Artikel

WASPADA CORONA, CUCI TANGAN SEBELUM BERAKTIVITAS

17 Juni 2020

Saat ini, Indonesia sedang berada di fase 'New Normal' dimana  kota dan daerah mulai mengubah status PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) menjadi PSBB transisi atau Adaptasi Kebiasaan Baru. Namun bukan berarti pandemi Covid-19 usai atau mereda. Masyarakat tetap wajib mematuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker dan cuci tangan secara berkala.

Mencuci tangan adalah salah satu cara untuk menjaga kebersihan tubuh dan mengantisipasi penyebaran virus corona. Kita dianjurkan untuk mencuci tangan setelah menyentuh benda-benda atau bersalaman. Cuci tangan bisa dilakukan dengan sabun dan air mengalir. Dalam keadaan darurat, penggunaan hand sanityzer juga dianjurkan agar tangan tetap bersih dan higienis apabila tidak sempat ke wastafel untuk cuci tangan.

Sayangnya masih banyak masyarakat yang enggan mencuci tangan secara rutin. Padahal, kebiasaan mencuci tangan akan menghindarkan kita bukan hanya dari virus corona saja, tetapi juga dari penyakit seperti diare atau tuberkulosis. Cuci tangan dengan benar akan membasmi bakteri, kuman dan virus di tangan sehingga tidak masuk saluran pernapasan dan pencernaan.

Perlu diketahui, mencuci tangan tidak bisa dilakukan dengan sembarangan seperti cukup membasahi tangan dengan air. Ada beberapa langkah yang harus diikuti agar cuci tangan jadi lebih efektif dalam menghilangkan kuman yang berada di tangan.

Langkah-langkah tersebut antara lain:

  1. Telapak tangan
    Langkah pertama. Telapak tangan adalah area paling besar dimana kuman bisa hinggap dan berkembang biak. Untuk membersihkannya, basahi telapak tangan dengan air mengalir dan sabun cuci tangan. Satukan telapak tangan dan gosok hingga berbusa.
  2. Punggung tangan
    Selanjutnya gosok bagian telapak punggung tangan dengan tangan bertumpuk dan digosok perlahan-lahan. Caranya sama dengan menggosok telapak tangan.

  3. Sela-Sela jari
    Inilah salah area dimana kuman bersembunyi. Bersihkan sela-sela jari dengan cara menggenggam tangan sendiri dan gosok secara perlahan. Pastikan seluruh sela-sela jari terkena sabun secara merata. Cukup mudah bukan?

  4. Punggung jari
    Bukan hanya sela-sela jari, punggung jari juga jangan sampai luput untuk dibersihkan. Gosok bagian ini dengan gerakan saling mengunci dan memutar secara bergantian.

  5. Jempol
    Sadarkah bahwa area ini adalah yang paling aktif digunakan dalam keseharian dan aktivitas kita? Karena itu pastikan jempol benar-benar bersih. Caranya cukup dengan membersihkannya dengan gerakan memutar secara bergantian.

  6. Ujung jari
    Di ujung jari terdapat kuku yang menjadi sarang kuman dan bakteri untuk hinggap. Kuncupkan jari dan bersihkan dengan gerakan memutar pada telapak tangan secara bergantian. Cara ini efektif untuk membersihkan kuman-kuman yang terdapat pada ujung jari dan kuku.

  7. Bilas
    Langkah terakhir setelah semua langkah di atas dilakukan adalah membilas tangan dengan air bersih dan mengalir. Bilas hingga bersih sampai tak ada sisa sabun untuk membuang kuman yang terdapat dalam busa sabun. Jangan lupa untuk mengeringkan tangan dengan handuk bersih, lap kain atau tisu.

Itulah beberapa langkah untuk mencuci tangan dengan benar sebelum beraktivitas. Setiap kali mencuci tangan jangan lupa menggunakan sabun karena air bersih saja tidak cukup untuk menghilangkan bakteri serta penyebaran virus corona.

Selain itu, pastikan juga bahwa keran air dan wastafel yang kita gunakan bebas kuman dan bakteri serta easy to use. Salah satunya adalah produk keran air dan wastafel dari Germany Brilliant.

Mengedepankan fashion dan function, Germany Brilliant menghadirkan wastafel yang bisa membuang air dan sisa-sisa sabun dengan cepat serta keran air dengan buka tutup secara otomatis menggunakan sensor atau secara manual yang mudah digunakan. 

Keran dan wastafel dari Germany Brilliant juga akan mempercantik tampilan dalam rumah, khususnya bagian belakang rumah seperti kamar mandi. Jadi, bukan hanya mendapatkan produk sanitasi terbaik. Kamu juga akan mendapatkan produk yang estetik dan fashionable.

Tunggu apa lagi! Dapatkan informasi dan penawaran spesial dari produk-produk Germany Brilliant guna mendukung pola hidup sehat. Jangan lupa menjaga imunitas agar tidak terpapar virus corona. Dan jangan lupa juga untuk menggunakan  produk terbaik. It must be GB.

 

 

 

Penulis: DN


Kembali ke Daftar Artikel