Artikel

Pilihan Konsep Dapur yang Harus Kamu Tahu

06 November 2019

Kebersihan di dalam rumah menjadi kunci untuk membuat para penghuni terasa nyaman di dalamnya. Area yang perlu mendapat perhatian khusus adalah dapur dan kamar mandi. Usahakan untuk membersihkan area ini secara rutin, terutama dapur yang sebaiknya dibersihkan setiap kali ketika selesai menggunakannya.

Apalagi dapur menjadi salah satu ruang dalam hunian yang memiliki peran penting bagi para penghuni. Sejumlah bahan makanan akan diolah dan dimasak menjadi santapan yang nikmat di dapur. Selain fungsi dari dapur itu sendiri, konsep dapur juga harus dipertimbangkan secara matang. Dengan begitu, kamu bisa mendapat kenyamanan saat memasak di dapur yang memiliki nilai estetika tinggi.

 Adapun konsep dapur yang bisa kamu terapkan di dalam hunian, yaitu:

  1. Dapur bergaya tradisional

Dapur ini biasanya memiliki desain interior yang mampu menghadirkan kesan hangat dan elegan. Dari desain yang dibuat, dapur tradisional mampu mencerminkan kepribadian pemilik rumah dengan bertahan pada unsur keindahan dan kenyamanan. Makanya, ukuran dapur tradisional lebih luas untuk menampung lebih banyak anggota keluarga saat masak dan makan bersama.

Pemilihan warna untuk menerapkan gaya dapur tradisional juga terkesan soft and calm. Hal terpenting warna tersebut dapat mengeluarkan nuansa klasik atau kembali ke masa lampau. Ditambah lagi dengan aksesoris yang biasanya menggunakan elemen-elemen lokal.

Konsep di dapur tradisional tidak perlu menggunakan pencahayaan yang terang karena pencahayaan lebih mengutamakan sinar matahari yang masuk melalui jendela yang ada di dapur. Sementara untuk bahan material yang sering digunakan dalam konsep furnitur-nya, yaitu kayu, batu, dan logam. Para penganut konsep ini tak menuntut barang-barang mewah karena mereka bertahan pada elemen yang sedap dipandang mata saja.

  1. Dapur bergaya modern

Konsep dapur modern selalu memisahkan dua area, terdiri dari area basah dan area kering. Area dapur basah berfungsi sebagai tempat pengolahan makanan atau memasak berikut juga saat kamu harus mencuci sayuran atau mencuci piring setelah makan. Sementara area dapur kering hanya berfungsi untuk sekadar memanaskan makanan yang sudah jadi maupun tempat menaruh bahan-bahan perlengkapan di dapur.

Meski memiliki dua area, gaya dapur modern tidak memerlukan ukuran yang terlalu besar. Kondisi terpenting yaitu space di dapur tidak mengganggu ruang gerak. Penataan dapur harus diperhatikan secara rapi supaya keberadaan perkakas yang ada di dapur mampu berfungsi maksimal.

Jika melihat dari sisi pencahayaan, dapur ini biasa menggantungkan lampu kristal untuk penerangan. Pencahayaan juga didukung dengan pemilihan warna yang terang. Warna-warna yang sering diaplikasikan untuk dapur jenis ini yaitu krem, putih gading, ungu, atau emas. Sementara bahan material yang digunakan untuk meja atau lantai terbuat dari marmer.

Dari dua pilihan konsep dapur di atas, hanya kamu yang bisa menentukan mana konsep yang akan diaplikasikan untuk dapur di rumahmu. Beberapa hal lain yang harus diingat, yaitu ketersediaan air dan penempatan limbah rumah tangga. Masing-masing harus dipenuhi oleh konsep dapurnya agar kondisi dapur selalu terlihat sehat.

Perhatikan pula dalam pemilihan kitchen sink. Pilih produk kitchen sink yang lengkap dari Germany Brilliant karena bisa menyesuaikan dengan bentuk konsep dapur rumahmu. Seperti model kitchen sink VRGSA5 yang telah dilengkapi dengan cutting board, plastic holder, plastic bowl, dan plastic basket.

Semoga ulasan di atas bisa menambah wawasanmu seputar dapur yang kamu mau. Siapa tahu kamu mendapat ide untuk menata kembali dapur di rumahmu!

 

 

 

 

- AH-


Kembali ke Daftar Artikel