Konsep Kamar Mandi Minimalis

31 Januari 2020

Ukuran kamar mandi yang kecil kadang terasa membosankan. Kenyamanan pun mulai terganggu dan kita harus mendapat konsep baru untuk kamar mandi minimalis. Entah dengan mengganti lantai atau perlengkapan kamar mandi yang baru. Berikut konsep kamar mandi yang bisa diterapkan supaya energi positif selalu terpancar di dalam kamar mandi yang minimalis.

  • Kreasi dengan lampu dan warna

Pencahayaan kamar mandi minimalis bisa dibantu dengan memanfaatkan cahaya alami dari jendela. Pasang gorden atau kerai dengan warna terang dan berbahan cukup tebal sehingga cahaya alami tipis-tipis bisa masuk ke dalam kamar mandi.
Jika tetap ingin menggunakan tata cahaya dari lampu, maka pilih lampu gantung kecil berwarna kekuningan. Lampu jenis ini akan menambah efek elegan karena tak memerlukan banyak ruang.
Pemilihan warna juga bisa diterapkan dengan mengecat ruangan. Pilih warna cat yang tidak terlalu berbeda dengan lantai kamar mandi. Hal ini dilakukan supaya suasana kamar mandi lebih kontras.

  • Maksimalkan ruangan

Kamar mandi minimalis bukan berarti tidak bisa tampil manis. Semua kembali pada sudut pandang kita untuk berpikir ulang dan mempertimbangkan konsep dan fungsional dari perlengkapan kamar mandi. Misal, kita bisa ganti bak mandi dengan pancuran air atau shower.
Kamar mandi minimalis juga bisa menggunakan rak fungsional yang bisa dipasang pada dinding. Pastikan rak tersebut bisa menyimpan handuk, sampo, sabun, sikat gigi, dan peralatan cukur atau grooming. Gunakan pula aksesoris kamar mandi Germany Brilliant  yang mampu menghias sudut kosong kamar mandi.
Jangan terlalu banyak perkakas yang tak perlu ada di kamar mandi. Keluarkan semua peralatan yang dirasa mengganggu seperti pengering rambut dan bekas alat-alat rias atau alat mandi. Daripada membiarkan semua perlengkapan tersebut ada di dalam kamar mandi, pilih bathroom cabinet yang bersifat multifungsi karena sudah dilengkapi cermin, keran air, wastafel, dan laci yang saling terintegrasi.

  • Merapikan benda-benda yang berantakan

Setelah diatur tata letaknya, kamar mandi minimalis tak memerlukan poster besar atau banyak gantungan yang terpasang di dinding. Benda-benda seperti ember atau bak tak perlu diletakkan di lantai. Begitu juga tumpukan keranjang pakaian kotor. Hias kamar mandi tanpa benda-benda yang tak berguna sehingga tak mengganggu aktivitas selama mandi.

  • Membersihkan toilet secara rutin

Standar kebersihan kamar mandi itu relatif. Pastikan setiap pengguna yang sudah selesai menggunakan kamar mandi untuk menjaga kebersihannya sehingga kamar mandi terasa segar dan harum. Hindari bau kamar mandi yang tak sedap, lantai kamar mandi yang licin, bilik toilet yang kotor, ventilasi yang buruk, sampai fasilitas kamar mandi yang tidak memadai.

Selera dan kebutuhan akan kenyamanan itu bervariasi. Minimalis belum tentu membuat pola pikir kita semakin sempit. Tentukan konsep kamar mandi minimalis sejak awal dan dapatkan hasil akhir yang diidamkan.

 

Penulis :

 

AH


Kembali ke Daftar Artikel