABS agar tidak mudah berkarat, korosi, serta aman digunakan.


Sikat Kloset GBSS2005 GB Sanitaryware. (Dok/GB Sanitaryware)

3. Tempat sabun

Tempat sabun di kamar mandi umumnya terbagi menjadi dua jenis, yaitu untuk sabun batang dan sabun cair. Karena sabun batang akan lebih sering terkena air dan bahan padat kimia, pilihlah yang berbahan dasar stainless steel SUS 304 atau ABS agar awet dan tahan lama. Selain itu, kedua material tersebut tahan karat dan korosi.


Tempat Sabun Batang GBN3DW GB Sanitaryware. (Dok/GB Sanitaryware)

Sementara pada sabun cair, Anda bisa menggunakan dispenser soap. Ada yang terdiri dari satu, dua, hingga tiga tabung. Anda bisa mengisinya dengan sabun, shampo, dan cairan kimia lainnya. Rata-rata kapasitas masing-masing tabung mencapai 500 ml dengan mode pencet manual. Jangan lupa pilih yang berbahan dasar ABS agar mudah digunakan dan dilepas pasang, ya!


Dispenser Sabun GBSD03-W GB Sanitaryware. (Dok/GB Sanitaryware)

4. Gantungan pel

Jika perlengkapan rumah tangga, misalnya saja pel diletakkan di kamar mandi, Anda perlu menggunakan gantungan pel agar terlihat rapi dan tidak memakan banyak tempat. Pilihlah gantungan pel yang multifungsi sehingga bisa digunakan juga untuk menggantung lap kamar mandi, serta berbahan dasar stainless steel SUS 304 atau ABS.


Gantungan GBY7PW GB Sanitaryware. (Dok/GB Sanitaryware)

5. Rak dinding / keranjang sabun

Untuk meletakkan alat mandi, Anda bisa menggunakan rak dinding. Ada yang bisa ditempel di permukaan dinding dan sudut kamar mandi. Pilihlah yang menggunakan material kuningan dan dilapisi krom agar tidak mudah berkarat dan korosi ketika terkena cipratan air.


Rak Dinding Sudut GBN79BW GB Sanitaryware. (Dok/GB Sanitaryware)

6. Rak gantung

Tersedia juga rak dinding dengan model gantung. Jenis ini bisa menjadi pilihan yang tepat jika perlengkapan mandi Anda cukup banyak. Sama seperti rak dinding sebelumnya, pilihlah yang menggunakan material kuningan atau stainless steel agar bisa digunakan dalam jangka waktu lama.


Rak Gantung GBY7-BMK GB Sanitaryware. (Dok/GB Sanitaryware)

7. Gantungan baju

Agar pakaian tidak terkena cipratan air, pasanglah gantungan baju di kamar mandi Anda. Aksesoris kamar mandi ini bisa ditempel di dinding kamar mandi ataupun di pintu kamar mandi. Bahkan, saat ini tersedia gantungan baju dengan desain modern dan anti-mainstream, yaitu dengan sistem tekan untuk mengeluarkan gantungannya. Gantungan baju ini umumnya berbahan dasar ABS dan dilapisi krom.


Gantungan Baju GBHP1B5 GB Sanitaryware. (Dok/GB Sanitaryware)

8. Tempat sikat gigi

Supaya sikat gigi dan pasta gigi rapi, Anda perlu menggunakan wadah khusus. Ada dua jenis yang bisa dijadikan pilihan, yaitu menggantung atau menggunakan gelas. Tempat sikat gigi menggantung umumnya dipasang atau ditempel di dinding kamar mandi dekat shower, sementara yang menggunakan gelas diletakkan dekat wastafel. Pilihlah sesuai dengan selera masing-masing.


Tempat Sikat Gigi GBY8893-W GB Sanitaryware. (Dok/GB Sanitaryware)

9. Kursi anti-selip

Jika anggota keluarga ada yang berusia lansia atau anak-anak, sebaiknya gunakan kursi anti-selip di kamar mandi. Aksesoris kamar mandi fungsinya hampir sama seperti penyangga kaki. Hanya saja, letak kursi ini bisa disesuaikan dengan posisi mandi Anda. Bagian kaki-kakinya pun terdapat anti-selip sehingga tidak mudah tergeser-geser.


Kursi Anti-selip GBSEAT-B GB Sanitaryware. (Dok/GB Sanitaryware)

10. Gantungan tisu multifungsi

Gantungan tisu atau roll paper holder juga direkomendasikan wajib ada di kamar mandi. Ada bermacam-macam gantungan tisu yang bisa dijadikan pilihan. Mulai dari gantungan tisu 1 roll, gantungan tisu 2 roll, hingga gantungan tisu multifungsi yang dilengkapi dengan shelf, laci penyimpanan, dan handrail (tiang pegangan).


Gantungan Tisu Multifungsi GBY50311-GM GB Sanitaryware. (Dok/GB Sanitaryware)

Pilihlah gantungan tisu yang berbahan dasar stainless steel SUS 304 ataupun ABS agar tidak mudah berkarat dan korosi. Aksesoris kamar mandi ini biasanya terdiri dari beberapa variasi warna, sebaiknya pilihlah yang sesuai dengan gaya kamar mandi Anda agar terlihat selaras dan estetik.


Double Paper Holder GBY8-E GB Sanitaryware. (Dok/GB Sanitaryware)

11. Gantungan handuk

Variasi gantungan handuk bermacam-macam. Ada yang menyerupai robe hook atau gantungan single, satu layer, dua layer, sampai tiga layer. Warnanya pun bermacam-macam. Robe hook bisa didesain dengan variasi warna-warni menggunakan ABS, sementara gantungan handuk berlayer lainnya umumnya menggunakan material  kuningan atau stainless steel.


Gantungan Handuk GBY6-MBH GB Sanitaryware. (Dok/GB Sanitaryware)

12. Hand dryer

Jika daya listrik memungkinkan, Anda bisa menggunakan hand dryer untuk mengeringkan tangan. Pilihlah hand dryer yang berbahan dasar ABS dengan desain minimalis dan modern.


Hand Dryer GBHD78 GB Sanitaryware. (Dok/GB Sanitaryware)

13. Afur

Selain untuk saringan pembuangan air, afur berfungsi sebagai penutup aliran untuk ditampung. Pada bathtub misalnya, terdapat button di bagian atas untuk menampung air dan digunakan untuk berendam.

Pilihlah afur yang tahan panas agar dapat digunakan dalam jangka waktu lama. Umumnya, afur menggunakan bahan dasar kuningan, ABS, dan stainless steel. Namun, material stainless steel biasanya hanya digunakan pada bagian pipa saja. Hindari afur yang menggunakan bahan dasar babet atau campuran timah dan besi karena mudah berkarat dan korosi.


Afur Wastafel VRAE02-B GB Sanitaryware. (Dok/GB Sanitaryware)

Saat ini, afur tersedia dalam berbagai variasi sehingga bisa disesuaikan dengan konsep dan warna wastafel, kitchen sink, ataupun bathtub hunian Anda.

 

 

 

Penulis : Nathasya Elvira


Kembali ke Daftar Artikel