Artikel

Ciptakan Dapur Sehat yang Nyaman

23 April 2020

Dikutip dari laman resmi World Health Organization (WHO) disarankan supaya kita menerapkan keamanan pangan ketika memasak. Hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko penyebaran penyakit. Termasuk corona yang belum ada vaksin sampai saat ini.

Selain menyiapkan bahan-bahan mentah dan makanan yang sudah dimasak, kita juga harus mencuci tangan pakai sabun. Hal tersebut diperlukan agar tak ada kontaminasi. Dengan begitu kenikmatan saat memasak dan menyantap makanan bareng keluarga bisa lebih terasa kebersamaannya.

Dapur sehat yang nyaman sudah pasti jadi dambaan semua orang. Desinfeksi makanan dan sterilisasi perlengkapan dapur harus dipraktekkan mulai dari sekarang. Makanan harus bebas dari bakteri dan dapur tempat mengolahnya pun bisa sehat dari virus.

Berikut hal-hal yang harus dilakukan untuk menciptakan dapur sehat yang nyaman, diantaranya:

  1. Bersihkan dapur secara rutin
    Pastikan dapur di rumahmu selalu dibersihkan setiap hari. Minimal, sekali sehari. Penuhi pula kriteria dapur sehat supaya bisa menangkal virus lebih kuat.
  2. Desinfeksi dengan cairan pembersih

    Virus Covid-19 bisa menempel pada permukaan plastik dan stainless steel dibanding permukaan tembaga atau kertas karton. Kita harus memanfaatkan cairan pembersih untuk menghilangkan kotoran yang ada di dapur. Pilih cairan pembersih dapur yang mengandung larutan natrium hipoklorit atau hidrogen peroksida. Larutan tersebut berfungsi mensterilkan virus. 

    Semprot cairan pembersih dapur pada area atau benda yang ingin dibersihkan. Diamkan selama 1 menit hingga kering. Masing-masing produk cairan pembersih dapur punya waktu pengeringan yang beda. Baca petunjuk pemakaian sebelum disemprotkan agar lebih aman digunakan.

    Cairan disinfektan tentu berbeda dengan hand sanitizer. Jika cairan disinfektan tersebut telah langka, cobalah untuk membuat cairan pembersih dapur sendiri. Caranya dengan mencampurkan 5 sendok makan pemutih pakaian dengan 3,7 liter air atau menggunakan alkohol yang memiliki kadar 70 persen.

    Cairan pembersih dapur sederhana juga bisa menggunakan air sabun. Gunakan spons supaya lebih efektif membersihkan. Jangan lupa cuci spons tersebut setelah selesai digunakan.

  3. Pantau area dapur yang perlu dibersihkan
    Permukaan barang-barang yang sering disentuh di dapur harus segera dibersihkan. Jangan biarkan terlalu lama karena bakteri bisa bersarang di sana. Area-area yang harus selalu dibersihkan yaitu meja makan, lemari dapur, pintu kulkas, kompor, pisau dan talenan, serta bak cuci piring. 

Supaya mudah dibersihkan, gunakan bak cuci piring VRGSA4 produksi Germany Brilliant. Bak cuci piring dengan model modern ini sudah dilengkapi beberapa keranjang untuk mencuci buah dan sayur. Ditambah tempat pisau dan tempat peralatan makan lain yang bisa dibersihkan sekaligus. Inilah produk bak cuci piring multifungsi yang memberi kenyamanan dan kepuasan di hati.

 

Penulis :

AH


Kembali ke Daftar Artikel