Kamar Mandi Sempit, Siasati Dengan Cara Ini

23 Februari 2021

Memiliki kamar mandi minimalis tentu akan menjadi tantangan tersendiri ketika harus menata perkakas di dalamnya. Dimulai dari menggunakan shower atau bak mandi, memilih kloset jongkok atau kloset duduk dan bagaimana penempatannya, sampai memberikan ruang untuk aksesoris seperti handuk, sikat atau vas bunga.

Banyaknya kebutuhan saniter pastinya akan membuat kamar mandi jadi terlihat penuh dan sumpek bila tidak tahu cara menata dan merapikannya. Agar kamar mandi kecil bisa efektif menyimpan banyak barang dan nyaman digunakan, siasati saja dengan cara berikut ini:

  • Pilih tema minimalis

Jika kamar mandi memiliki luas yang terbatas, tak usah mengharapkan konsep kamar mandi yang mewah seperti milik sultan. Aplikasikan saja konsep interior yang serba minimalis. Namun minimalis bukan berarti terbatas, melainkan cara jitu agar kamar mandi terlihat lebih luas.

Caranya, struktur interior harus didominasi warna lurus dan tegas. Gunakan palet warna yang bersih seperti putih dengan aksen kontras hitam atau abu. Gunakan pola keramik polos atau bermotif besar sehingga memeberikan efek luas. Penerangan juga harus sedemikian rupa agar ruangan terasa nyaman dan hangat.

  • Akali area shower

Memilih shower dari pada bak mandi adalah pilihan tepat untuk kamar mandi kecil. Area shower sendiri merupakan area basah untuk mandi atau membersihkan diri. Area ini biasanya memiliki sekat pemisah baik berupa partisi kaca, tirai atau pintu geser. Membiarkan ruang shower setengah terbuka juga menjadi trik agar ruangan tetap terasa luas.

Pemilihan shower juga perlu perhatian khusus. Built-in shower lebih cocok untuk area basah yang ditutup partisi. Sementara hand shower bisa menjadi pilihan untuk area setengah terbuka. Salah satu shower yang bisa kamu pilih adalah shower Germany Brilliant yang memiliki beragam tipe (built-in, hand shower), ukuran dan warna.

  • Wastafel yang tepat

Penempatan wastafel yang salah akan mengganggu jalur bahkan semakin mempersempit kamar mandi yang 'seadanya'. Beberapa trik yang bisa kamu gunakan antara lain:

- Meletakkan wastafel berhadapan dengan kloset duduk. Hal ini lebih baik dari pada menempatkannya di seberang shower karena alur kamar mandi akan terlihat canggung.

- Menyesuaikan ruangan dengan ukuran wastafel yang pas, seperti wastafel gantung atau yang berkaki ramping.

- Memilih wastafel sudut karena selain menghemat tempat, ukuran dan bentuknya juga unik.

- Menempatkan wastafel di luar kamar mandi. Cara ini adalah solusi terakhir bila ruang kamar mandi sudah tak bisa diakali lagi.

Jika bingung memilih wastafel yang pas, Germany Brilliant memiliki produk wastafel dengan berbagai ukuran yang bisa disesuaikan untuk kamar mandi minimalis kamu.

  • Rak gantung serbaguna

Kamar mandi akan terasa nyaman bila seluruh peralatan dan perlengkapan untuk sanitari sudah siap dan selalu ada setiap saat. Caranya tentu saja dengan menempatkan rak gantung yang bisa digunakan untuk menaruh sikat gigi, sabun, sampo hingga shower puff.

Agar lebih nyaman, pilihlah rak gantung yang memiliki gantungan handuk di bawahnya agar semua perlengkapan bisa terkumpul di satu tempat dan tidak tercecer di area lain yang membuat kamar mandi kian sempit. Tambahkan dekorasi cantik seperti cermin dan vas bunga agar kamar mandi terasa lebih luas dan nyaman.

Sudah mendapat inspirasi? Yuk, coba evaluasi ulang kamar mandimu. Ada banyak peluang penataan ulang agar kamar mandi kecil tetap nyaman maksimal. Penempatan perkakas dan aksesoris yang tepat akan menjadi sebuah aransemen kamar mandi mungil yang apik. Jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan kamar mandi ya.

Semoga bermanfaat.

 

 

 

Penulis : DN


Kembali ke Daftar Artikel