Cara Mudah Pasang Shower Kamar Mandi

09 Januari 2022

Saat ini, shower kamar mandi semakin marak digunakan, terutama untuk hunian dengan konsep minimalis dan modern. Faktor kenyamanannya ketika sedang digunakan untuk mandi menjadikannya lebih baik dibandingkan gayung dan bak mandi.

Alasan mengapa shower kerap digunakan untuk menggantikan bak mandi serta gayung adalah shower mampu menghemat pemakaian air yang berlebihan. Selain itu, bentuknya juga sederhana namun kekinian sehingga jadi daya tarik tersendiri untuk menambah kesan estetika ruangan kamar mandi.

Apa lagi, saat ini proses memasang shower pada kamar mandi bisa dilakukan sendiri sehingga bisa menghemat biaya untuk memanggil tukang. Meski demikian, bukan berarti proses pemasangan shower ini bisa dilakukan secara asal-asalan.

Oleh sebab itu, bagi yang ingin memasang shower di kamar mandi, penting untuk mengetahui bagaimana prosedur atau langkah-langkahnya. Kali ini Germany Brilliant akan menjelaskan secara lengkap mengenai cara pasang shower kamar mandi.

1. Langkah pertama kita harus mempersiapkan pipa sebagai jalur air. Jika kamar mandi memiliki fasilitas water heater atau pemanas air, maka harus dipersiapkan pipa khusus output air panas ke keran. Sementara untuk air dinginnya cukup gunakan pipa PVC saja.

2. Setelah pipa sebagai instalasi air kamar mandi sudah siap, jangan lupa siapkan keran khusus untuk air panas dan dingin. Mengapa harus dibedakan? Agar nantinya jika salah satu keran rusak, maka keran yang satunya masih bisa berfungsi.

3. Selanjutnya, pasang dua stop keran air panas serta dingin. Sebagai tambahan, gunakan keran berbahan logam untuk air panas, sedangkan untuk air dingin bisa menggunakan keran berbahan plastik. Jika menggunakan keran dari satu bahan yang sama, sebaiknya pilih bahan logam atau aluminium.

4. Siapkan peralatan seperti pipa fleksibel berukuran 25-30 cm, pipa besi T ukuran 12 inchi dengan nipple pada bagian ujungnya, seal tape serta kunci pas dan kunci inggris.

5. Langkah berikutnya, matikan sumber air terlebih dahulu menggunakan stop keran. Setelah itu pasang seal tape pada setiap drat atau alur sekrup keran. Lanjutkan dengan memasang stop keran dingin serta panas pada sok drat.

6. Pasang pipa T logam atau besi pada salah satu stop keran. Pastikan pemasangan pipa T pada stop keran ini rapat dan tidak bocor atau rembes.

7. Sambungkan pipa fleksibel pada bagian ujung stop keran dan kencangkan nipplenya menggunakan kunci inggris. Pastikan sambungan tersebut tidak kendur agar air tidak rembes atau bocor.

8. Langkah terakhir, pasang selang shower dan ujung shower serta pasang penggantung shower pada dinding kamar mandi. Jika sudah sampai pada tahap ini, maka shower kamar mandi sudah siap untuk digunakan baik dengan air panas ataupun dingin.

Setelah mengetahui cara mudah pasang shower kamar mandi, kami tambahkan beberapa tips ketika sedang memasang shower pada kamar mandi.

- Jangan menggunakan built in shower jika mencari shower yang fleksibel, gunakan saja hand shower.

- Pasang sekat atau pembatas untuk area kamar mandi agar cipratan airnya tidak ke seluruh sudut kamar mandi.

- Pastikan saluran air (floor drain) tidak tersumbat agar tidak menggenang di bawah shower.

- Pilihlah shower yang semprotan airnya bisa diatur.

- Jika kamu sedang mencari shower terbaik, pilihlah produk shower dari Germany Brilliant yang hadir dengan beragam tipe, ukuran dan fitur yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Dengan folosofi "when fashion meet function",  kamu akan mendapatkan shower yang dibutuhkan untuk kamar mandi kamu.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.


Kembali ke Daftar Artikel