Artikel

5 Keunggulan Kamar Mandi Kering

10 Oktober 2020

Kamar mandi di Indonesia umumnya bertipe kamar mandi basah, terutama yang masih tradisional menggunakan bak mandi dan kloset jongkok. Kamar mandi basah juga identik dengan kondisi becek dan lembab akibat sering terkena cipratan air. Seiring perkembangan zaman, kamar mandi kini dibuat "sekering" mungkin dengan menggunakan dry floor.

Kamar mandi kering menempatkan shower atau bathtub dalam area tersendiri atau disebut area basah di mana cipratan air hanya membasahi area tersebut saja. Pada kamar mandi kering ada sekat pemisah berupa tirai, partisi kaca atau tembok. Area kering umumnya diisi dengan perkakas seperti kloset jongkok dan wastafel.

Jika Anda sedang membangun atau merenovasi rumah, kamar mandi kering bisa menjadi pertimbangan karena memiliki beberapa keunggulan seperti:

  1. Lebih sehat
    Seperti diketahui, kamar mandi basah cenderung lembab dan menjadi lahan subur bertumbuhnya bakteri, jamur dan virus penyakit. Kondisi ini akan semakin parah jika drainase dan ventilasi udara buruk sehingga udara menjadi tidak sehat. Kamar mandi kering tentunya tidak memiliki masalah ini karena area basah terbatas sehingga kuman dan bakteri tidak berkembang dengan cepat.
     
  2. Lebih luas
    Meski tidak ada acuan khusus, kamar mandi kering umumnya memiliki ruangan yang lebih luas dan besar dari pada kamar mandi basah bertipe tradisional. Hal itu karena kamar mandi kering membutuhkan sekat pemisah antara area basah dan kering.

    Luas area dalam kamar mandi juga dilihat berdasarkan kebutuhan dan aktivitas penghuni rumah. Misalnya area basah yang berisikan shower, area ini tentu memiliki ruangan yang cenderung lebih kecil dibandingkan area kering.
     
  3. Lebih hemat air
    Jika kamar mandi kering Anda menggunakan shower, pastinya konsumsi air jadi lebih hemat. Sebagai perbandingan, kamar mandi basah yang menggunakan bak mandi dan gayung menghabiskan sekitar 18 liter air untuk sekali mandi, sedangkan penggunaan shower hanya menghabiskan sekitar 12 liter air per sekali mandi. Sangat hemat, bukan?

    Kemajuan teknologi juga sangat membantu dimana perkakas sanitari seperti shower kini dilengkapi dengan fitur hemat air sehingga konsumsi air jauh lebih sedikit. Hal yang sama juga berlaku pada fitur flush pada kloset dan jet washer yang dapat menghemat air untuk sekali buang air.
     
  4. Lebih mudah perawatannya
    Salah satu keunggulan dari kamar mandi tipe kering adalah perawatannya yang mudah. Untuk membersihkannya, area basah cukup disikat saja, sementara area kering cukup dengan menyapu, mengepel dan mengelapnya kembali agar kering. Selain itu, kamar mandi kering jarang mengalami kendala seperti bocor atau tersumbat karena jarang ada genangan air yang bertahan lama di ruangan tersebut.
     
  5. Lebih fleksibel
    Yang dimaksud fleksibel adalah kamar mandi kering memiliki potensi untuk dihias dan ditata agar tampil lebih elegan dan menarik. Karena sekat pembatas yang memisahkan dua area, area kering dapat diberi sentuhan dan pemanis seperti karpet, keset lebar yang empuk atau gantungan berisi tanaman hias.

Anda juga bisa menambahkan cermin, rak buku, bahkan menjadikannya sebagai meja rias. Tentu saja ini sangat memungkinkan karena area kering tak perlu takut lembab atau terciprat air karena sudah ada pembatasnya.

Kamar mandi kering memang memiliki banyak keunggulan. Dengan perabot sanitari mumpuni, tentu efisiensi penggunaan air atau perawatan kamar mandi jadi lebih mudah. Bila bingung ingin menempatkan perabot apa saja untuk kamar mandi kering Anda, Germany Brilliant memiliki beragam produk seperti shower, kloset, floordrain, wastafel, urinal, jet washer sampai keran air untuk mempercantik area basah dan area kering di kamar mandi.

Jangan sampai salah pilih ya. It must be GB!

 

 

 

Penulis : DN


Kembali ke Daftar Artikel