INGIN DAPUR TERLIHAT LUAS? GUNAKAN CARA INI

17 September 2020

Dapur adalah salah satu bagian rumah yang paling esensial namun kurang diperhatikan. Dapur adalah tempat dimana "bahan bakar" diolah agar menjadi tenaga bagi manusia untuk beraktivitas. Sayangnya seringkali dapur tidak terurus dan tidak dirawat dengan baik, bahkan cenderung sumpek. Padahal, dapur bisa diakali agar terlihat lebih luas.

Bila didesain dengan baik, fungsi dapur akan bertambah. Bukan sekadar tempat untuk masak-memasak, dapur juga bisa dijadikan tempat bercengkerama bersama keluarga sehingga meningkatkan keakraban.

Yuk, ikuti cara-cara berikut ini jika ingin dapur Sobat GB jadi lebih luas dan lapang.

Hindari sekat

Konsep dapur terbuka memungkinkan ruangan lebih lapang dan terkesan lebih luas. Dapur tanpa sekat juga cocok untuk keluarga muda karena dapat memudahkan pengawasan terhadap anak-anak.

Menghilangkan sekat sangat ampuh membuat dapur terlihat luas. Cukup pisahkan antara dapur dengan ruang keluarga atau meja makan dengan memberi jarak. Selain itu, cahaya alami yang melimpah menerangi setiap area sehingga tidak terkesan sumpek.

Cat terang

Tanpa disadari, dapur yang sumpek biasanya dikelilingi oleh dinding dengan cat yang kusam, pudar dan kotor. Untuk mengatasinya, pilihlah cat berwarna cerah seperti putih atau biru untuk melapisi dinding agar terkesan luas dan lapang.

Terapkan pada seluruh bagian dapur termasuk kabinet supaya mengurangi kontras pada tampilan dapur. Hindari menggunakan warna warna yang gelap karena akan membuat kesan sempit.

Jendela besar

Manfaatkan cahaya alami agar memberi kesan luas pada dapur. Cahaya dari luar bisa digunakan sebagai penerangan di saat pagi dan siang hari sehingga ruangan terlihat terang. Tentunya cara ini sekaligus dapat menghemat penggunaan listrik.

Jendela besar yang bisa dibuka juga bisa jadi tambahan ventilasi udara untuk memastikan pertukaran udara di dapur jadi lancar. Tak perlu takut dapur bakal pengap atau lembap karena sirkulasi udaranya pasti cukup baik.

Gunakan kabinet

Untuk menghindari kesan sumpek, aturlah tata letak perabotan dapur dalam rak penyimpanan. Tempat penyimpanan bisa dibuat di bagian atas dan bagian bawah untuk menyimpan peralatan dapur. Agar tidak terlalu banyak memakan tempat, buatlah kabinet dengan banyak partisi pemisah agar peralatan dapur tertata lebih rapi sesuai dengan kebutuhannya.

Selain kabinet, gunakan rak terbuka atau rak transparan agar dapur tidak terlihat penuh. Cara lain, menggunakan ambalan sebagai rak piring, gelas, atau perabot bisa membuat dapur terlihat lebih lega.

Membuat dapur terlihat lebih luas caranya mudah sekali bukan. Bila dapur Sobat GB berkonsep minimalis bisa disiasati dengan cara-cara di atas agar lebih luas dan lapang. Dapur terbaik tentunya harus diisi dengan produk terbaik. Salah satunya adalah produk kitchen sink dari Germany Brilliant yang wajib ada di setiap hunian modern.

Dengan material berkuaitas dan garansi resmi, kitchen sink ini akan membuat dapur Anda jadi lebih elegan dan lapang. Selamat mencoba.

 

 

 

Penulis: DN


Kembali ke Daftar Artikel