Artikel

Kenalan dengan Brilli, Maskot GB yang Selalu Ceria

01 Agustus 2022

Usianya masih muda, dibawah 20 tahun. Sekilas, sosoknya tampak menggemaskan. Ia tidak tinggi, tak pula pendek. Bisa dibilang ukurannya minimalis. Sekilas, bentuknya seperti robot, tapi dia bukan manusia robotik.

Dalam acara dan kegiatan apa pun, dia selalu mengenakan kostum oranye, dengan dasi warna putih menggantung di leher, dan kacamata putih. Siapa pun yang melihatnya pasti akan terkesima, karena memang sosok yang satu ini sangat mencuri perhatian jika disandingkan dengan yang lain.

Ya, namanya Brilli. Dia maskot Germany Brilliant (GB) Sanitaryware yang bikin gemes. Brilli memang bukan manusia. Namun siapa saja boleh berimajinasi bahwa Brilli ‘hidup’. Dan menganggapnya sebagai anak muda yang menawan, pintar, bahkan brilliant. Kacamata yang melekat di wajahnya dan dasi putih di bagian depan menguatkan stigma itu.

Si Brilli identik dengan sosok robot yang ceria. Itu karena warnanya yang cerah. Bentuknya yang menyerupai robot juga menyimbolkan kesan futuristik nan elegan. Kesan itu sangat mencerminkan produk-produk GB Sanitaryware. Mulai dari produk shower, kloset, kran air, floor drain, urinal, wastafel, sampai kitchen sink.

Tentu banyak yang belum tahu asal-usul Brilli, termasuk makna filosofi ikon GB ini. Kita akan membahasnya satu per satu dalam tulisan kali ini. Pertama, dimulai dari asal-usulnya. For your information, si Brilli awalnya berbentuk anime, bukan robotik. Namun agar menyimbolkan teknologi kekinian, tim kreatif GB Sanitaryware lantas mengubahnya serupa robot.

Berikutnya mengenai nama. Kenapa harus Brilli, bukan yang lain? Prinsipnya nama itu doa. Nah, begitu juga alasan ikon GB diberi nama Brilli. Nama itu diambil dari Brilliantt, kata tengah dari Germany Brilliant Sanitaryware. Sesuai definisinya, brilliant punya arti pandai sekali dan cemerlang. Sehingga diharapkan, Brilli dikenal sebagai maskot GB yang bukan hanya pandai, tapi juga cemerlang.

Selanjutnya, soal warna. Kenapa sih harus oranye? Tentu warna ini dipilih bukan karena GB Sanitaryware mendukung klub bola tertentu, ya. Oranye dipilih lantaran secara psikologi mencerminkan semangat. Warna ini juga menyimbolkan optimisme dan kepercayaan diri yang kuat. Lebih dari itu, oranye juga kerap dianggap simbol keceriaan atau kegembiraan.

Yang tak kalah penting, dan mungkin jarang orang perhatikan, struktur tepian badan Brilli didesain tidak kaku atau bevel. Kreasi ini bukan tanpa makna. Sudut-sudut yang bevel itu untuk mencerminkan bahwa produk GB aman digunakan, tidak statis. Jadi, pelanggan tak perlu khawatir ketika memakai produk-produk GB.

Sebagai ikon GB Sanitaryware, Brilli didaulat sebagai maskot yang punya beberapa tugas. Pertama, tentu melayani dan membuat pelanggan selalu ceria. Kemudian, Brilli akan mengedukasi masyarakat Indonesia tentang hunian dan bangunan, hingga fashion serta gaya hidup (lifestyle) kamar mandi. Brilli akan selalu menyiarkan tagline GB, Update Your Home Lifestyle, ke seluruh pelosok Indonesia, bahkan sampai mancanegara. 

Begitulah asal-usul Brilli dan makna setiap bagiannya. Di usianya yang menginjak dewasa, Brilli akan terus melayani pelanggan lebih maksimal. Si oranye yang menggemaskan ini akan selalu ceria. Dan siap memberikan rujukan kepada masyarakat brilliant yang ingin mengetahui lebih banyak tentang hunian atau bangunan, khususnya kamar mandi.


Kembali ke Daftar Artikel