Tips Memilih Smart Kloset

22 November 2019

Kloset duduk sering disebut smart kloset karena banyak inovasi produk yang cemerlang seperti apa yang diproduksi oleh Germany Brilliant. Toilet dianggap sebuah tempat yang tidak hanya digunakan untuk membersihkan badan atau membuang kotoran, beberapa milenial betah berlama-lama di toilet hanya karena ada kloset duduk yang memberi kenyamanan. Biasanya, mereka menyempatkan untuk membaca buku atau menonton YouTube sambil BAB di atas kloset duduk.

Supaya kamu bisa melakukan hal itu dengan aman, berikut panduan untuk memilih smart kloset idaman:

  • Ukur jarak lubang saluran pembuangan toilet  (Roughing In)

Saluran kloset sudah seharusnya dirancang sejak awal. Saluran pembuangan kloset yang ditanam di kamar mandi akan memasukkan pipa paralon ke septic tank. Jarak lubang saluran ini ke tembok kamar mandi harus disesuaikan dengan kebutuhan.

  • Lihat bodi

Kloset duduk biasanya memiliki tipe one piece dan two piece. Secara kasat mata, tipe one piece terlihat antara bodi dan tangki kloset menyatu. Sedangkan, two piece tampak antara bodi dan tangki terpisah. Khusus Smart Kloset pada umumnya memiliki tipe one piece.

  • Perhatikan dengan seksama sistem pembuangan

Biasanya ada pilihan sistem siphonic dan wash down. Perbedaannya pada alur air yang dibuat. Siphonic system akan membuat air naik ke atas terlebih dahulu saat ditekan flush kemudian membentuk gelombang di tengah sebelum air terbuang ke saluran pembuangan. Sementara wash down system akan langsung membuang air ke saluran pembuangan saat flush ditekan.

  • Pilih Seat Cover

Perbedaan yang mendasar yaitu dari cara menutup kloset yang terdiri dari soft closing dan regular closing. Untuk soft closing terdapat pegas pada engselnya sehingga kloset akan menutup otomatis secara perlahan. Selanjutnya untuk regular closing tak ada pegas pada engsel, maka  pengguna harus hati-hati menutup agar seat cover tidak terbanting. Biasanya cover pada smart kloset menggunakan remot/sensor.

  • Periksa bidet

Beberapa kloset duduk dilengkapi bidet dan tanpa bidet. Jika kloset duduk memiliki bidet, pengguna harus memastikan bahwa tekanan air kencang. Jika di toilet kamu justru tekanan air kurang kencang, maka pilih kloset tanpa bidet.

  • Coba sistem flushing

Pilihan pada kloset duduk biasanya dilengkapi single flush atau dual flush. Single flush hanya memiliki 1 pilihan saat pengguna ingin membilas. Ketika flush ditekan, air akan keluar sebanyak kapasitas tangki tersebut (4.5 liter). Jika pengguna memilih dengan dual flush, ada 2 pilihan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan dipastikan kamu bisa lebih hemat air. Sistem flushing smart kloset haya tekan remot saja.

Dari panduan di atas, ada referensi smart kloset yang selalu menjadi best seller Germany Brilliant di tahun ini. Kamu bisa melihat tipe GBC IS007. Kloset ini telah memiliki spesifikasi wash down system dengan two piece toilet. Kloset duduk tersebut juga sudah berstandar SNI, bergaransi dan dapat menahan beban hingga 400 kilogram. Kamu tinggal menyesuaikan mau pilih yang mana sesuai dengan ukuran jarak lubang kloset duduk dengan dinding maupun jarak saluran pembuangan kloset ke pipa pralon atau septic tank.

*Smart Kloset pilihan Smart People yang peduli sanitasi*

 

 

 

 

- AH -


Kembali ke Daftar Terbaru