Artikel

Cara Pemasangan Bak Cuci Piring

01 Maret 2021

Kitchen sink atau bak cuci piring merupakan wadah khusus untuk menampung air cucian di dapur. Biasanya perangkat ini dipasang menyatu dengan meja dapur. Ukurannya pun lebih besar dibandingkan wastafel biasa dan posisinya dipasang lebih rendah.

Di hunian modern, kitchen sink menjadi perkakas yang wajib dimiliki setiap dapur. Selain fungsional, bak cuci piring juga menambah estetika dan keindahan dapur. Bila kamu tertarik mempunyai kitchen sink sendiri di dapur, kamu bisa membeli produk kitchen sink dari Germany Brilliany yang terjamin kualitasnya.

Pemasanganya juga cukup mudah. Tak percaya? Berikut langkah-langkah dalam memasang kitchen sink di meja dapur yang bisa kamu coba.

  • Periksa kondisi meja dapur terlebih dulu. Pastikan ukuran lubang yang tersedia sesuai dengan ukuran kitchen sink yang telah dibeli. Karena kalau tidak sesuai akan membentuk celah yang berpotensi menimbulkan kebocoran.
  • Gunakan bahan perekat berupa adonan semen untuk menyambung kithcen sink dengan meja dapur. Adonan ini dibuat dari campuran semen dan pasir dengan perbandingan 1:2. Namun kamu juga bisa memakai bahan perekat lainnya sesuai jenis kitchen sink yang dipilih.
  • Tuang adonan semen secukupnya pada lubang tempat pemasangannya di meja dapur. Pasanglah kitchen sink pada lubang tersebut. Kemudian beri adonan semen di sekeliling sambungan kitchen sink dan meja.
  • Periksa kembali hasil pemasangan kitchen sink. Apakah bagian pinggirannya masih bercelah atau tidak? Celah-celah yang tidak terdeteksi akan berpotensi membuat air dari kitchen sink merembes keluar.
  • Jika menemukan celah di sela-sela pemasangan kitchen sink, segera tambal lagi menggunakan adonan semen. Tunggu beberapa saat sampai tambalan ini mengering, berikutnya lapisi dengan sealant.
  • Sealant berfungsi untuk mencegah terjadinya rembesan akibat air yang mengalir melalui pori-pori meja dapur. Bahan ini akan menahan rembesan air. Berikan sealant agak banyak di seluruh permukaan sambungan, kemudian ratakan.
  • Setelah kitchen sink dipasang, perhatikan pula instalasi pipa dan keran. Perhatikan detail-detail yang dibutuhkan oleh rangkaian aliran air mulai dari sok drat, fitting tee dan sambungan pipa, semua harus diperhitungkan secara presisi, tepat dan akurat oleh ahlinya.
  • Biarkan selama 3 x 24 jam sebelum kitchen sink siap untuk digunakan. Tunggu adonan semen dan sealant benar-benar kering terlebih dulu. Jika menggunakannya terlalu cepat, semen yang belum mengering sempurna akan cepat rusak akibat terus-menerus terkena air.

Pemasangan kitchen sink memang harus dilakukan dengan cermat dan teliti. Pemasangan yang dilakukan secara asal-asalan akan berimbas kepada fungsi kitchen sink yang kurang optimal. Jangan lupa untuk membersihkan kitchen sink secara teratur dan buang kotoran yang menyumbat avur agar tidak mampet ketika digunakan.

Semoga bermanfaat.

 

 

 

Penulis: DN


Kembali ke Daftar Artikel