Artikel

TIPS MERAWAT KLOSET KAMAR MANDI AGAR TETAP KINCLONG DAN BERKILAU

13 April 2024

Menjaga kebersihan kamar mandi merupakan langkah penting untuk kesehatan keluarga. Salah satu yang perlu diperhatikan di kamar mandi adalah kloset. Kenapa? Pasalnya, kloset menjadi tempat yang paling sering terkontaminasi dengan bakteri maupun kuman melalui air urine, feses, dan limbah lainnya.

Umumnya, kloset dibagi menjadi dua jenis, yaitu kloset duduk dan kloset jongkok. Namun, kloset duduk menjadi pilihan terbaik saat ini jika dibandingkan dengan kloset jongkok. Kloset duduk punya beberapa kelebihan, salah satunya lebih hemat air dan mudah digunakan dalam semua kalangan, terutama pada anak-anak dan lansia. Ya, bagi lansia, kloset duduk lebih mudah digunakan saat buang air, begitu pun juga pada anak balita yang sedang belajar toilet training.

Karena sering digunakan sehari-hari, kloset perlu dibersihkan secara rutin. Selain menjaga kebersihan kamar mandi, hal ini dilakukan sebagai salah satu bentuk perawatan kloset agar berfungsi maksimal dan tahan lama.

Berikut ini beberapa tips mudah untuk merawat kloset kamar mandi agar tetap kinclong dan berkilau.

1. Buka bagian-bagian kloset


Seat Cover GBTN999N GB Sanitaryware. (Dok/GB Sanitaryware)

Untuk memudahkan Anda saat membersihkan kloset, buka bagian-bagian kloset terlebih dahulu. Kloset terdiri dari dua bagian, yaitu body dan tangki kloset. Pada bagian body kloset, sebaiknya lepas bagian tutup kloset dan seat cover.

2. Bersihkan body kloset


Membersihkan body kloset GB Sanitaryware. (Dok/GB Sanitaryware)

Setelah dilepas satu per satu, bersihkan sela-sela badan kloset menggunakan sikat kloset. Biasanya, hal ini sulit dilakukan jika seat cover masih terpasang. Kemudian, bersihkan juga sela-sela bracket dan seat cover menggunakan cairan pembersih khusus kloset. Jangan lupa bilas menggunakan air bersih agar cairan pembersih tidak menempel di badan kloset.

3. Perawatan tangki kloset secara berkala

Perawatan tangki kloset juga sangat penting, khususnya pada bagian dalam tangki. Karena digunakan dalam jangka waktu panjang dan perbedaan kualitas air, bagian dalam tangki air biasanya timbul lumut, jamur, ataupun kerak air dan menempel pada body tangki kloset. Ini harus dibersihkan secara rutin menggunakan sikat halus. Setelah itu, siram menggunakan air bersih sehingga kotoran yang menempel akan ter-flushing ke bagian bawah kloset.

Pastikan juga Anda membersihkan bagian tombol flushing, bagian bawah tangki, dan sparepart isi tangki sehingga fungsi mekanikal kloset tidak terhalang oleh kotoran yang menyebabkan kebocoran dan penyumbatan. Jika tombol flushing berbahan dasar krom, bersihkan menggunakan cairan pembersih krom agar kembali mengkilap.

Setelah tangki kloset dibersihkan, tambahkan cairan pembersih atau pewangi yang dimasukkan ke dalam tangki air agar kloset menjadi bersih dan wangi.

4. Periksa bagian stop keran dan flexible

Hal penting yang juga perlu dilakukan adalah membersihkan stop keran dan selang flexible. Buka selang flexible dan bersihkan bagian dalamnya menggunakan air bersih. Kemudian, pasang kembali dan kencangkan agar tidak terjadi kebocoran. Bersihkan pula bagian luar stop keran dan keran flexible menggunakan sikat gigi bekas atau kain halus untuk menghilangkan noda yang menempel.

 

Selamat mencoba!

 

 

 

Penulis : Nathasya Elvira


Kembali ke Daftar Artikel