Artikel

Simak Tips dari Brilli, Cara Memilih Kloset Kamar Mandi!

07 September 2022

Tak terhitung banyaknya produk kloset yang ada di pasar bahan bangunan saat ini. Mulai dari model kloset jongkok hingga duduk. Harganya pun bervariasi, bergantung jenama dan fitur yang terdapat di tiap kloset. Makin canggih fiturnya dan makin keren tampilannya, maka semakin mahal pula harganya.

Banyak orang memilih kloset duduk karena penggunaannya lebih nyaman ketimbang menggunakan model kloset jongkok yang kerap membuat kaki kesemutan. Selain itu, banyak pula orang yang memilih kloset duduk dengan alasan estetika karena dapat membuat kamar mandi terkesan jauh lebih modern.

Karena fungsinya yang begitu penting, sebelum membeli kloset, Brilli punya tips untuk sahabat GB yang brilliant. Tips ini bisa membantu kalian mendapatkan produk kloset terbaik. Apa saja tipsnya? Simak, ya!

  1. Mengecek Sistem Penyiraman

For your information, sistem penyiraman kloset berbeda-beda. Ada yang menggunakan gayung, single flush dan dual flush. Single flush biasanya hanya memiliki satu tombol atau menarik tuas, lalu air akan menyiram kotoran. Sedangkan dual flush, umumnya lebih hemat air karena sistem penyiramannya telah diatur.

Nah, sekarang sahabat GB tinggal pilih kloset mana yang sekiranya paling cocok dengan kebutuhan. Saran Brilli, pilih kloset yang menggunakan sistem penyiraman single flush dan dual flush. Karena penggunaan air bisa dikontrol sehingga bisa menyelamatkan bumi dari krisis air melalui gerakan saving water tersebut.

  1. Sesuaikan Bentuk dan Ukuran Kamar Mandi

Saat ini banyak sekali desain toilet yang ada di pasaran. Beberapa diantaranya berbentuk bulat, lonjong, hingga minimalis. Variasi desain yang semarak itu sangat membantu sahabat GB dalam menentukan kloset yang pas dengan model kamar mandi.

Nah, bagi sahabat GB yang kamar mandinya cukup luas, agaknya cocok menggunakan kloset berbentuk lonjong atau memanjang. Sebaliknya, jika luasan kamar mandi terbatas, maka lebih cocok menggunakan kloset ukuran minimalis yang tidak makan banyak tempat.

  1. Perhatikan Fitur Tambahan

Kemajuan teknologi telah merambah dunia sanitasi belakangan ini. Tidak terkecuali kloset. Perkembangan itu membuat kloset semakin modern dan canggih. Bagi sebagian masyarakat, teknologi yang melekat dalam sebuah kloset menjadi prestise.

Teknologi itu bermacam-macam. Sensor otomatis, salah satunya. Ada pula kloset yang dilengkapi fitur pengatur suhu seat cover. Bahkan, saat ini sudah ada kloset yang dilengkapi dengan fitur pengharum otomatis. Semua teknologi itu sangat cocok bagi masyarakat yang mendambakan kenyamanan saat berada di toilet.

Saran Brilli, siapkan budget tambahan untuk belanja kloset dengan fitur canggih tersebut. Sebab, harganya memang lebih mahal dibanding kloset pada umumnya.

  1. Melihat Sistem Pembuangannya

Selain itu, sebelum membeli kloset, sahabat GB juga harus melihat bagaimana sistem pembuangannya. Hal tersebut terkait pemasangan pipa pembuangan dari kloset. Hal ini merupakan salah satu tahap yang penting, namun kerap diabaikan pada saat memilih kloset.

For your information, kloset itu memiliki beberapa sistem pembuangan. Pertama adalah wash down. Sistem ini memungkinkan kloset mendorong kotoran dengan menyiramkan air, dan kotoran hilang seketika.

Selain itu ada sistem siphonic. Sitem ini memungkinkan kloset bekerja dua tindakan. Yakni menarik kotoran dan mendorongnya dengan air dari tangki. Pada sistem ini, kotoran akan berputar terlebih dahulu sebelum ditarik ke dalam. Berbeda dengan wash down yang langsung menarik kotoran ke dalam.

  1. Bergaransi

Sebelum membeli kloset, sahabat GB harus memastikan kloset yang dibeli adalah produk bergaransi. Selain ada jaminan, garansi itu akan membuat sahabat GB mudah mengklaim kerusakan yang bisa terjadi sewaktu-waktu. Tak hanya itu, dengan adanya garansi dari toko, juga akan memudahkan sahabat GB untuk membeli spare part dari kloset tersebut. Dan tak kalah penting, pastikan pula kloset yang dibeli telah memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI).


Kembali ke Daftar Artikel