Artikel

TIPS MENATA RUMAH RAMAH LANSIA

31 Agustus 2023

Menata dan memilih perlengkapan rumah memang perlu cermat dan teliti. Apalagi, jika kamu tinggal satu atap dengan orang tua yang lanjut usia.

Umumnya, rumah yang ditempati oleh lansia memiliki fitur atau akses fasilitas yang lebih mudah. Tentunya, fasilitas tersebut dapat menunjang aktivitas sehari-hari mereka.

Perlu dipahami, lansia dapat dikategorikan sebagai pengguna yang berkebutuhan khusus karena berbagai keterbatasannya. Misalnya, penurunan fungsi tubuh, kesehatan, dan pancaindera. Hal itu pastinya berpengaruh pada pola pergerakan, jangkauan, dan aktivitas yang dilakukan setiap harinya.

Lalu, apa saja yang perlu diperhatikan saat menata rumah untuk lansia?

1. Letak kamar

Sebaiknya letakkan kamar orang tua di area yang mudah dijangkau. Jangan letakkan di lantai atas karena akan lebih sulit untuk menjaga mereka. Kemudian, bila memungkinkan, buatlah kamar dengan jendela atau sirkulasi udara yang baik. Hal itu akan membuat suasana kamar jadi lebih segar dan sehat.

2. Kurangi penggunaan lampu

Memaksimalkan cahaya alami untuk suasana yang lebih sehat. Hindari menggunakan lampu dengan berbagai warna. Pasalnya, warna-warna tersebut akan menimbulkan area berbayang yang dapat menyulitkan penglihatan lansia. Pilihlah cahaya lampu yang nyaman di mata dan ruangan.

3. Pilihan furniture

Pilihlah furniture yang tingginya mudah dijangkau oleh lansia. Dengan begitu, mereka akan lebih mudah untuk melakukan sesuatu. Misalnya pada sofa atau tempat duduk. Sebaiknya gunakan sofa yang dudukannya tidak terlalu keras, tetapi tidak terlalu empuk juga karena bisa menyebabkan lansia sakit pinggang. Hindari juga menggunakan furniture yang memiliki bagian tajam. Jika sudah terlanjur, tutup ujung yang tajam tersebut dengan pelindung khusus, misalnya saja pada ujung-ujung meja.

4. Akses keluar-masuk rumah

Akses keluar-masuk rumah juga perlu diperhatikan. Pada rumah bertingkat misalnya, perlu ditambah pegangan atau handrail untuk memudahkan mereka naik turun tangga. Apabila menggunakan kursi roda, maka perlu disiapkan jalur khusus kursi roda.

5. Peralatan kamar mandi yang sesuai

Tips terakhir yang tak kalah penting adalah memilih peralatan kamar mandi yang sesuai. Orang lansia perlu pendampingan khusus saat di kamar mandi, salah satunya karena lantai licin. Jika memungkinkan, sebaiknya ganti lantai kamar mandi dengan lantai matte karena permukaannya cenderung kasar. Hindari juga penggunaan keset di dalam kamar mandi karena berisiko terlipat dan membuat lansia tersandung.

Selain itu, kamu juga perlu menambahkan handrail di samping kloset. Hal ini dapat membantu lansia untuk kembali berdiri dari kloset. Tambahkan juga kursi portable di dekat bak atau shower agar bisa digunakan saat mandi.

Roll holder seri GBY8-C GB Sanitaryware dapat menjadi pilihan kamu untuk digunakan di kamar mandi lansia. Dengan desain yang kokoh dan minimalis, tissue roll holder ini dilengkapi dengan handrail dan dapat ditempel di permukaan dinding kamar mandi. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi website GB Sanitaryware atau instagram @gbsanitary1.

 

 

 

Penulis: Nathasya Elvira


Kembali ke Daftar Artikel