Tak Punya Kitchen Set, Begini Caranya Menata Dapur

10 Mei 2021

Kitchen set adalah salah satu perabot rumah tangga yang fungsinya sangat penting. Selain menyimpan peralatan masak dan alat makan, berbagai macam bumbu dapur dan bahan makanan praktis bisa kita simpan di kitchen set.

Sayangnya, tak semua rumah memiliki kitchen set. Biaya dan ruang yang terbatas membuat rencana membangun dapur impian dengan kitchen set di dalamnya harus diurungkan. Seperti kita tahu, harga kitchen set tidak murah. Di samping itu, ruang dapur yang terbatas juga tidak memungkinkan untuk memasang kitchen set.

Akan tetapi, tanpa kitchen set pun kita masih bisa menata dapur agar terlihat rapi. Berikut ini adalah cara menata dapur di rumah meski tanpa kitchen set.

  1. Gunakan rak dinding
    Tanpa kitchen set, kita bisa memanfaatkan dinding di ruangan dapur untuk memasang rak dinding panjang dan vertikal. Trik ini bisa digunakan jika ukuran dapur tak begitu luas. Selain itu, rak dinding juga relatif lebih murah. Kamu bisa memilih menggunakan rak yang terbuat dari kayu atau plastik.

    Rak dinding dapat digunakan untuk menyimpan peralatan dapur seperti panci, wajan, centong dan lainnya. Kamu juga bisa menyimpan bahan makanan mulai dari gula, garam, kecap, kopi, teh dan sebagainya. Susunlah sedemikian rupa agar tidak terlihat berantakan.

    Sebagai tambahan, kamu bisa simpan alat yang sering digunakan dan mudah diambil dalam jarak dekat jangkauan tangan. Misalnya bumbu-bumbu ditaruh dekat kompor agar memudahkan saat proses memasak.
     
  2. Pasang rak gantung
    Selain rak panjang dan vertikal, dinding dapur juga bisa kamu manfaatkan dengan memasang rak gantung. Cara ini bisa diterapkan jika ukuran dapur sangat terbatas, misalnya hanya cukup untuk menaruh kompor.

    Rak gantung menjadi aksesoris yang sangat fungsional karena bisa digunakan untuk menggantung peralatan masak seperti wajan atau panci kecil. Kamu juga bisa menggunakan rak vertikal dengan rak gantung di bagian bawah sehingga bisa menata bumbu dapur, gelas hingga piring di atasnya. Sangat praktis, bukan?
     
  3. Simpan di lemari kabinet
    Jika kamu risih dengan banyaknya peralatan dapur yang tergantung di dinding, simpan saja di lemari kabinet. Sering juga disebut lemari dapur, kamu bisa mendapatkan lemari ini di pasaran dengan beragam harga, ukuran dan material.

    Biasanya dalam lemari dapur sudah ada rak susun untuk mangkuk, piring dan gelas. Kamu juga bisa menyimpan peralatan dapur hingga bahan makanan di lemari tersebut. Tata dengan rapi agar peralatan-peralatan dapur tidak berantakan. Cara ini terbilang lebih simpel jika dapur tidak memiliki kitchen set.
     
  4. Miliki laci serbaguna
    Salah satu alternatif jika kamu tidak memiliki kitchen set dan kekurangan tempat untuk menyimpan barang-barang dapur adalah dengan memiliki laci serbaguna. Kamu bisa menyimpan berbagai peralatan di dalam laci agar tidak berserakan.

    Jika laci terdiri dari 2-3 susun, kamu bisa memanfaatkan laci paling atas untuk menyimpan bumbu masakan, kopi hingga teh ke dalam laci. Untuk bumbu seperti gula, garam, kaldu dan sebagainya, sebaiknya disimpan dalam wadah kecil sebelum disusun ke dalam laci.

Itulah cara menata dapur tanpa kitchen set. Meski ruang dan biaya terbatas, kamu masih bisa memiliki dapur yang rapi dan sedap dipandang.

Jangan lupa, meski tak memiliki kitchen set, setidaknya dapur harus memiliki kitchen sink. Contohnya kitchen sink dari Germany Brilliant yang tersedia dengan berbagai macam ukuran yang bisa disesuaikan dengan dapur kamu.

Semoga bermanfaat!

 

 

 

Penulis: DN


Kembali ke Daftar Artikel