Artikel

INI YANG WAJIB ADA DI KAMAR MANDI CAFE!

11 Oktober 2023

Kenyamanan sebuah cafe tak hanya dilihat dari desain dan menu yang disajikan, melainkan juga kamar mandi yang tersedia. Apalagi, cafe menjadi tempat umum yang sering dikunjungi dalam waktu lama. Bila fasilitas yang tersedia–kamar mandi misalnya–tidak nyaman, tentu membuat orang menjadi kapok dan tak mau berkunjung lagi.

Lalu, apa saja, sih, perlengkapan kamar mandi esensial yang wajib ada di kamar mandi cafe? Ini rekomendasinya!

1. Wastafel

Wastafel menjadi perlengkapan yang wajib ada di kamar mandi cafe. Sebenarnya, wastafel bisa diletakkan di dalam maupun luar kamar mandi. Namun, jika diletakkan di luar, pastikan tidak jauh dari bilik kamar mandi, ya.

Jika kamar mandi cafe berukuran kecil, gunakan wastafel gantung agar tidak sempit. Sebaliknya, bila berukuran besar, Anda bisa menggunakan wastafel counter top ataupun pedestal yang memiliki penyangga.

Kamar mandi cafe umumnya dibuat se-estetik mungkin tanpa mengurangi fungsinya. Salah satunya menggunakan wastafel crystal glass Germany Brilliant. Ini adalah wastafel terbaru Germany Brilliant dengan tipe GBW17 series untuk model lingkaran, GBW18 series untuk model persegi panjang, dan GBW19 series untuk model persegi.

Crystal glass basin Germany Brilliant beda dari wastafel lainnya! Minimalis, mewah, dan transparan menjadi daya tarik edisi ini. GBW17 series dan GBW19 series tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu hitam dan putih transparan. Sementara GBW18 series tersedia pada tiga pilihan warna, mulai dari hitam, putih transparan, dan ungu.

Gambar : poster GBW17, GBW18, dan GWB19 series

2.  Hand dryer

Perlengkapan kamar mandi cafe berikutnya adalah hand dryer. Alat ini berfungsi untuk mengeringkan tangan basah setelah mencucinya. Letakkan hand dryer dekat wastafel agar pengunjung mudah menjangkaunya. Pilihlah hand dryer yang rendah watt agar hemat listrik.

3. Dispenser sabun

Selain wastafel dan hand dryer, dispenser sabun juga wajib ada di kamar mandi. Sebab, mencuci tangan hanya dengan air tidak cukup efektif untuk membunuh kuman dan bakteri. Gunakan dispenser sabun yang bisa menempel pada dinding kamar mandi agar tidak memakan tempat.

Dispenser sabun GBSD01 series Germany Brilliant pilihannya! Aksesoris kamar mandi ini dirancang dengan gaya eksklusif dan modern untuk menghasilkan karya seni yang bernilai tinggi. Memiliki 1 tabung untuk sabun dan bergaransi 3 tahun.

Gambar : GBSD01

4. Tempat tisu

Setiap kamar mandi umumnya menyediakan tempat tisu, baik di dalam maupun di luar kamar mandi. Biasanya, tempat tisu yang digunakan di dalam kamar mandi berbentuk gulungan dan tisu yang digunakan lebih kasar. Fungsinya untuk membersihkan diri setelah pembilasan.

Sementara untuk mengeringkan tangan, Anda bisa menggunakan tisu pengesat atau tisu dapur yang teksturnya lebih tebal dan kasar dibandingkan tisu kamar mandi. Jenis tisu ini tidak mudah hancur saat terkena air dan daya serapnya tinggi. Tempat tisu pengesat umumnya berbentuk persegi dan diletakkan di samping wastafel, baik dilelatakkan di atas meja maupun ditempel di dinding.

Gambar : GBY8891-W

5. Tempat sampah

Pastikan setiap kamar mandi memiliki tempat sampah. Bila cafe hanya memiliki satu kamar mandi, tempat sampah bisa diletakkan di luar bilik. Namun, jika memiliki beberapa bilik, pastikan setiap ruangan tersedia tempat sampah sehingga kamar mandi tetap bersih dan nyaman.

6. Pengharum ruangan

Selain estetik dan menu yang memadai, kenyamanan pengunjung juga dipengaruhi oleh bersih atau tidaknya kamar mandi. Ya, kamar mandi umum biasanya lebih cepat bau dibandingkan kamar mandi di rumah. Sebab, kamar mandi ini cukup sering dikunjungi oleh banyak orang berbeda.

Agar kamar mandi tetap segar dan tidak menimbulkan bau, tak ada salahnya memasang pengharum ruangan otomatis atau lilin aromaterapi. Pastikan wewangian yang dipilih tidak mencolok, ya!

 

 

 

Penulis : Nathasya Elvira


Kembali ke Daftar Artikel