Agar Tetap Nyaman, Bersihkan Toilet Dengan Rutin

02 Agustus 2020

Meski memiliki citra sebagai ruangan yang kotor, toilet harus selalu bersih agar tetap wangi, rapi dan nyaman. Fungsi toilet memang untuk tempat pembuangan kotoran atau limbah ekskresi sehingga berpotensi menjadi sumber penyakit dan bau. Bila tak dibersihkan secara rutin, orang yang menggunakannya pun akan merasa tidak nyaman.

Membersihkan toilet memang membutuhkan waktu lama dan tenaga ekstra. Membersihkan toilet juga harus rela basah-basahan, apalagi jika toilet bersebalahan langsung dengan kamar mandi yang harus dibersihkan sekaligus. Semakin lama dibiarkan, maka akan semakin sulit kotoran dibersihkan.

Agar tetap nyaman, cobalah untuk membersihkan toilet secara rutin dengan cara-cara berikut ini:

  • Sikat dengan cairan pembersih
    Kloset adalah perkakas esensial dan pusat dari sebuah toilet. Baik kloset duduk ataupun jongkok harus dibersihkan secara berkala. Caranya, dengan menyikat dan membersihkannya menggunakan cairan pembersih. Cukup tuangkan cairan pembersih ke dalam kloset, tunggu beberapa saat hingga cairan tersebut bereaksi. Setelah itu, gosok dengan sikat khusus kloset. Jangan lupa untuk menyikat bagian penutup kloset juga.

     
  • Gunakan cuka dan soda kue
    Cairan pembersih berpotensi membuat iritasi saat membersihkan area toilet. Sebagai alternatif, cobalah beralih ke bahan pembersih alami berupa campuran cuka dan soda kue.

    Cara membuatnya cukup mudah. Pertama, panaskan 200 ml cuka hingga suhu 40 derajat Celsius kemudian tuangkan 1 sendok makan soda kue. Setelah larut, tuangkan campuran ke area toilet yang kotor, termasuk di bagian dalam kloset. Diamkan selama beberapa jam hingga kotoran membandel hilang dengan sendirinya. Campuran ini mampu menghilangkan kerak, karat, bau tidak sedap, serta menyingkirkan bakteri e-coli.

     
  • Manfaatkan minuman bersoda
    Selain memanfaatkan cuka dan soda kue, kamu juga bisa mencoba minuman bersoda untuk membersihkan toilet. Dibalik kemasan dan rasanya yang menyegarkan, minuman bersoda ternyata cukup ampuh menyingkirkan kotoran serta noda kekuningan pada keramik, bahkan bisa juga sebagai penghilang karat.

    Caranya, siapkan minuman bersoda dalam kemasan kaleng kemudian tuangkan ke dalam lubang kloset dan tutup kloset tersebut. Diamkan selama satu malam kemudian siram dengan air bersih dan kloset akan mengkilap. Untuk membersihkan lantai keramik toilet di bagian sudut, kamu bisa menggunakan cara serupa.

     
  • Sikat lantai toilet
    Kotoran debu atau tanah terbawa oleh tubuh dan mengendap di sela-sela permukaan lantai toilet tanpa disadari. Kotoran tersebut juga tidak semuanya bisa hilang setelah disiram air. Bila dibiarkan terlalu lama, kotoran akan menjadi kerak membandel.

    Biasakan rutin menyikat lantai toilet setidaknya seminggu sekali. Gunakan sabun colek dan sikat lantai. Dengan begitu, lantai akan terlihat bersih dan kamu tidak perlu bersusah payah menggosoknya.

     
  • Bersihkan kaca dan cermin
    Salah satu aksesoris yang umumnya ada di dalam toilet adalah kaca atau cermin. Tanpa disadari, cermin berisiko terkena cipratan air setiap saat. Apabila dibiarkan dalam waktu lama, permukaan kaca atau cermin yang terkena cipratan air akan menjadi buram dan ditumbuhi jamur.

     

Biasakan untuk segera mengeringkan cipratan air yang menempel dengan kain lap. Apabila ada noda, hilangkan dengan semprotan khusus kaca dan cermin. Kemudian bersihkan menggunakan wiper atau kain lap hingga kering sempurna.

Toilet yang bersih bukan hanya pangkal sehat, tetapi juga menciptakan kesan baik terhadap pemilik hunian. Dengan membersihkannya secara rutin, toilet akan menjadi tempat yang nyaman. Bila kamu sedang mencari produk toilet yang fungsional, fashionable dan mudah dibersihkan, Germany Brilliant adalah jawabannya. Ada pula aksesoris toilet yang bisa mempercantik tampilan toiletmu.

So, jangan salah pilih. It must be GB.

 

 

 

Penulis: DN


Kembali ke Daftar Artikel