Artikel

TIPS MERAWAT SHOWER KAMAR MANDI

03 April 2024

Setiap bangunan pasti memiliki kamar mandi. Biasanya, bangunan tinggal modern sudah menggunakan shower. Perlengkapan sanitasi ini bukan hanya sebagai aksesoris atau pelengkap kamar mandi, melainkan untuk memberi kenyamanan saat mandi.

Jika dibandingkan dengan bak mandi, pemeliharaan shower tidak begitu rumit dan mahal. Namun, untuk hasil yang maksimal, Anda perlu telaten dan rutin membersihkan shower kamar mandi.

Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan agar shower kamar mandi Anda awet dan tahan lama.

Cara Membersihkan Bagian Luar Permukaan Shower

  1. Keringkan shower menggunakan kain halus agar permukaan shower tidak lecet. Hal ini wajib dilakukan setelah mandi untuk menghindari kerak air yang rentan menempel pada bahan stainless steel maupun krom.

  2. Oleskan cairan pembersih khusus krom pada permukaan shower, gosok dengan kain halus, dan diamkan beberapa saat sampai kering.

  3. Setelah kering, lap permukaan shower dengan kain halus hingga bersih. Dengan demikian, permukaan shower kembali bersih dan mengkilap.

 

Cara Membersihkan Bagian Dalam Shower

  1. Pada bagian dalam shower biasanya terdapat kendala yang tidak hanya bersumber dari fungsi mekanikal saja, melainkan faktor air juga sangat berpengaruh pada fungsi shower itu sendiri. Misalnya, air mengandung zat kapur yang dapat menghambat air mengalir.

  2. Kemudian, instalasi kamar mandi yang baru dibangun atau direnovasi biasanya meninggalkan serbuk potongan pipa dan sisa lem pada pipa air. Untuk itu, sebaiknya air dialirkan terlebih dahulu untuk membuang sisa kotoran yang menumpuk pada bagian dalam pipa, lalu shower dipasang. Hal ini dilakukan untuk menghindari shower tersumbat.

  3. Bersihkan hand shower bila terdapat kotoran. Caranya, buka selang fleksibel pada hand shower dengan cara diputar berlawanan arah pada kedua alatnya, lalu bersihkan saringan yang tersumbat. Biasanya, saringan ini terletak di antara selang fleksibel dan hand shower. Kemudian, tusuk bagian air keluar menggunakan jarum atau tusuk gigi untuk mengeluarkan kotoran. Setelah semuanya bersih, alirkan lubang tersebut dengan air dan bilas sampai bersih.

  4. Selanjutnya, bersihkan bagian spout keran shower bagian bawah. Buka spout keran shower menggunakan alat, lalu bersihkan saringan yang tersumbat kotoran dan pasang kembali. Sebaiknya, spout dilapisi dengan kain untuk mencegah goresan pada permukaannya saat dibersihkan.

  5. Bersihkan bagian control cartridge. Jika bagian control cartridge kotor, aliran air akan tersumbat. Membersihkan control cartridge bisa dengan cara membuka tuas atau tombol control cartridge menggunakan kunci pas atau kunci inggris.

 

Cara Menangani Kebocoran pada Shower

  1. Selain air tersumbat, kendala yang paling sering terjadi pada shower adalah kebocoran. Hal ini biasanya disebabkan oleh faktor instalasi dan fungsi daya tahan mekanikal shower tersebut. Pada fungsi instalasi, biasanya kebocoran terletak di antara ujung pipa instalasi air yang menghubungkannya dengan drat sambungan shower. Saat memasang drat shower ke pipa, gunakan seal tape untuk menghindari kebocoran, begitu juga karet seal pada kedua drat wajib dalam kondisi baik dan terpasang.

  2. Faktor lain yang menyebabkan kebocoran shower adalah catridge mixer longgar atau pecah. Jika ini terjadi, buka tuas yang berfungsi untuk membuka dan menutup air menggunakan kunci L. Lalu, buka ring cover putar ke kiri. Biasanya dapat dibuka hanya dengan menggunakan tangan tanpa alat. Kencangkan cartridge mixer dengan kunci pas atau kunci inggris, lalu pasang kembali ring dan tuasnya.

 

 

 

Penulis : Nathasya Elvira


Kembali ke Daftar Artikel