Teliti Sebelum Membeli, Inilah Tips Memilih Kloset Duduk Yang Benar

24 Mei 2021

Banyak orang mulai memilih untuk menggunakan kloset duduk daripada kloset jongkok. Salah satu faktor yang membuatnya banyak dipilih adalah kenyamanan, terutama bagi lansia yang sudah tidak bisa jongkok.

Ketika menggunakan kloset jongkok, tidak jarang bisa membuat kaki kesemutan saat buang air besar. Oleh karena itu, kloset duduk menjadi pilihan terbaik untuk toilet atau kamar mandi di rumah, harganya pun juga tidak terlalu mahal.

Namun, sebelum memilih dan membeli kloset duduk ada beberapa hal yang perlu diperhatikan mulai dari merek, jenisnya, sistem penyiraman dan pembuangannya, dan lain sebagainya.

Kali ini Germany Brilliant akan menjelaskan tips memilih kloset duduk yang benar, simak panduan lengkapnya.

  1. Sesuaikan bentuk dan ukuran kloset dengan kamar mandi
    Ada banyak sekali desain, bentuk, serta ukuran kloset duduk yang beredar di pasaran. Bentuk kloset duduk yang bulat atau memanjang bisa menjadi pilihan bagi kamu yang memiliki kamar mandi minimalis. Tambahan, kamu juga perlu memeriksa ukuran kloset seperti jarak kloset dengan tembok.
    Jika ruang kamar mandi yang kamu miliki cukup luas, pertimbangkan untuk menggunakan kloset yang memiliki estetika bentuk lebih cantik.
     
  2. Perhatikan jenis kloset

    Sebelum membeli kloset duduk, penting untuk mengetahui jenis-jenis kloset duduk yang ada di pasaran, di antaranya:
  • Kloset tanpa tangki air. Harganya lebih terjangkau, namun sistem pembuangannya masih manual atau menggunakan gayung.
  • Kloset monoblok/one piece toilet. Memiliki desain yang lebih simpel, lebih kuat dan minim kebocoran.
  • Kloset duo blok. Bobotnya lebih ringan dan mudah untuk dipindahkan.
  • Kloset gantung. Memiliki desain yang lebih simpel, lebih modern dan lebih mewah karena dirancang seperti tertanam di dinding.
  1. Periksa sistem penyiramannya
    Sistem penyiraman kloset duduk berbeda-beda, ada yang menggunakan gayung, single flush atau dual flush.

    Single flush biasanya hanya memiliki satu tombol atau penarik tuas, lalu air akan menyiram kotoran. Sedangkan dual flush umumnya lebih hemat air dalam penyiramannya, karena sistem menyiram telah diatur. Sebagai alternatif, kamu bisa menambahkan jet washer di samping kloset.
     
  2. Cek sistem pembuangannya
    Selain sistem penyiraman, yang perlu diperhatikan lagi adalah sistem pembuangan dari kloset duduk. Hal ini terkait dengan pemasangan pipa pembuangan yang mungkin sering diabaikan saat memilih kloset duduk, tetapi tidak ada salahnya untuk kamu memahaminya.

    Wash down adalah sistem yang memungkinkan kloset melakukan mendorong kotoran dengan menyiramkan air dan kotoran langsung hilang. Sementara siphonic, memungkinkan kloset bekerja dua tindakan yaitu menarik kotoran dan mendorongnya dengan air dari tangki.

    Singkatnya, dalam sistem siphonic kotoran akan berputar terlebih dahulu sebelum ditarik ke dalam, sedangkan wash down langsung menarik kotoran ke dalam.
     
  3. Perhatikan fitur tambahan
    Berbagai inovasi teknologi pada kloset sudah sangat berkembang, bahkan ada kloset duduk dengan fitur canggih dan modern. Adanya fitur tambahan akan semakin memudahkan kamu ketika menggunakan kloset.

    Misalnya, kloset duduk dengan sensor otomatis, pengering dan pengharum otomatis, serta pengaturan suhu. Namun, untuk membeli kloset tersebut kamu perlu memperhatikan bajet yang dimiliki, apakah cocok atau tidak.

Wah, ternyata ada banyak sekali ya yang harus diperhatikan sebelum membeli kloset duduk. Teliti sebelum membeli sangat penting agar tidak keliru di kemudian hari.

Jika bingung memilih kloset duduk yang tepat dan benar, Germany Brilliant memiliki beragam pilihan kloset duduk dari yang jenis monoblok hingga smart closet. Jangan sampai salah pilih ya, it must be GB!

 

 

 

Penulis: DN


Kembali ke Daftar Artikel