Perlu Diketahui, Inilah Alat Sanitari Yang Wajib Dimiliki Setiap Hunian

29 Agustus 2020

Sanitari yang biasanya berada di kamar mandi dan toilet adalah penyedia fasilitas kebersihan di sebuah hunian. Sanitari berasal dari serapan bahasa inggris dan kosakata ini mempunyai arti berhubungan dengan kebersihan dan kesehatan. Sanitari juga harus memiliki fungsi memutus mata rantai kuman dan bakteri.

Menjadi bagian dari pekerjaan instalasi air, sanitari yang beredar sekarang ini juga dirancang khusus memiliki nilai estetika. Ada beberapa kategori alat sanitari yang perlu Anda ketahui agar instalasi air rumah berjalan dengan tepat dan juga bersih.

Berikut ini adalah berbagai macam alat sanitari yang setidaknya wajib dimiliki setiap hunian:

Urinal

Urinal atau urinoir adalah tempat pembuangan air kecil untuk pria. Umumnya, urinal banyak digunakan di toilet umum di pusat perbelanjaan, kantor, kafe, restoran, sekolah dan kampus. Namun rumah bergaya modern juga banyak yang sudah menggunakan urinal di kamar mandi atau toiletnya.

Urinal memilki tampilan menggantung pada dinding. Jika jumlah pemakainya banyak atau lebih dari satu, biasanya antara urinal satu dengan yang lain dibatasi dengan partisi atau sekat.

Bidet

Alat sanitari satu ini memang jarang digunakan oleh masyarakat Indonesia. Bidet adalah tempat buang air kecil tetapi dikhususkan untuk wanita. Atau bisa dikatakan, bidet adalah urinal versi wanita. Biasanya posisi bidet berada sejajar dengan kloset atau wastafel.

Kloset

Tak kalah penting, kloset merupakan alat sanitari yang berfungsi sebagai tempat buang air. Kloset juga harus dijaga kebersihannya secara benar dan teratur agar tidak menimbulkan hal yang tidak diinginkan.

Kloset memiliki dua jenis, yakni kloset duduk dan juga jongkok. Jika menggunakan kloset jongkok, perlu dilengkapi dengan jet washer/keran dinding atau bak air/ember. Sementara kloset duduk bisa ditambahkan tempat tisu sebagai aksesori sanitari kamar mandi.

Shower

Shower memiliki fungsi sebagai sarana untuk mandi dan membersihkan diri. Terdiri dari  dua macam, yaitu hand shower dan fix shower head. Hand shower adalah shower yang bisa digerakkan oleh tangan, sedangkan fix shower head bersifat permanen karena dipasang di atas kepala dan tidak bisa digerakkan atau dipindahkan.

Bathtub

Bathtub adalah alat sanitari yang berfungsi sebagai tempat mandi, berendam dan membersihkan diri. Bathtub umumnya dipasang menempel pada sudut dinding dan lantai kamar mandi. Namun kini sudah banyak model bathtub yang bebas dipilih seperti berdiri di tengah kamar mandi, free standing bahkan di ruang kamar.

Keran air

Alat sanitari satu ini memiliki fungsi untuk membuka dan menutup aliran air dari pipa. Ada berbagai jenis keran mulai dari keran dinding, keran wastafel, keran kitchen sink, keran bak mandi, keran bathtub dan keran taman.

Wastafel

Memiliki fungsi untuk membersihkan tangan atau mencuci muka, wastafel juga merupakan alat sanitari yang esensial. Umumnya, ada dua macam tipe wastafel yang digunakan yaitu wastafel gantung dan wastafel meja. Ada beragam model juga untuk mempercantik tampilan kamar mandi Anda.

Floor drain

Merupakan sanitari yang paling vital, floor drain adalah saringan yang menjadi tempat masuknya air bekas di kamar mandi atau tempat cucian ke dalam pipa saluran pembuangan. Biasanya untuk satu kamar mandi atau toilet minimal menggunakan satu floor drain. Tak hanya itu, teras atau halaman rumah juga sudah menggunakan floor drain.

Nah, itulah alat-alat sanitari umum yang setidaknya wajib dimiliki setiap rumah. Tak harus semuanya, ada beberapa alat yang memiliki fungsi serupa. Misalnya tak harus memiliki urinal atau bidet, cukup kloset saja.

Sebagai referensi, alat-alat sanitari di atas juga dapat Anda temukan dalam katalog produk Germany Brilliant. Jangan salah pilih. It must be GB.


Kembali ke Daftar Artikel