Artikel

Rapikan Rumahmu setelah Lebaran

27 Mei 2020

Tidak mudik dan tidak piknik saat libur lebaran di tengah pandemi Corona membuat kesibukan di rumah semakin bertambah. Aktivitas yang dilewatkan bersama keluarga memaksa kita untuk selalu membuat rumah terlihat rapi dan bersih. Rasa malas tak boleh jadi halangan apalagi untuk merapikan rumah setelah lebaran.
    
Kalau keadaan rumah sudah berantakan, bukan tak mungkin debu dan bakteri berserakan didalamnya. Kondisi demikian bisa berimbas pada daya tahan tubuh yang mudah terserang penyakit. Oleh karena itu, rajin merapikan rumah menjadi kewajiban supaya kesehatan seluruh penghuni rumah tetap dalam kondisi bugar.

  1. Cuci peralatan untuk membersihkan rumah

    Alat-alat seperti sapu, kain pel, kain lap, atau spons pasti sering digunakan saat lebaran. Bakteri sangat mudah bersarang pada alat-alat tersebut setelah selesai digunakan. Ada baiknya, bersihkan terlebih dahulu peralatan pembersih rumah tersebut.

    Rendam sapu, kain pel, atau kain lap dengan larutan detergen. Setelah direndam, coba jemur alat-alat tersebut di bawah cahaya matahari. Hal ini bisa dilakukan setiap saat setelah selesai memakai alat pembersih itu. Bila rutin melakukannya, maka alat tidak terasa lembap sehingga perkembangbiakan kuman tak akan menjadi sarang terlalu lama.

    Untuk spons, coba rendam di dalam air panas yang telah tercampur detergen. Diamkan beberapa menit dan remas saat membilas dengan air. Kalau sudah dilakukan, maka spons terlihat lebih higienis.
     
  2. Singkirkan pakaian dan peralatan makan yang menumpuk

    Tumpukan pakaian dan peralatan makan yang kotor setelah digunakan menjadi pemandangan yang biasa terlihat setelah lebaran. Jika dibiarkan, tumpukan tersebut akan semakin banyak. Kita butuh waktu yang lama untuk membersihkan satu per satu.
        
    Jangan menunggu pakaian dan peralatan makan yang kotor tersebut menumpuk. Ada baiknya segera cuci pakaian sehari sekali. Begitu juga peratalan makan yang sudah selesai digunakan langsung dicuci di bak cuci piring yang ada di dapur. Dengan begitu, kita tak punya tanggung jawab pekerjaan rumah yang banyak untuk keesokan hari.
     
  3. Bersihkan dinding kamar mandi dengan cuka dan lemon

    Selain dapur, kamar mandi jadi tempat paling kotor setelah lebaran. Sisi kloset, dinding, dan sudut kamar mandi kadang menjadi hal yang sulit dibersihkan. Apalagi kalau kerak atau noda sudah menempel di sana.

    Untuk membersihkannya, coba semprotkan cuka pada dinding kamar mandi. Diamkan sesaat lalu siram dengan air panas sambil digosok menggunakan sikat halus. Setelah disikat, diamkan kembali dan bilas hingga bersih.

    Selain cuka, lemon juga bisa dioleskan pada dinding yang berkerak atau penuh noda. Siram perlahan dengan air panas. Kemudian gosok dinding dengan sikat . Bilas sampai bersih.

    Sekotor apapun rumahmu di hari lebaran pasti bisa dibersihkan. Sempatkan diri dan jangan menunda karena kebersihan wajib jadi prioritas utama. Ajak semua anggota keluarga untuk terlibat didalamnya sehingga energi positif bisa tercipta. 


Semangat rapikan rumah setelah lebaran. Jika ada yang mau dikonsultasikan seputar kamar mandi di rumah, segera hubungi kontak WhatsApp Germany Brilliant untuk mendapat solusi terbaik!!

 

 

Penulis : AH


Kembali ke Daftar Artikel