Sedang Mencari Rak Dapur? Simak Panduannya!

28 Februari 2021

Dapur adalah salah satu area di dalam rumah yang menyimpan cukup banyak perabot. Segala perkakas dan keperluan masak seperti kompor, panci, wajan, mangkuk, piring, alat makan sampai bumbu dapur tersimpan di sana. Belum lagi alat elektronik dapur seperti kulkas, dispenser, blender, rice cooker dan lain-lain.

Banyaknya perkakas bisa membuat dapur jadi tidak rapi. Merapikan alat-alat tersebut agar tertata tentu menjadi PR tersendiri. Solusinya adalah dengan menyimpan perkakas dan peralatan tersebut di dalam rak dapur. Jika kamu sedang mencari rak dapur untuk istana masakmu, yang paling utama adalah memilih yang paling sesuai dengan konsep dapurmu.

Agar tidak bingung, simak dulu pedoman dan referensi mencari rak dapur yang fungsional dan efisien. Dengan begitu, kamu juga memiliki gambaran dan pertimbangan untuk memilih rak dapur sesuai kebutuhan.

  1. Rak gantung desain terbuka

Rak model ini bisa dimanfaatkan sebagai display koleksi gelas dan piring cantikmu. Tinggi rak juga bisa diatur sejajar denganmu agar mudah dijangkau. Karena dibuat dengan desain terbuka, jangan lupa untuk membersihkan rak dan perkakas di dalamnya agar tidak berdebu. Rak dari material kayu palet sangat disarankan karena tidak gampang berjamur dan mudah dibersihkan.

  1. Rak model industrialis dan tahan karat

Dengan model rak yang minimalis bermaterial besi ini, kamu bisa menempatkannya di sudut dapur yang kosong. Ukuran besar atau kecilnya juga bisa disesuaikan dengan ukuran dapurmu. Rak dapur besi ini mudah dibersihkan dengan cara mengelapnya menggunakan kemoceng, sapu, tisu atau kain. Agar kesan industrial makin terasa, kamu bisa memilih rak yang menggunakan material baja karena warna dan permukaannya cenderung lebih kuat.

  1. Rak dapur kaca

Material kaca akan membuat rak dapur terlihat lebih elegan dan mewah. Kamu bisa memilih menggunakan rak kaca dengan model buka-tutup atau dibuat sliding. Kelebihan dari rak dapur model kaca ini adalah cocok untuk nuansa dapur berwarna apapun baik putih, hitam atau colorful. Kamu pun bisa betah berlama-lama di dalam dapur.

  1. Rak serbaguna dua kabinet

Dengan rak dapur dua kabinet, kegiatan memasak jadi lebih efektif. Kamu bisa memilih rak dapur bermaterial plastik karena cenderung lebih murah. Agar tidak terlihat murahan, pilihlah rak dapur berwarna netral seperti hitam atau abu-abu. Selain peralatan dapur, kamu juga bisa menaruh bumbu-bumbu masakan di dalam rak.

  1. Rak dapur bawah meja

Rak bawah meja sangat cocok untuk dapur berukuran kecil dan hunian anti banjir seperti apartemen bertingkat. Rak model ini sangat fungsional dan tidak membuat ruangan terasa sempit. Di dalam rak, kamu bisa menaruh perkakas dan peralatan memasak dalam beberapa area agar mudah dijangkau. Rajinlah membersihkan rak, membuatnya tetap kering dan baunya sedap agar tidak dihinggapi hewan seperti kecoak dan cicak.

  1. Rak dapur minimalis

Agar kesan minimalis semakin terasa, sebaiknya gunakan rak dapur berwarna putih dan polos. Model raknya juga bisa dipilih terbuka atau tertutup layaknya kitchen set. Jika ruangan terasa cukup, kamu juga boleh membuat rak dapur berukuran L atau U. Jangan lupa pencahayaan agar dapur tidak sumpek dan kurang cahaya karena tertutup rak.

Itulah panduan sebelum kamu membeli atau merancang model rak dapur untuk kegiatan memasakmu. Hadirnya rak dapur tentu akan semakin membuat dapur dan segala peralatannya jadi tertata rapi. Semoga desain-desain di atas bisa menginspirasi untuk mendekorasi dapur. Selamat bereksperimen!

 

 

 

Penulis : DN


Kembali ke Daftar Artikel