Artikel

Perawatan Dan Perbaikan Pada Jet Washer

13 Maret 2021

Jet washer merupakan alat pembersih dengan tekanan tinggi. Umumnya jet washer sering digunakan di industri otomotif untuk membersihkan kendaraan. Jet washer juga digunakan di industri sanitari, khususnya kloset. Pada kloset rumahan, biasanya disediakan jet washer atau keran kloset yang berfungsi untuk membersihkan diri setelah buang air.

Beberapa hunian masih ada yang menggunakan cara tradisional seperti ember di samping kloset untuk bilas. Ada pula kloset yang menggunakan flush khusus untuk bilas berupa kenop pemutar di samping kloset. Namun, penggunaan jet washer lebih umum digunakan karena lebih praktis dan mudah digunakan.

Seperti peralatan sanitari pada umumnya, jet washer bisa mengalami kendala seperti air yang bocor atau tidak tertutup sempurna. Bagaimana cara memperbaikinya? Simak di bawah ini.

  1. Air menetes
    Air yang menetes seperti sudah menjadi permasalahan umum yang terjadi pada sanitari kamar mandi. Meski handle sudah ditutup, air masih menetes atau bahkan mengalir deras. Cara memperbaikinya:
  • Buka klep atau penutup handle pada jet washer menggunakan kunci L.
  • Keluarkan mixer atau ‘jantung’ yang berfungsi sebagai buka tutup keran pada jet washer.
  • Ganti dengan mixer yang baru dan tutup kembali.
  1. Bocor pada selang
    Permasalahan air menetes bukan hanya terjadi pada ujung keran jet washer, tetapi juga bagian selangnya. Seperti diketahui, jet washer terdiri dari handle keran dan selang yang tersambung di bawahnya. Biasanya, air akan bocor dan keluar melalui sambungan selang tersebut. Bila dibiarkan, selain membanjiri toilet, air yang terus keluar akan membuat tagihan jadi membengkak. Solusinya:
  • Cek penyebab kebocoran, bisa karena kebocoran pada jet washer itu sendiri atau karena seal yang rusak.
  • Bila seal jet washer rusak, buka handle dengan kunci L, keluarkan seal dari selang.
  • Ganti dengan seal baru dan tutup handle jet washer kembali.
  1. Kenop rusak
    Kenop jet washer digunakan dengan cara ditekan. Semakin kuat menekan kenop, semakin deras air keluar. Namun seringkali kenop sudah rusak atau sudah ‘dol’ sehingga tak bisa digunakan untuk mengatur intensitas pengeluaran air di jet washer. Untuk memperbaikinya, ikuti langkah-langkah berikut ini:
  • Buka handle jet washer dengan kunci L.
  • Cabut kenop yang sudah rusak, ganti dengan kenop baru.
  • Setelah selesai, tutup kembali jet washer seperti semula.

Itulah cara memperbaiki jet washer sesuai kendalanya masing-masing. Namun perlu dicatat, jet washer juga butuh perawatan agar tidak rusak. Kerak air yang menempel pada jet washer berpotensi merusaknya sehingga harus rutin dibersihkan agar optimal. Caranya:

  • Keringkan dan bersihkan terlebih dulu bagian permukaan jet washer yang akan dibersihkan dengan kain lap.
  • Oleskan cairan pembersih krum pada jet washer, diamkan selama 1 menit.
  • Setelah itu, keringkan jet washer kembali menggunakan kain lap.
  • Lakukan secara rutin sesuai intensitas penggunaan, minimal satu kali dalam dua minggu.

Itulah cara merawat dan memperbaiki jet washer. Jika kamu menggunakan produk jet washer Germany Brilliant, tak perlu khawatir bila rusak karena GB memberikan garansi resmi selama 5 tahun untuk penggantian sparepart. So, masih ragu untuk menggunakan produk sanitari berkualitas dari Germany Brilliant? Jangan salah pilih. It must be GB!

 

 

 

Penulis : DN


Kembali ke Daftar Artikel