6 Cara Mencuci Buah dan Sayuran dengan Tepat

06 November 2019

Buah didefinisikan sebagai hasil tanaman yang dapat dimakan, terdiri atas biji dan pelindungnya terutama pelindung yang berdaging (pulpy) dan berair (juicy). Sementara sayur merupakan tanaman yang lunak atau bagian tertentu dari tanaman yang dapat dikonsumsi secara langsung dalam bentuk segar atau olahan. Keduanya memiliki kandungan nutrisi yang harus tetap terjaga sebelum dikonsumsi.

Tak bisa dipungkiri, bahwa buah dan sayuran yang kita beli di pasar bisa saja mengandung pestisida. Suatu zat kimia yang digunakan untuk membunuh hama pada tumbuhan karena menjadi pilihan para petani untuk mencegah gagal panen. Supaya pestisida yang menempel hilang, maka kita harus  mengetahui cara mencuci buah dan sayur dengan tepat.

Mencuci buah dan sayur dianggap sangat penting untuk menjaga kesehatan keluarga. Jangan sampai gizi yang ada di dalamnya tercemar sehingga kita sulit menerapkan pola hidup sehat. Penting mencuci buah dan sayuran akan menentukan kesehatan tubuh karena sehat itu selalu berawal dari apa yang kita makan.

Berikut 10 cara mencuci buah dan sayuran yang tepat:

  1. Cuci tangan

Hal ini dilakukan sebelum mencuci buah dan sayuran. Tanpa kita sadari, tangan kita sering terpapar pada kuman yang tidak diinginkan. Ada baiknya, cuci tangan juga dilakukan setelah selesai membersihkan buah dan sayuran.

  1. Singkirkan bagian yang rusak

Tidak semua buah dan sayuran yang kita beli berada dalam kondisi sempurna. Beberapa bagian kadang ada yang terlihat hitam atau busuk. Bagian yang rusak tersebut harus dipotong terlebih dahulu dengan pisau dan talenan yang bersih.

Beberapa buah bisa kita kupas kulitnya terlebih dahulu. Sementara untuk lembaran sayuran harus diperhatikan bagian daun dan batang demi memastikan kebersihan dari sayuran tersebut. Hal ini harus dilakukan agar tak ada lagi ulat atau organisme lain yang bisa merasuki pengurangan kadar gizi dalam buah dan sayuran yang akan dikonsumsi.

  1. Harus ada aliran air yang mengalir

Hindari cuci buah dan sayuran dalam suatu wadah. Cucilah di bawah air yang mengalir. Dengan begitu, tangan kita secara langsung bisa memastikan bahwa tak ada kotoran yang tersisa.

  1. Gunakan bahan alami pencuci buah dan sayuran

Selain sabun pembersih yang mengandung ekstrak jeruk nipis, kita bisa memilih bahan-bahan alami yang tidak membahayakan. Sebut saja cuka, soda kue, kunyit, atau bubuk garam. Masing-masing bahan tersebut bisa digunakan dengan merendam buah dan sayuran pada suatu wadah sebelum di bilas.

  1. Bilas dan keringkan

Cuci buah dan sayuran harus sambil digosok di bawah air yang mengalir. Gosok buah dan sayuran dengan lembut agar tidak rusak. Setelah itu, bilas menggunakan air yang bersih. Jika sudah dipastikan tidak ada lagi kotoran menempel, maka kita bisa keringkan buah dan sayuran tersebut sebelum dimasak atau dikonsumsi.

  1. Pakai produk bak cuci piring GBV-GS4206

Sebagai pilihan produk bak cuci piring yang berbahan stainless steel, produk ini memiliki ukuran yang pas. Desain produk bak cuci piring yang kekinian mendukung kita untuk mencuci buah dan sayuran secara tepat. Produk Germany Brilliant ini memiliki 2 lubang keran dilengkapi PVC P-Trap (pipa pembuangan). Keunggulan tersebut merepresentasi bahwa pengguna Bak cuci piring GBV-GS4206 bisa hemat air dan menerapkan gaya hidup ramah lingkungan.

Jika membeli produk Bak cuci piring GBV-GS4206, kita juga bisa mendapat kelengkapan paket yang multifungsi. Ada tempat pisau berikut 3 ukuran pisau gratis, cutting board atau talenan, tempat menaruh spons, soap dispenser, dan drying basket. Dengan kelengkapan produk, kita bisa maksimal mencuci buah, sayuran, atau peralatan makan lain. Oleh karena itu, simak terus pilihan produk dari Germany Brilliant yang mengedepankan konsep modern dan memberi kemudahan bagi para konsumen.

 

 

 

 

- AH -


Kembali ke Daftar Terbaru