Artikel

Penting! Alat Kebersihan Ini Wajib Tersedia di Rumah

28 Juli 2020

Kebersihan adalah sebagian dari iman

Bersih pangkal sehat

Sejak kecil kalimat peribahasa tersebut pasti selalu kita dengar. Kebersihan membuat hidup menjadi lebih sehat serta jauh dari bakteri kuman dan penyakit. Menjaga kebersihan pun bisa dimulai dari rumah, di tempat di mana kita banyak menghabiskan waktu.

Untuk menjaga kebersihan rumah bisa dengan memanfaatkan berbagai alat kebersihan rumah. Bila rutin dibersihkan, rumah pun akan terlihat rapi, segar dan nyaman dihuni. Untuk menunjang kebersihan rumah, berikut adalah berbagai alat kebersihan rumah yang wajib dimiliki oleh Sobat GB.

Sapu dan pengki

Ini adalah sepasang perabotan paling umum yang wajib dimiliki setiap rumah. Pasalnya, lantai adalah bagian rumah yang paling mudah kotor karena berasal dari alas kaki penghuni yang membawa kotoran dari luar. Belum lagi debu yang masuk ke dalam rumah, serta sisa makanan yang jatuh.

Diperlukan alat kebersihan berupa sapu dan pengki untuk menyapu kotoran dan debu dari dalam rumah. Gunakan sapu untuk mengumpulkan kotoran dan debu, kemudian letakkan di pengki agar bisa dimasukkan dengan mudah ke tempat sampah.

Pel

Setelah dibersihkan dengan sapu, jangan lupa bersihkan kembali dengan pel untuk menghilangkan noda di lantai. Pel adalah alat kebersihan dengan banyak jenis dan material. Jika dulu kain pel yang biasanya digunakan cenderung tebal dan mengepel lantai dilakukan sambil jongkok, sekarang alat kebersihan ini umumnya dilengkapi tongkat. Bahkan, alat pel sudah ada yang dilengkapi pemeras agar tidak perlu menguras tenaga berlebih.

Kain lap

Alat kebersihan satu ini biasanya digunakan untuk membersihkan meja makan akibat noda masakan dan meja dapur yang kotor akibat noda minyak. Kan lap juga bisa digunakan untuk membersihkan kaca jendela dan cermin wastafel yang kotor akibat cipratan air dan debu.

Jangan lupa untuk menggunakan kain lap dengan material microfiber, linen atau katun karena mampu menyerap air dengan baik serta tidak meninggalkan serat-serat kain pada permukaan furnitur.

Aneka sikat

Jika ada noda membandel yang perlu disingkirkan, gunakanlah sikat dan cairan pembersih. Alat kebersihan satu ini memiliki banyak jenis, tergantung fungsinya. Contohnya, sikat kloset yang berbentuk bulat untuk membersihkan lubang kloset, atau sikat lantai khusus untuk membersihkan lumut dan kerak noda.

Sikat biasanya memiliki bulu-bulu kasar atau menggunakan kawat. Sikat berukuran kecil atau sikat gigi bekas juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan benda berukuran kecil atau sudut area.

Kemoceng

Debu yang masuk dalam bentuk partikel-partikel kotoran kecil memang tidak bisa dihindari. Meski seluruh ruangan tertutup, ada saja celah untuk debu masuk ke dalamnya. Karena itulah kemoceng wajib dimiliki untuk menyingkirkan debu-debu kecil yang menempel.

Terbuat dari material bulu ayam, tali rafia dan serat kain, kemoceng bisa digunakan setiap hari agar debu tidak akan menumpuk dan menimbulkan masalah pernafasan.

Sapu taman

Disebut juga sapu lidi karena material yang digunakannya, alat kebersihan satu ini berfungsi untuk menyingkirkan daun-daun kering dan kotoran lainnya di area luar rumah seperti taman atau halaman agar tampil indah, bersih dan sedap dipandang.

Vacuum cleaner

Bila menyapu lantai dan menggunakan kemoceng saja tidak cukup untuk menyingkirkan debu, maka gunakan vacuum cleaner untuk membersihkan kotoran, termasuk bulu-bulu binatang jika memelihara hewan peliharaan. Dengan sekali sedot, pekerjaan bersih-bersih rumah pun jadi lebih mudah berkat alat kebersihan satu ini.

Apakah Sobat GB sudah memiliki semua alat kebersihan yang wajib di atas? Jangan lupa untuk mengganti alat kebersihan tersebut bila mengalami kerusakan. Germany Brilliant juga memiliki produk sikat untuk membersihkan kamar mandi. So, jangan salah pilih ya. It must be GB.

 

 

 

Penulis: DN


Kembali ke Daftar Artikel