Hidup Sehat Berawal Dari Rumah Yang Bersih

25 September 2020

Pandemi Covid-19 sedang menjangkiti seluruh dunia, termasuk Indonesia. Protokol kesehatan diberlakukan agar terhindar dari virus corona, seperti memakai masker bila terpaksa keluar rumah, membawa dan menggunakan hand sanitizer dan rajin mencuci tangan. Pola hidup bersih dan sehat pun diterapkan agar virus tidak menyerang.

Hidup sehat sebenarnya bisa dimulai dari rumah. Siapa yang tak suka punya rumah bersih dan rapi. Namun, tentu saja hal ini tidak bisa terjadi secara instan. Menjaga kebersihan rumah dan menjadikannya sebagai kebiasaan sehari-hari tentu akan berefek pada kebersihan dan kesehatan penghuninya.

Yuk ikuti cara sederhana hidup sehat yang dimulai dari rumah ala Germany Brilliant.

Kebersihan ruangan

Sebagian orang mungkin malas membersihkan rumah. Padahal ini adalah salah satu hal penting untuk menjaga kesehatan kita dan keluarga. Ruangan yang kotor menyimpan banyak debu, kuman, bakteri, kotoran lainnya serta virus yang meningkatkan risiko berbagai penyakit.

Ruang tamu sering menjadi sarang berkumpulnya berbagai virus yang datang dari luar dan masuk dibawa oleh tubuh. Sangat dianjurkan untuk membersihkan rumah setiap hari. Rumah yang bersih dan sehat akan meningkatkan suasana hati dan kualitas hidup.

Pola makan

Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Selain pola hidup sehat, kita juga harus menerapkan pola makan sehat dengan mengurangi makanan siap saji (junk food) dan memperbanyak konsumsi makanan alami seperti buah dan sayur yang dapat meningkatkan imun agar terhindar dari virus dan penyakit.

Buah dan sayur kaya akan nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan untuk kekebalan tubuh dan kesehatan tubuh secara umum. Selain itu, pastikan juga untuk menggunakan bahan makanan dan minuman yang bersih, serta mengolahnya dengan cara yang benar.

Mencuci tangan

Cuci tangan adalah kebiasaan kecil sederhana yang banyak manfaatnya buat kesehatan kita dan orang-orang sekitar. Setiap hari kita menyentuh kuman melalui tangan tanpa disadari. Kuman-kuman tersebut menempel pada benda-benda yang kerap disentuh seperti kenop pintu, keyboard komputer dan masih banyak lagi.

Karena itulah kebiasaan mencuci tangan adalah kebiasaan pola hidup sehat paling penting yang harus diterapkan. Bila kondisi tidak memungkinkan untuk mencuci tangan, gunakan saja hand hanitizer.

Kamar tidur

Kamar tidur adalah ruangan yang wajib steril. Biasakan untuk membersihkan diri seperti cuci tangan dan cuci kaki sebelum masuk kamar tidur. Bila perlu, pakaian yang digunakan saat keluar rumah langsung diganti dan masukkan dalam bak cucian.

Jangan lupa untuk membersihkan tempat tidur setiap hari. Waktu yang tepat untuk melakukannya adalah setelah bangun tidur. Agar lebih mudah, pakai sprei yang simpel dan tidak berlapis. Kurangi jumlah bantal dan guling yang ada di atas kasur kalau memang tidak terlalu dibutuhkan. Ganti sprei, bantal, guling dan selimut secara berkala.

Menerapkan pola hidup sehat bisa diawali dengan rajin membersihkan rumah setiap hari. Selain itu, dengan menerapkan kebiasaan ini sehari-hari selain baik untuk menjaga kebersihan rumah, kegiatan ini juga akan jadi lebih ringan.

Semoga kita semua selalu diberi kesehatan agar terhindar dari wabah yang sedang melanda. Tentunya kita harus saling menjaga dan mengingatkan untuk terus menerapkan pola hidup sehat supaya terbebas dari Covid-19. Sekali lagi, di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.

 

 

 

Penulis: DN


Kembali ke Daftar Artikel