Cantik dan Segar, Inilah Tanaman Yang Cocok Untuk Kamar Mandi

30 April 2021

Tren tanaman hias saat ini sedang digandrungi banyak orang. Mempercantik rumah dengan tanaman hias sudah menjadi gaya hidup. Bukan hanya halaman, teras atau ruang tamu, tanaman hias juga bisa menghiasi ruangan lain seperti dapur atau kamar mandi.

Meski ukurannya kecil, kamar mandi juga memerlukan perlakuan khusus. Selain untuk estetika, melakukan perawatan khusus pada kamar mandi juga penting dilakukan untuk tetap menjaga kebersihan dan kesehatan dalam ruangan tersebut.

Salah satu cara paling mudah adalah dengan menghadirkan tanaman hias yang diletakkan di dalam kamar mandi. Tanaman hias akan memberikan efek segar dan menyejukkan di kamar mandi.

Apa saja manfaat dari tanaman hias?

1. Menghilangkan bau tak sedap

Tanaman akan mengeluarkan oksigen pada pagi hingga sore hari sebagai bentuk fotosintesis. Hadirnya kadar oksigen tambahan pada ruaang akan membantu menghilangkan bau tak sedap yang menempel pada kamar mandi.

2. Menjaga kelembapan kamar mandi

Oksigen yang berasal dan tersebar dari tanaman hias juga berfungsi sebagai pengatur kelembapan ruang. Zat tersebut mampu memengaruhi suhu udara agar tetap kering dan segar untuk dihirup.

3. Memperbaiki mood

Tanaman hias dapat menyaring udara di dalam kamar mandi. Udara yang dihisap ke dalam tubuh akan membantu memperbaiki mood serta meningkatkan kreativitas penguni rumah.

Sudah tahu manfaat dari tanaman hias, yuk cari tahu jenis-jenis tanaman apa yang cocok untuk kamar mandi kamu.

  • Lidah Buaya
    Disebut sebagai tanaman yang abadi, lidah buaya sangat cocok disimpan di kamar mandi. Bukan hanya untuk mempercantik, lidah buaya juga punya banyak sekali manfaat. Gelnya bisa digunakan untuk perawatan rambut dan kulit.
     
  • Bambu
    Bambu hias berukuran kecil bisa dimanfaatkan untuk tanaman hias di kamar mandi. Pilih bambu hias berukuran kecil yang sudah disusun rapi dan simpan di sudut bathtub, bak mandi atau wastafel.
     
  • Sirih Gading
    Tanaman merambat ini bisa hidup di tanah ataupun air. Sifatnya yang mudah untuk beradaptasi menjadikannya cocok untuk berada di kamar mandi. Asupan air yang cukup dan tingkat kelembapan yang tinggi tentu akan membuat tanaman ini lebih sehat.
     
  • Anggrek
    Anggrek yang disimpan di sudut bathtub atau wastafel akan menjadikan kamar mandi layaknya ruangan spa di salon sehingga kamu betah berlama-lama di sana. Taruh anggrek di dekat jendela agar mendapatkan cahaya matahari yang cukup.
     
  • Pakis
    Jika luas kamar mandi terbatas namun ingin menghadirkan hijaunya tanaman hias, pakis adalah pilihan yang cocok. Tanaman ini memiliki struktur daun yang menjuntai yang akan terlihat manis jika digantung di sudut kamar mandi dekat dengan ventilasi.
     
  • Spider Plant
    Tanaman menjuntai yang banyak kita temui sebagai penghias cafe dan restoran ini ternyata sangat cocok melengkapi kamar mandi. Spider plant dapat menyerap zat beracun, seperti karbon monoksida dan formaldehyde sehingga udara yang kita hirup lebih segar dan sehat.
     
  • Philodendron
    Tanaman ini punya bentuk yang sangat unik dimana setiap jenisnya punya bentuk daun yang berbeda. Ada yang berbentuk hati, berbentuk jari, berlubang dan lainnya. Sangat cocok diletakkan di kamar mandi yang minim sinar matahari agar daunnya tidak cepat menguning dan tetap segar.
     
  • Aglaonema
    Dijuluki sebagai “ratu tanaman hias” menjadikan Aglaonema mudah untuk disematkan di segala area di dalam rumah, termasuk kamar mandi. Perawatannya hanya membutuhkan kadar air yang cukup untuk membuat tanah lembap dan gembur sehingga tidak perlu rutin untuk disiram.

Itulah manfaat dari tanaman hias yang membuat kamar mandi terlihat cantik, segar dan sehat. Jangan lupa kunjungi artikel menarik lainnya dari Germany Brilliant.

 

 

 

Penulis: DN


Kembali ke Daftar Artikel