Cara Atasi Kloset Tersumbat

28 Januari 2020

Setelah buang air besar di kloset, tiba-tiba air tak kunjung surut. Hal itu pertanda bahwa kloset tersumbat atau mampat. Ingat, kamu harus tetap tenang. Jangan panik!

Kenali terlebih dahulu penyebab kloset yang tersumbat. Bila air yang digunakan untuk menyiram kotoran turun perlahan ke dalam lubang, kondisi demikian memperlihatkan kloset tidak lancar. Disinyalir ada kotoran yang tersumbat pada lubang kloset.

Jangan siram air terus menerus karena akan berakibat pada meluap air dari dalam kloset sehingga dikhawatirkan bisa mengotori lantai kamar mandimu. Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan sebagai berikut:

  1. Gunakan peralatan khusus

    Beberapa pengguna kloset di luar negeri biasa menggunakan drain buster atau plastic wrap untuk mengatasi kloset tersumbat. Mereka menutup seluruh permukaan kloset supaya kedap udara. Beberapa tutorial cara tersebut bisa dijumpai pada akun-akun  youtube yang sedang trending.

    Di Indonesia, pengguna kloset yang mengalami sumbatan justru memilih alat sedot kloset seperti plunger. Alat sedot terbaik jenis tersebut biasanya memiliki karet penyedot yang kuat atau memiliki ekstension (toilet flange plunger). Karet yang kuat tidak akan memiliki celah udara sehingga daya hisap bisa lebih maksimal atau berfungsi dengan baik.

    Jika alat tersebut tidak ampuh, penyedotan juga bisa dilakukan dengan menggunakan kawat pembersih saluran atau bor kloset (auger) yang bisa dibeli di toko-toko perangkat keras. Alat ini biasa disebut toilet snake karena bentuk lilitan kawat yang panjang menyerupai ular. Desain produk ini juga dibuat seperti spiral pembuka gabus sumbat botol pada ujungnya. Setelah dimasukkan ke lubang kloset, kamu bisa langsung putar engkol auger untuk memanjangkan kabel. Lakukan sampai kabel tertahan dan tidak dapat dipanjangkan lagi. Putar engkol ke arah berlawanan untuk menarik kotoran penyumbat.

  2. Pahami sistem kerja klosetmu
    Buka tutup tangki kloset dan tutup katup pembuangan air ke badan kloset (flapper). Biasanya ini semacam katup plastik atau karet yang dapat terangkat sehingga air dapat masuk ke badan kloset. Katup ini terikat pada seutas rantai dan untuk menutupnya kamu tinggal menekan saja sampai menutup lubang pembuangan air menuju badan kloset.

  3. Panggil tukang sedot WC
    Kalau sudah melakukan langkah-langkah di atas klosetmu masih tersumbat, segera hubungi tukang pipa, tukang bangunan, atau jasa penyedot profesional.  Hal ini diperlukan jika ternyata sumbatan bukan pada kloset, tetapi pada septic tank yang penuh untuk menyedot penumpukan lumpur endapan. Pastikan pula kamu selalu menggunakan smart kloset Germany Brilliant yang bergaransi karena ada layanan purna jual yang bisa kamu dapatkan.

Ada baiknya buat juga warning di dalam kamar mandimu untuk tidak membuang benda apapun ke dalam kloset. Sediakan juga tong sampah di kamar mandi supaya ada tempat pembuangan yang sesuai. Hindari membuat masalah yang tidak perlu sedari awal. Ingat, kloset merupakan tempat buang air kecil dan buang air besar bukan tempat sampah!!

Beberapa orang yang mengalami kloset tersumbat juga sering memasukkan garam atau soda api untuk mengatasi hambatannya. Hanya secara teknis cara ini tidak tepat karena mikroba akan mati dan membuat jalan buntu sistem pembuangan pada kloset yang kamu punya. Pilihlah cara yang benar supaya klosetmu lebih lancar.

 

Ditulis Oleh:

AH


Kembali ke Daftar Artikel