Artikel

MACAM-MACAM MATERIAL SINK YANG BISA DIJADIKAN PILIHAN

03 Juli 2023

Kitchen sink atau bak cuci khusus umumnya digunakan pada dapur modern. Perlengkapan rumah tangga ini mirip seperti wastafel. Namun, ukuran kitchen sink lebih besar dan dibuat lebih rendah untuk memudahkan saat membersihkan peralatan dapur, alat makan, dan bahan makanan.

Sebagai salah satu pilihan produk sanitasi, kitchen sink harus bersifat ergonomis. Singkatnya, perabotan ini perlu memberikan kenyamanan aktivitas di dapur, optimalisasi fungsi, dan mudah dalam segi perawatan.

Berbagai jenis material kitchen sink ditawarkan di pasaran. Beberapa di antaranya adalah:

1. Stainless steel

Kebanyakan orang memilih kitchen sink yang terbuat dari stainless steel. Alasannya sederhana, yakni mempunyai daya tahan yang kuat terhadap panas dan karat. Kitchen sink dari stainless steel memiliki beberapa tingkat kepadatan. Semakin padat atau tebal material yang digunakan, maka kitchen sink itu akan semakin kuat dan mahal.

Kitchen sink biasanya menggunakan bahan itu dari stainless steel, tapi jenis-jenis stainless steel pun berbeda kadarnya,” kata SPV GB Sanitaryware, Sheilla.

Kitchen sink GB Sanitaryware sendiri menggunakan stainless steel dengan kadar SUS304 atau stainless steel food grade. Material jenis ini telah diyakini tahan terhadap korosi dan mudah dibersihkan.

“Tingkatannya kebanyakan menggunakan stainless steel 304 karena tipe ini diyakini oleh produsen maupun masyarakat yang sudah pakai bahwa tidak karat atau tidak korosi,” tambah Sheila.

2. Serbuk granit

Kalau sobat GB ingin kitchen sink dengan kualitas premium, pilihlah material serbuk granit ini. Bukan hanya tampilannya yang menarik, tapi kitchen sink ini punya berbagai keunggulan. Beberapa di antaranya tahan terhadap goresan, tidak mudah kotor, dan tahan terhadap suhu panas. Jadi, jangan heran kalau material ini dijual dengan harga cukup mahal.

3. Marmer

Marmer termasuk salah satu material interior yang paling banyak diminati. Dengan menggunakan marmer, interior rumah tampak terlihat mewah dan elegan. Material ini banyak digunakan untuk interior dapur, salah satunya pada sink. Meski begitu, selain harganya lebih mahal, material marmer membutuhkan perawatan khusus agar bisa digunakan dalam jangka waktu lama.

4. Keramik

Ada juga kitchen sink yang memanfaatkan keramik sebagai bahan bakunya. Material ini cocok digunakan bila ingin tampilan yang unik dan klasik, tapi anggaran yang dimiliki terbatas. Namun, sobat GB perlu rutin membersihkannya agar permukaannya tidak licin dan kotor.

Nah, sekarang sobat GB bisa mengganti kitchen sink lama dengan beberapa pilihan material di atas. Jangan lupa sesuaikan dengan tema dan desain dapur kamu, ya!

 

 

 

Penulis: Nathasya Elvira


Kembali ke Daftar Artikel