Artikel

LAKUKAN CARA INI AGAR DAPUR KAMU TETAP BERSIH

02 Agustus 2023

Selain kamar mandi, dapur merupakan ruangan yang paling sering digunakan sehari-hari. Jadi, tak heran jika dapur juga menjadi ruangan yang mudah kotor dan berantakan.

Sayangnya, merapikan dapur tidak semudah yang dibayangkan. Butuh kemauan dan waktu yang cukup banyak untuk membersihkan dapur.  Apalagi, jika ukuran dapur tidak terlalu luas sehingga membuat kamu bingung harus merapikannya mulai dari mana.

Untuk itu, daripada membersihkan dapur yang terlanjur kotor dan membutuhkan waktu lama, lebih baik kamu menjaga kebersihan dapur secara rutin. Berikut beberapa tips yang bisa dicoba agar dapur tetap bersih.

1. Membuang barang-barang yang tidak diperlukan atau sudah rusak

Nah, hal pertama yang perlu dilakukan adalah membuang barang-barang yang tidak diperlukan atau sudah rusak. Dengan membuang barang-barang yang tidak berfungsi, dapur akan terlihat lebih rapi dan tidak sempit.

2. Gunakan wadah penyimpanan

Setelah memilah barang yang tidak diperlukan, siapkan wadah penyimpanan untuk menyimpan barang-barang yang tersisa. Gunakan wadah kaca atau plastik tertutup rapat untuk menyimpan bahan makanan di kulkas atau bumbu-bumbu dapur. Wadah ini bukan hanya agar dapur terlihat rapi, tetapi juga menjaga kualitas bahan makanan.

3. Gunakan storage atau lemari penyimpanan

Setelah semua makanan dan bahan masakan sudah diletakkan di wadah, saatnya kamu menata dapur agar terlihat rapi. Simpan semua benda tersebut pada lemari penyimpanan sesuai dengan kategorinya. Misalnya, bahan makanan kering di laci tertentu, bumbu dapur dalam satu lemari, peralatan makan dalam satu lemari, dan perlengkapan masak dalam satu lemari. Jika ukuran dapur tidak terlalu besar, manfaatkan organizer atau gantungan yang bisa ditempel di dinding untuk menggantung peralatan masak dan sejenisnya.

4. Bersihkan dapur setelah digunakan

Sebenarnya tidak ada cara efektif lain agar dapur tetap terlihat bersih selain rutin dibersihkan, terutama setelah selesai digunakan. Ya, biasakan meluangkan waktu sejenak untuk membersihkan peralatan dan perlengkapan yang digunakan. Bersihkan meja dapur, kompor, dan peralatan masak dengan sabun cuci piring.

Memilih material yang tepat untuk meja dapur dan kitchen sink pun perlu dipikirkan baik-baik. Karena, tidak semua material yang digunakan mudah dibersihkan sehingga kamu memerlukan waktu lebih lama.

5. Lakukan pemeliharaan secara berkala

Terakhir, agar dapur tetap terlihat rapi adalah melakukan pemeliharaan secara berkala. Misalnya, bersihkan kulkas sekitar 1-2 minggu sekali. Mulai dari memilah isi kulkas, dan membersihkan noda-noda yang menempel. Kemudian, ganti lap dapur yang digunakan setidaknya seminggu sekali, lap setiap sisi lemari agar bebas debu, serta cuci semua wadah penyimpanan agar tidak bau.

 

 

 

Penulis: Nathasya Elvira


Kembali ke Daftar Artikel