Artikel

Tips Mempertajam Pisau Dapur

07 Agustus 2021

Pisau adalah salah satu alat masak yang paling sering digunakan. Dengan pisau yang tajam, memasak akan jauh lebih mudah. Pisau dapur yang tajam dapat menghasilkan potongan yang rapi tanpa perlu ditekan dengan keras.

Penggunaan pisau dapur yang praktis bisa membuat proses pengolahan makanan jadi lebih aman. Namun jika pemakaian cukup intens, ketajaman pisau dapur dapat menumpul. Untuk mengembalikan kekuatan da ketajamannya, Kamu perlu mempertajam pisau dapur secara rutin.

Bagaimana caranya? Kamu bisa mempraktekan beberapa teknik di bawah ini untuk mempertajam pisau dapur yang direkomendasikan oleh juru masak handal.

1. Batu pengasah

Cara paling efektif untuk mempertajam pisau dapur, salah satunya dengan menggunakan batu pengasah. Cara ini membutuhkan beberapa percobaan dan latihan untuk mendapatkan hasil yang sempurna, namun teknik ini dapat dipelajari dengan mudah.

Langkah-langkahnya:

- Ambil pisau yang akan diasah. Siapkan satu buah batu pengasah yang salah satu sisinya memiliki permukaan yang lebih kasar dan sisi lainnya memiliki permukaan yang halus.

- Sebelum mulai menggoreskan pisau, basahi permukaan batu dengan air. Hindari penggunaan minyak atau pelumas karena cairan ini hanya akan menutup pori-pori batu asah sehingga membuat bagian ujung pisau rusak karena tergerus.

- Genggam pisau membentuk sudut 20 derajat dari bidang batu asah, lalu goreskan pisau pada sisi batu yang lebih kasar sebanyak 10 kali, begitupun pada sisi yang lebih halus. Ulangi langkah tersebut untuk sisi pisau yang lain.

2. Stik baja penajam

Mempertajam pisau bisa juga dengan baja untuk menghaluskan sisi pisau yang kasar setelah mempertajamnya dengan menggunakan batu pengasah. Teknik ini juga membantu menguatkan jenis pisau dapur yang digunakan secara intens untuk memotong bahan makanan yang cukup keras. 

Caranya:

- Tancapkan mata baja penajam pada permukaan talenan atau papan kayu. Pegang bagian ujungnya dengan tangan kirimu.

- Genggam pisau di tangan kanan sambil membentuk sudut 20 derajat ke arah baja penajam.

- Goreskan pisau ke arah bawah baja penajam, kemudian tarik kembali ke arahmu. Mulailah menggores pada bagian atas baja. Ulangi sebanyak kurang lebih sepuluh kali.

- Lakukan hal yang sama untuk sisi pisau yang lain.

3. Baja pengasah

Setelah pisau dapur berhasil diasah, ada baiknya untuk mengasah kembali ketajamannya sehingga lebih bertahan lama. Mengasah dan mempertajam pisau dapur adalah dua hal yang berbeda. Pengasahan tidak menggerus material pisau, melainkan menghaluskan tekstur ujung pisau yang masih bergerigi.

Mengasah untuk mempertajam pisau dapur dapat dilakukan dengan menggunakan baja pengasah. Bentuk bajanya sendiri serupa dengan tongkat baja penajam, tapi ada juga yang berupa lempengan. 

Ikuti langkah berikut:

- Arahkan pisau dapur ke arah baja pengasah, usahakan membentuk sudut 20 derajat.

- Gesekkan pisau ke baja pengasah. Gerakan yang dilakukan adalah mendorong pisau ke depan dan belakang sebanyak 5-7 kali, bukan mengarahkan pisau ke bagian bawah baja pengasah yang ditancapkan.

- Asah pisau pada sisi baja pengasah yang lain. Ulangi langkah yang sama untuk sisi pisau lainnya.

Mempraktekan teknik mempertajam pisau dapur tidak sulit, bukan? Mempertajam pisau dapur berarti menyelaraskan kembali kemampuannya dalam pengolahan bahan makanan yang tepat dan aman. Jangan lupa untuk berhati-hati saat mencobanya agar jari atau tanganmu tidak teriris. 

Temukan artikel menarik lainnya di blog Germany Briliant!


Kembali ke Daftar Artikel