Artikel

CATAT! INI JENIS-JENIS SHOWER KAMAR MANDI YANG PERLU DIKETAHUI

10 Juli 2023

Hampir semua kamar mandi rumah modern sudah menggunakan shower. Selain tidak membutuhkan banyak ruang, penggunaan shower dapat menghemat air lebih banyak dibandingkan menggunakan bathtub atau bak mandi. Maintenance shower pun tergolong murah. Bahkan, sobat GB bisa memasang sendiri tanpa bantuan teknisi.

Ada berbagai macam jenis shower yang dijual di pasaran dengan harga yang bervariasi serta fitur-fitur yang beragam. Memilih shower pun tidak hanya dilihat dari desain dan harganya saja, tapi juga harus disesuaikan dengan ukuran kamar mandi dan fitur yang diperlukan. Tentunya, semakin banyak fitur yang digunakan, semakin mahal pula budget yang perlu dipersiapkan.

 

Beberapa jenis shower yang umum digunakan di kamar mandi adalah:

1. Head shower

Di antara berbagai macam bentuk-bentuk shower, model head shower atau sering disebut rain shower bekerja lebih simple layaknya air hujan yang membasahi kepala. Kelebihan model shower ini adalah tidak mudah kotor karena posisinya statis alias tidak akan berubah. Hanya saja, jenis pancuran air ini sulit menjangkau beberapa bagian tubuh sehingga kita perlu memutarkan tubuh saat membersihkannya.

2. Body shower

Jika sobat GB menginginkan shower yang memancarkan air dari dua arah, yakni atas dan depan, maka model shower ini bisa menjadi pilihan. Bahkan, saat ini ada body shower yang dilengkapi dengan hand shower juga, lho!

Pada model ini, kita bisa mengatur tekanan air dan suhu agar aktivitas di kamar mandi lebih menyenangkan. Kebalikan dari head shower, body shower justru mampu menjangkau semua bagian tubuh sehingga tidak perlu bolak-balik memutarkan badan.

3. Hand shower

Hand shower adalah jenis shower yang paling sering ditemui. Penggunaannya sangat mudah karena bisa diarahkan ke berbagai arah karena kita yang pegang kendali gagang shower saat mandi.

Selain itu, tak sedikit yang menggabung hand shower dengan bathtub sehingga semakin memudahkan kita saat mandi. Jika perlu mandi dengan waktu cepat, kita bisa menggunakan shower. Sebaliknya, jika ingin bersantai untuk menikmati waktu, kita bisa menggunakan bathtub.

4. Waterfall shower

Jika sobat GB menginginkan konsep kamar mandi yang mewah, model pancuran air ini bisa menjadi pilihan. Sesuai dengan namanya, shower ini mengeluarkan air seperti air terjun pada umumnya. Namun, model shower ini kurang cocok untuk digunakan pada kamar mandi kecil, melainkan pada kamar mandi luas atau terbuka.

 

Semoga artikel ini dapat membantu sobat GB dalam memilih shower terbaik untuk kamar mandimu, ya!

 

 

 

Penulis: Nathasya Elvira


Kembali ke Daftar Artikel