Artikel

TIPS MEMILIH SHOWER YANG TEPAT DAN IDEAL UNTUK HUNIAN ANDA

01 Maret 2024

Shower atau pancuran air di kamar mandi kini semakin marak digunakan, terutama pada hunian dengan konsep minimalis dan modern. Ya betul, banyak orang yang sudah bertransformasi dari penggunaan bak mandi dan gayung menjadi menggunakan shower di kamar mandi.

Faktanya, selain hemat tempat dan air, penggunaan shower bisa meningkatkan nilai estetika kamar mandi, lho. Di samping itu, faktor kenyamanan saat digunakan mandi menjadikan shower lebih baik dibandingkan sanitary konvensional, seperti bak mandi dan gayung.

Shower menjadi pilihan terbaik jika ukuran kamar mandi Anda minimalis karena tidak membutuhkan banyak tempat. Pancuran air ini juga kerap digunakan di kamar mandi atau ruang bilas kolam renang, kamar mandi rest area, hingga rumah sakit.

Terlebih lagi, saat ini proses pemasangan shower di kamar mandi bisa dilakukan sendiri karena sebagian besar sudah dilengkapi dengan manual book atau buku panduan. Meski begitu, bukan berarti proses pemasangan shower di kamar mandi bisa dilakukan asal-asalan, ya! Bila ragu, ada teknisi yang bisa membantu proses pemasangannya.

Nah, apakah sobat GB termasuk salah satu yang baru akan menggunakan shower di kamar mandi? Atau, sedang mencari shower baru untuk upgrade kamar mandi Anda? Simak tips berikut ini supaya nggak salah pilih: https://www.instagram.com/reel/C4IU-auKck8/

 

1. Bahan dasar berkualitas

Bahan dasar atau material terbaik yang cocok untuk shower adalah kuningan. Mengapa? Karena kuningan dikenal tahan air sehingga tidak mudah berkarat atau korosi.

Mixer shower set GB Sanitaryware. (Doc/GB Sanitaryware)

Mixer shower set GB Sanitaryware. (Dok/GB Sanitaryware)

Namun, saat memilih shower, Anda perlu cermat dan teliti. Sebab, saat ini banyak shower yang berbahan dasar babet, yakni campuran timah dan besi. Lantas, bagaimana cara mengetahuinya? Ada dua cara yang bisa dilakukan, yakni membelah shower menjadi dua agar kelihatan bagian dalamnya, serta melalui user experience. Jika shower terbuat dari babet, biasanya akan sering terjadi kendala dan cepat berkarat sehingga tidak bisa digunakan dalam jangka waktu lama.

Ada juga shower yang dilapisi dengan krom untuk memberikan kesan mewah dan efek mengkilap. Sebaiknya, pilihlah shower yang memiliki lapisan krom tebal. Lapisan krom pada umumnya memiliki ketebalan di atas 5 mikron. Hasilnya pun juga tidak akan mengecewakan, lho!

 

2. Perhatikan ukuran shower

Mixer shower set GB Sanitaryware. (Dok/GB Sanitaryware)
 

Shower yang digunakan harus sesuai dengan ukuran kamar mandi dan kebutuhan anggota keluarga Anda. Sebaiknya, pilihlah shower yang ketinggiannya bisa diatur, terutama untuk head shower. Jika ketinggiannya bisa diatur, maka shower tersebut bisa digunakan oleh semua kalangan. Umumnya, standard ketinggian shower berada di  2 hingga 2,30 meter.

Ukuran hand shower juga perlu disesuaikan. Pilihlah hand shower yang modelnya minimalis sehingga mudah digenggam saat digunakan. Mungkin terlihat sepele, tetapi ini sangat mempengaruhi kenyamanan aktivitas mandi Anda, lho.

Pada bagian spout keran, perhatikan jarak ukurannya. Ya, jarak spout keran akan mempengaruhi aktivitas pembilasan Anda, wudhu salah satunya, agar lebih nyaman dan tidak terlalu dekat dengan dinding kamar mandi.

 

3. Jenis dan Fungsi shower

Ada berbagai jenis shower yang perlu Anda ketahui. Mulai dari head shower, hand shower, spout keran, dan jet washer. Masing-masing shower tersebut punya fungsinya masing-masing.

Spout keran di shower GB Sanitaryware. (Dok/GB Sanitaryware)

Misalnya, head shower memudahkan saat mandi karena cukup berdiri di bawah pancuran dan air akan mengaliri tubuh kita. Kemudian, hand shower dinilai lebih fleksibel dan bisa disesuaikan dengan keinginan kita. Sementara pada spout keran memudahkan kita untuk wudhu, dan jet washer untuk membersihkan sela-sela kamar mandi yang tidak dapat dijangkau oleh spout keran.

Sebaiknya, gunakan shower yang bisa mengakomodasi kebutuhan semua anggota keluarga, seperti mixer shower set GB Sanitaryware yang terdiri dari head shower, hand shower, spout keran, gantungan, dan shelf atau rak untuk meletakkan alat mandi. Mixer shower set ini bisa dikatakan smart shower karena sudah multifungsi dan bisa mengakomodasi semua kebutuhan anggota keluarga.

 

4. Fitur terbaik

Multi button shower GB Sanitaryware. (Dok/GB Sanitaryware)

Saat ini banyak shower yang sudah dilengkapi dengan fitur canggih, seperti fitur multi button untuk mengatur pancuran air dari head shower, hand shower, dan spout keran. Selanjutnya adalah fitur pengatur suhu untuk membantu Anda menentukan mandi dengan air dingin atau air panas. Dengan adanya fitur ini, aktivitas mandi akan lebih nyaman dan menyenangkan, terutama saat terjadi perubahan cuaca. Fitur lain yang tak kalah penting wajib ada di shower adalah filter air. Fitur ini berfungsi untuk menyaring kotoran sehingga air yang keluar dari shower lebih jernih dan berkualitas.

 

5. Kesesuaian design

Pilihlah shower yang senada dengan granit atau konsep kamar mandi. Kesenadaan ini akan membuat kamar mandi dan shower tampak serasi dan menyatu. Betul sekali, bukan hanya soal fungsi, tetapi tampilan dan fashion kamar mandi bisa meningkatkan kualitas kamar mandi dan mempengaruhi mood Anda sebelum beraktivitas.

Kamar mandi tema monokrom by GB Sanitaryware. (Dok/GB Sanitaryware)

 

6. Suku cadang tersedia

Karena harga shower cukup bervariasi, pastikan shower yang Anda pilih memiliki suku cadang lengkap sehingga jika sewaktu-waktu terjadi kendala atau kerusakan masih bisa diganti, kemudian kembali digunakan dengan normal.

Pilihlah brand shower yang sudah menyediakan nepple dengan ukuran ½ inch sehingga tidak perlu membelinya secara terpisah. Pada umumnya, jarak lubang AS shower adalah ukuran ½ cm. Sementara jarak lubang AS air panas dan air dingin adalah 15 sampai 17 cm.

 

7. Bergaransi

Yang tak kalah penting, pilihlah shower yang bergaransi. Apabila terjadi kendala teknis, Anda dapat langsung menghubungi customer care melalui layanan pelanggan. Biasanya, produk bergaransi juga menyediakan suku cadang sehingga membuat Anda lebih mudah, aman, dan nyaman saat menggunakannya.

 

 

 

Penulis : Nathasya Elvira


Kembali ke Daftar Artikel